Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Memilih Data Center yang Mudah untuk Dilakukan

Sebuah perusahaan cenderung membutuhkan ruang penyimpanan yang luas. Apalagi untuk berbisnis. Jika Anda memang mempunyai banyak data dan mencari ruang penyimpanan yang tepat. Maka, pusat data dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda hanya perlu menggunakan tips memilih data centerdan tidak perlu membuang waktu pencarian lagi.

Kehadiran data center memang menjadi hal yang penting untuk semua pengguna. Bahkan, dapat dikatakan jika semua perusahaan menggunakan pusat data seperti ini karena penting untuk infrastruktur IT. Tentunya, hal ini dilakukan bukan karena alasan.

Namun, karena semua situs atau juga data akan tersimpan di dalamnya. Jadi, pencarian layanan aman juga perlu dilakukan.

10 Tips Memilih Data Center

Keberadaan data center secara tidak langsung berhasil membantu bisnis untuk berkembang dengan baik dan mendapatkan keuntungan. Sekarang ini, menemukan layanan penyedia pusat data bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Anda dapat melakukan pencarian secepat mungkin dari Google. Sayangnya, tidak semuanya dapat dipercaya sehingga perlu perhatikan tips ini.

1.    Power supply

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam pemilihan adalah melihat dari power supply yang ditawarkan. Semua data center harus mempunyai power supply yang stabil dan juga tidak sering mengalami gangguan.

Dengan begitu, dalam pemakaian nantinya pun tidak akan ada berbagai macam masalah dalam penyimpanan data Anda sendiri.

Jadi, harus ada power supply yang kuat. Biasanya, tersedia genset atau juga battery bank sebagai bagian dari penawaran. Apabila data center ini mengalami mati lampu atau tidak ada sumber listrik cadangan.

Maka, server akan down hingga tidak dapat digunakan para pengguna. Namun, dengan adanya power supply yang kuat, hal ini tidak akan terjadi sehingga semua data Anda tetap aman.

2.    Kecepatan layanan

Dalam tips memilih data center, Anda tidak hanya melihat dari ketersediaan power supply saja. Penting juga halnya untuk melihat dari segi kecepatan layanan yang diberikan. Sebuah jasa yang terpercaya dalam pusat data dapat memberikan pelayanan terbaik. Hal ini karena jasa sudah menggunakan berbagai layanan processor yang sesuai dan baru.

Dengan menggunakan banyaknya support berkualitas, kecepatan yang diberikan sudah pasti baik. Hal ini penting untuk diperhatikan karena berkaitan erat dengan para pengunjung.

Datacenter yang lambat membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Bahkan, banyak yang pindah ke situs lainnya karena punya pelayanan yang jauh lebih cepat.

3.    Keamanan pusat data

Sistem keamanan menjadi hal yang sangat penting dalam pemilihan layanan data center. Fitur keamanan menjadi hal yang sangat krusial dan tidak boleh Anda tinggalkan. Anda dapat cek fitur  keamanan dari sistem login kemudian keamanan gedung dan lainnya. Keamanan adalah hal yang sangat penting dalam pemilihan jika Anda tidak ingin mengalami kerugian.

Sebuah data center perlu menggunakan keamanan tingkat tinggi. Salah satu caranya adalah memanfaatkan multi level security pada sistem keamanan. Jadi, dapat mengantisipasi adanya akses ilegal yang masuk. Akan jauh lebih baik lagi jika keamanan seperti ini disebabkan ke berbagai macam titik.

Tentunya, pusat data ini nantinya akan menyimpan semua data penting berkaitan dengan perusahaan Anda. Karena itu, untuk menghindari kerugian yang besar, mencari yang berkualitas adalah hal penting.

Anda pastinya akan jauh lebih tenang dengan mencari yang aman. Jadi, pilih yang sudah menggunakan sistem keamanan canggih agar tidak ada masalah pada data.

