Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Pentingnya Memiliki Asuransi Kematian Asuransi

Inilah Pentingnya Memiliki Asuransi Kematian Asuransi

Asuransi jiwa merupakan asuransi yang cukup banyak disukaii oleh masyarakat Indonesia. Asuransi ini memberikan beberapa penawaran produk terhadap segala risiko yang terjadi, seperti cacat tetap, kematian dan lain sebagainya. Salah satu manfaat bagi nasabah yang sangat menguntungkan di masa depan adalah masalah asuransi kematian.
 
Karena dengan asuransi ini, nasabah menyelamatkan hidup dan keuangan keluarganya nanti saat tertanggung meninggal dunia. Sebelum melangkah lebih jauh tentang asuransi kematian, simak pembahasan kami mengenai jenis-jenis asuransi kematian, produksi asuransi jiwa terbaik, dan cara membuatnya.
 

Sekilas Tentang Asuransi

Kematian Asuransi kematian merupakan jenis asuransi yang dianggap penting untuk menghadapi berbagai resiko yang tidak terduga di masa depan. Asuransi ini biasanya sangat erat kaitannya dengan asuransi jiwa. Seperti diketahui, asuransi jiwa sendiri merupakan bagian dari produk asuransi dengan tujuan memberikan santunan kepada ahli waris nasabah yang ditinggalkan keluarganya. 
 
Tidak hanya itu, jenis asuransi ini juga memberikan jaminan kepada nasabah peserta dalam menanggung risiko finansial yang dialokasikan untuk menutupi biaya-biaya yang terkait dengan kematian seperti rawat inap, pemakaman, dan sebagainya.
 

Jenis-Jenis Asuransi Kematian

Untuk mendapatkan manfaat dari asuransi kematian, nasabah atau pemegang polis perlu membayar premi yang dibayarkan setiap bulan. Tujuannya adalah untuk memberikan ganti rugi kepada orang tersebut atas kerugian finansial jika terjadi peristiwa yang tidak terduga karena kematian tertanggung. 
 
Oleh karena itu, asuransi ini dibeli semata-mata untuk kepentingannya sendiri, dan atas nama tertanggung atau untuk kepentingan orang lain, seperti anak bagi kedua orang tua sebagai tertanggung. Untuk itu, ada beberapa jenis asuransi kematian yang bisa Anda lihat dan pahami.
 
1. Asuransi Jiwa Berjangka Asuransi
ini merupakan perjanjian asuransi jiwa dimana uang pertanggungan dibayarkan pada saat tertanggung meninggal dunia selama masa pertanggungan yang masih berlaku. 
 
Biasanya asuransi ini cocok digunakan oleh calon nasabah yang ingin melindungi atau memberikan perlindungan bagi masa depan anak-anaknya dan calon nasabah yang baru memulai karir.
 
Manfaat yang diberikan oleh asuransi jiwa berjangka atau term life insurance antara lain produk asuransi ini akan memberikan perlindungan asuransi dengan biaya yang relatif murah dengan jangka waktu tertentu. 
 
Saat ingin membelinya, calon nasabah harus memperhatikan beberapa hal agar tidak salah, antara lain, proposal penawaran yang diajukan agen, persyaratan yang harus dipenuhi, cara pembayaran premi asuransi, hal-hal yang dikecualikan, pengajuan klaim. prosedur
 
2. Asuransi Whole Life
Untuk asuransi yang satu ini ternyata memberikan banyak manfaat bagi para nasabahnya. Namun, masih banyak yang belum memahami jenis asuransi jiwa atau whole life insurance. 
 
Terkadang, beberapa asuransi jiwa membingungkan pelanggannya untuk memilih yang terbaik. Faktor lainnya adalah sedikitnya informasi yang diketahui mengenai asuransi jiwa ini dan juga faktor penyebabnya. Selanjutnya sebenarnya asuransi jiwa seumur hidup ini?
 
Asuransi jiwa seumur hidup adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan kepada nasabahnya seumur hidup atau maksimal sampai dengan usia 100 tahun. Artinya, nasabah yang membayar premi asuransi jiwa seumur hidup akan memberikan manfaat pertanggungan kepada ahli waris nasabah saat meninggal nanti. 
 
Jadi, keluarga yang ditinggalkan tidak harus menderita dan mengalami kemerosotan finansial. Karena dia sudah mendapat perlindungan asuransi jiwa untuk masa depannya.
 
Nilai tambah, asuransi ini juga membantu nasabah mengelola kekayaan atau keuangannya agar dapat digunakan di kemudian hari. Misalnya untuk pendidikan anak atau untuk membeli aset lain yang berguna untuk masa depan. 
 
