Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Hosting? Berikut Definisi, Fungsi, dan Jenisnya!

Dalam mengelola dan pemeliharaan website dengan performa terbaik, Anda harus menyewa hosting terlebih dahulu. Sebab, hosting memiliki peran dan fungsi yang sangat penting untuk website. Bagi Anda yang masih awam terkait hosting, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini terkait apa itu hosting?

Mengenal Apa Itu Hosting?

Apa itu Hosting? Hosting atau dikenal juga dengan web hosting adalah sebuah layanan yang memiliki fungsi utama dalam Menyimpan semua file dan data website, sehingga akan memudahkan pengunjung mengaksesnya melalui internet.

Di mana ruang penyimpanan ini digunakan untuk Menyimpan file dan data web yang beru gambar, video, aplikasi, email, script, dan database.

Anda tidak akan bisa membuat dan mengembangkan website jika tanpa hosting. Maka jika Anda ingin membangun sebuah website, Anda harus menyewa hosting terlebih dahulu.

Maka dengan ini hosting disebut juga dengan layanan online yang membuat penggunanya bisa melakukan publish situs web ataupun aplikasi.

Anda bisa mendapatkan hosting di layanan penyedia hosting berkualitas. Dalam memilih hosting yang tepat, tentunya Anda harus mengetahui kekurangan dan kelebihan pada hosting yang akan Anda sewa.

Anda bisa memilih hosting yang lebih besar untuk membangun website yang memiliki performa tinggi.

Menurutkan Technopedia, hosting memiliki definisi sebagai layanan yang menyediakan sumber daya ruang penyimpanan dan komputasi untuk akomodasi dan pemeliharan website bagi individu dan organisasi.

Hosting memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan internet.  Di bawah ini Anda bisa mempelajari terkait peran dan fungsi yang dimiliki oleh hosting.


Inilah 7 Fungsi dari Hosting

Hosting memiliki peran dan fungsi yang cukup banyak kegunaan dan sangat banyak dimanfaatkan dalam pembangunan website yang dibutuhkan dalam website personal atau company sebuah perusahaan.

Berikut penjelasan terkait beberapa fungsi hosting, langsung saja disimak ulasannya!

1.    Ruang Penyimpanan Data

Fungsi utama yang sangat penting ialah hosting sebagai ruang penyimpanan data.

Di mana data-data yang akan ditampilkan pada website dan bisa dilihat oleh para visitor, Anda harus mengupload data-data tersebut pada hosting dengan kapasitas tertentu.

Semakin besar kapasitas hosting, maka semakin leluasa Anda Menyimpan data-data dengan jumlah yang tinggi pada hosting. Maka dari itu pilihlah kapasitas hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

 

2.    Membuat Halaman Website

Fungsi pertama yang dimiliki oleh hosting yakni berguna dalam membuat atau menciptakan halaman website.

Dengan menggunakan hosting, web bisa tampil di search engine sehingga bisa diakses oleh para pengunjung.

3.    Membuat Email Profesional

Dengan hosting Anda pun bisa membuat email yang profesional atau disebut juga dengan email perusahaan atau domain.

Dengan membuat email profesional dengan menggunakan hosting, Anda bisa meningkatkan kredibilitas bisnis atau brand Anda dengan tampil lebih profesional.

Sebagai contohnya dengan membuat email support@nama.domain_Anda.com  Anda harus memiliki domain dan hosting terlebih dahulu.

4.    Mampu Melindungi Website dengan SSL

Dengan hosting, Anda bisa melindungi website dengan SSL sehingga akan terhindar dari serangan virus, malware, ataupun indikasi serangan DDOS atau spam.

Anda bisa memasang SSL jika menggunakan hosting sebagai bentuk mengamankan dan mengoptimalkan website.

5.    Sarana untuk Visitor Melihat Data

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan hosting website Anda bisa diakses dengan mudah oleh  para visitor.

Domain tanpa hosting pada website tidak akan membuat website bisa diakses dan optimal, sehingga domain dan hosting merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam membuat website terbaik.