4.    Ada bandwidth

Dalam pemilihan, banyak orang lupa memperhatikan hal ini. Anda harus menggunakan bandwidth sebagai bahan pertimbangan dari tempat yang berkualitas untuk penyimpanan data. Nantinya, akan ada perkembangan pada bisnis yang Anda lakukan.

Jadi, akan membutuhkan lebih banyak bandwidth lagi. Dengan begitu, Anda harus mencari sejak awal untuk jasa dengan bandwidth terbaik.

5.    Memperhatikan lokasi

Tips memilih data centerlainnya yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah memperhatikan lokasi. Anda harus memilih data center dengan tempat yang strategis juga. Cari yang lokasinya aman dalam artian layanan internet selalu stabil.

Anda juga harus memilih tempat yang setidaknya aman dari banjir atau juga tanah longsor dan lainnya yang dapat menyebabkan kerugian.

Namun, yang paling penting dalam pencarian lokasi adalah memperhatikan internetnya. Semua data yang disimpan ini hanya dapat melakukan tugasnya ketika tersambung dengan internet.

Jika ada masalah pada pusat data, berbagai macam data lainnya dapat mengalami masalah. Pastinya, sangat disayangkan jika mengalami kerugian karena masalah sinyal.

6.    Tidak ada gangguan operasional

Cari data center yang dapat menawarkan lingkungan penyimpanan dengan ketersediaan. Jadi, pusat data harus selalu on dan juga mempunyai zero downtime. 

Dengan pelayanan seperti ini, tidak akan ada masalah dalam penggunaan aplikasi atau situs penting dalam sebuah bisnis.

7.    Tersedia perlindungan data

Pertimbangan lainnya dapat Anda lihat dari tersedianya perlindungan data yang baik. Ingat bahwa fungsi utama dari data center ini adalah penyimpanan data. Oleh karena itu, harus ada perlindungan data yang baik.

Dengan begitu, Anda sebagai pengguna dapat merasa aman untuk menyimpan data. Biasanya juga dilengkapi dengan efisiensi operasional sehingga tidak ada human error.

8.    Storage tiering

Ada juga hal lainnya yang penting untuk diperhatikan dalam tips memilih data center yang sesuai. Anda harus mencari yang mempunyai storage tiering. Maksudnya adalah, penyimpanan data ini dapat melakukan berbagai macam tugas dengan baik.

Jadi, tidak hanya menyimpan data menyesuaikan dengan kapasitas saja. Harus ada pengaturan sedemikian rupa dalam penyimpanan.

Pusat data harus dapat menyimpan data dengan pengaturan yang sesuai. Misalnya, beberapa data yang penting akan dimasukkan ke dalam flash drive. 

Kemudian, untuk data yang kurang penting atau jarang dibuka dapat dimasukkan ke bagian data drive.  Perbedaan seperti ini jelas membuat manajemen penyimpanan menjadi lebih mudah.

9.    Arsitektur penyimpanan

Memperhatikan arsitektur penyimpanan juga menjadi hal lain yang penting untuk dilakukan. Tentunya, hal ini karena adanya kebutuhan penyimpanan yang berbeda dari waktu ke waktu.

Tidak mungkin halnya penyimpanan akan selalu sama untuk kebutuhan data Anda. Jadi, akan lebih baik jika penyimpanan sudah didukung dengan ONTAP dalam penambahan fleksibilitas.

10.  Punya kemampuan back up

Anda juga harus mencari yang mempunyai kemampuan back up sehingga tidak perlu merasa pusing lagi. Langkah ini diperlukan sebagai salah satu bentuk antisipasi.

Pastinya, Anda tidak pernah tahu kapan akan terjadi masalah pada data. Sementara itu, semua data adalah bagian penting untuk perusahaan. Jadi, cari yang punya kemampuan untuk backup dan juga replikasi.

Beberapa tips memilih data center ini adalah hal yang penting untuk dilakukan. Anda harus menggunakan langkah yang sesuai dalam pemilihan. Dengan begitu, dapat memperoleh tempat yang tepat untuk penyimpanan.