Jenis asuransi ini direkomendasikan untuk mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Sebab, memiliki durasi yang lebih lama hingga seumur hidup. Dan dapat memberikan perlindungan jika terjadi resiko mendadak nasabah meninggal dunia dan tertanggung akan meninggalkan warisan kepada ahli warisnya.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan nasabah ketika memiliki asuransi jiwa seumur hidup. Manfaat tersebut juga dapat dirasakan dan bermanfaat bagi anak atau ahli waris nantinya. Keuntungannya antara lain, premi yang relatif tetap, premi yang dapat dikembalikan, pembayaran premi yang fleksibel, dan nilai tunai yang terjamin.
 
3. Asuransi Endowment
Selanjutnya, untuk asuransi jiwa dwiguna itu sendiri merupakan salah satu jenis asuransi yang akan memberikan manfaat tertentu terkait apakah tertanggung hidup sampai dengan akhir masa pertanggungan atau meninggal dunia selama masa pertanggungan. 
 
Perlu diperhatikan, untuk setiap polis dwiguna life memiliki tanggal jatuh tempo yaitu tanggal pembayaran uang pertanggungan oleh penanggung kepada pemegang polis apabila tertanggung atau nasabah pemilik polis masih dinyatakan hidup. Nantinya, tanggal jatuh tempo akan tercapai jika pada akhir periode yang ditentukan, atau saat tertanggung mencapai usia yang ditentukan.
 
4. Asuransi Jiwa Link Unit
Dan yang terakhir adalah asuransi jiwa link unit yaitu asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Premi yang dibayarkan biasanya dialokasikan pada dua mekanisme dengan pengelolaan yang terpisah, yaitu premi untuk kepentingan proteksi dan premi investasi. 
 
Biasanya premi investasi dikelola oleh manajer investasi perusahaan. Dengan membeli produk asuransi jenis ini, maka seorang tertanggung akan mendapatkan manfaat perlindungan asuransi dan juga ganti rugi atas hasil investasi produk tersebut.
 

Manfaat Asuransi Kematian

Sebelum membahas masalah pengajuan asuransi kematian, ada baiknya Anda sebagai calon nasabah memahami manfaat apa saja yang bisa dirasakan saat membeli dan memiliki asuransi kematian? Berikut pembahasannya.
 
1. Mengurangi Beban Keluarga Segera
Asuransi kematian dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga. Hal ini dikarenakan asuransi kematian atau asuransi jiwa tidak hanya menanggung biaya untuk satu orang saja, melainkan anggota keluarga lainnya yang telah mendaftarkan polis asuransi sesuai dengan kesepakatan antara tertanggung dengan perusahaan asuransi. 
 
Dengan demikian, sebagai nasabah bisa lebih tenang soal anggaran biaya kesehatan. Pelanggan juga dapat menggunakan sisa anggaran untuk keperluan lain. Misalnya, tabungan, biaya sekolah anak, hingga kebutuhan mendesak.
 
2. Dapat Membantu Keluarga Terbengkalai
Asuransi jiwa tidak hanya menanggung biaya kematian, tetapi juga semua risiko finansial juga ditanggung oleh asuransi jiwa atau kematian ini. Tentunya, asuransi jiwa yang dipilih dan dipercaya nasabah memiliki fasilitas pertanggungan kematian oleh keluarga dekat. 
 
Yang terpenting nasabah perlu membuat perencanaan keuangan dalam 5 hingga 20 tahun ke depan sebagai persiapan awal dan untuk menghindari krisis keuangan.
 
3. Mempersiapkan Biaya Pemakaman
Saat ini, biaya pemakaman bisa dibilang cukup besar. Bukan hanya soal membayar tanah untuk pemakaman, tetapi keluarga yang ditinggalkan membutuhkan biaya perawatan dan hal-hal lain yang masih terkait dengan manajemen kematian.
 
Seperti diketahui, biaya pemakaman dibedakan berdasarkan blok dan luas lahan yang dibutuhkan. Jika pelanggan tidak memesan atau memperhatikan secara detail biaya yang dibutuhkan, maka akan menjadi masalah bagi siapa saja yang turun tangan untuk menangani biaya kematian tersebut.
 
Memiliki asuransi kematian memang tidak bisa dirasakan dalam waktu dekat, namun untuk manfaat dan keberlangsungannya di masa depan sangat bermanfaat dan membantu secara finansial. Tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, jadi Anda perlu mengantisipasi hal yang tidak terduga dengan memberikan perlindungan untuk diri sendiri dan orang yang Anda cintai.