Dengan hosting website Anda dapat dilihat dan diakses sehingga data-data dalam website bisa dilihat oleh visitor.

6.    Menentukan Region Website

selain dari fungsi di atas, Anda bisa menentukan region website dengan menggunakan hosting.

Anda bisa memilih region Indonesia atau Negara lain. Meski begitu, pastikan Anda memilih region yang sesuai dengan lokasi Anda atau tempat bisnis Anda. Region sangat mempengaruhi trafik pada website.

7.    Mengembangkan Situs Jual Beli Online

Anda bisa menggunakan hosting dalam mengembangkan situs atau website jual beli atau toko online-ecommerce.

Dengan menggunakan hosting setiap informasi yang tercantum dapat terindeks dan dibaca oleh semua mesin pencarian.

Nah itulah ketujuh fungsi yang dimiliki oleh Hosting. Oleh karena itulah dalam membangun website, Anda harus memilih hosting yang tepat!

Inilah Jenis-jenis Hosting

Setelah mengenali apa itu hosting terkait definisi dan fungsinya, kini Anda harus mempelajari berbagai jenis hosting yang bisa dipilih. Sehingga Anda bisa memilih jenis hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan website ataupun aplikasi yang Anda luncurkan.

Langsung saja disimak ulasan di bawah ini!

1.      Shared Hosting

Jenis hosting pertama yang bisa Anda pilih adalah Shared Hosting. Dari namanya bisa kita ketahui, bahwa shared hosting merupakan jenis hosting yang digunakan secara sharing atau digunakan secara bersama-sama oleh pengguna lain.

Di mana Anda harus membagi fasilitas hosting dengan pengguna lain. Dengan menggunakan jenis hosting ini terdapat kekurangan dalam kecepatan dan kapasitas penyimpanannya. Akan tetapi, Anda tetap bisa mendapatkan fasilitas lengkap dengan harga yang terbilang ekonomis.

2.      VPS Hosting

Selanjutnya ada jenis VPS Hosting atau Virtual Private Server Hosting yang merupakan jenis hosting pribadi. Kelebihan dari VPS Hosting ialah adanya resource yang dipakai oleh satu user saja, sehingga segala server pada hosting tidak akan terpengaruh oleh pengguna lainnya.

Anda memiliki kebebasan dalam mengatur dan mengelola resource yang tersedia secara mandiri, sehingga Anda akan sangat membutuhkan skill teknis terkait pengelolaan server.

3.      Dedicated Hosting

Yang ketiga, jenis hosting yang bisa Anda gunakan adalah Dedicated Hosting. Di mana jenis hosting ini hanya digunakan oleh satu user. Sehingga website bisa terhindar dari masalah down.

Selain dengan menggunakan VPS Hosting, dengan Dedicated Hosting pun Anda bisa memiliki kebebasan dalam mengelola dan mengatur server yang sesuai dengan kebutuhan dan Anda harus paham dalam mengelolanya.

4.      Cloud Based Hosting

Salah satu jenis hosting yang paling banyak diminati ialah Cloud based hosting. Sebab,hosting ini terdapat resource yang bisa direplikasikan dengan setiap server dan menggunakan sekelompok server dengan file.

Trafik Anda akan secara otomatis di-route ke server lain di klaster tertentu ketika salah satu server sedang sibuk.

5.      WordPress Hosting

Bisa dikatakan Wordpress Hosting ini bentuk lain dari shared hosting yang memang dirancang secara khusus untuk pengguna Wordpress.

Wordpress hosting memiliki fitur-fitur yang bisa digunakan untuk install plugin dan adanya konfigurasi yang optimal.

Tentunya masih banyak lagi fitur-fitur lain yang bisa Anda dapatkan dari WordPress Hosting.

Kelima jenis hosting tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda mengetahui apa yang dibutuhkan dalam pembangunan website terbaik, sehingga Anda bisa memilih jenis hosting yang tepat.

Dengan pembahasan apa itu hosting, fungsi dan jenisnya semoga Anda terbantu dalam menggunakan dan memilih hosting yang tepat.