Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Menghubungkan Domain ke Hosting dengan Mudah

Cara menghubungkan domain ke hosting memang perlu dilakukan jika Anda sudah mendaftarkan nama domain di host web pilihan Anda. Cara ini disebut juga dengan pengaturan domain DNS yang merupakan langkah penting dalam membuat bisnis menjadi lebih aktif dan resmi.

Namun, terkadang masih banyak pengguna yang membeli domain dan hosting di tempat yang berbeda. Sementara pengguna ingin mengarahkan domain ke server hosting yang berbeda juga.  Untuk menyatukan kedua cara ini, Anda bisa menggunakan alamat IP saja.

Agar lebih memahami bagaimana cara menghubungkan domain dengan hosting, maka silahkan Anda simak saja penjelasan berikut ini.

Cara Menghubungkan Domain ke Hosting

Sebelum Anda memulai dengan proses run through, maka Anda harus memahami terlebih dahulu tentang dasar-dasar DNS domain dan aspek teknisnya. Setelah itu, barulah Anda bisa menyesuaikan DNS domain Anda.

Syarat Menghubungkan Domain ke Hosting

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai syarat sebelum Anda menghubungkan domain ke hosting. Berikut ini ada 2 poin yang harus Anda miliki sebelumnya.

1.    Nama Domain

Pada umumnya, orang yang mencari artikel sudah membeli nama domainnya sendiri. Sebab, hal ini sangat berguna ketika ingin menggabungkan keduanya. Selain itu, Anda juga bisa memiliki paket hosting di tempat lain yang bisa Anda berikan server nama untuk domain Anda tersebut.

2.    Sudah Memiliki Akun Web Hosting

Syarat cara menghubungkan domain ke hosting selanjutnya adalah dengan Anda sudah memiliki akun web hosting terlebih dahulu. Host web ini pada dasarnya merupakan perusahaan yang memiliki komputer dengan konfigurasi khusus yang mana akan terhubung secara permanen ke internet.

Web hosting ini akan memungkinkan Anda untuk bisa menempatkan situs web Anda tersebut pada sistem web orang lain. Biasanya, hal ini bisa Anda lakukan jika Anda sudah membayar biaya bulanan untuk bisa mendapatkan paket layanan ini. Dengan begitu, maka Anda pun bisa dilihat oleh orang lain di internet.

Jika Anda memang tidak memiliki web hosting, maka Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum bisa mengarahkan domain Anda ke mana saja atau meluncurkannya di dunia maya. Web hosting Anda juga harus bisa memungkinkan Anda sendiri untuk menggunakan nama domain Anda untuk situs Anda tersebut.

Hal ini merupakan hal yang biasa dilakukan oleh setiap web hosting komersial berbayar. Jadi, Anda pun akan lebih dipermudah dengan adanya hal ini, karena banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan nantinya.

Cara Menghubungkan Nama Domain dengan Situs Website

Pada dasarnya, untuk mengaitkan atau menghubungkan nama domain dengan hosting Anda tersebut tidaklah serumit yang Anda bayangkan. Terlebih lagi apabila Anda juga menggunakan domain dan hosting yang berbeda. Berikut ini adalah langkah umum yang bisa Anda terapkan di rumah.

1.      Cari Tahu Nama Web Hosting Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai cara menghubungkan domain ke hosting adalah mencari tahu daftar server nama yang digunakan oleh web hosting Anda. Caranya adalah dengan menanyakannya.

Namun, jika Anda ingin cara yang lebih cepat, maka Anda bisa mencari informasi sendiri di sure yang sudah dikirimkan pada Anda oleh host. Informasi ini akan diberikan ketika Anda pertama kali mendaftar di situs web host Anda.

Jika Anda memang tidak mengetahui dimana mendapatkan informasi, maka hubungi saja hist web Anda dan minta server DNS yang akan digunakan untuk domain Anda tersebut. Daftar name server yang akan tampil diantaranya adalah ns1 (dot) example (dot) com. Dimana example (dot) com ini mungkin akan digantikan oleh beberapa nama domain lain yang digunakan oleh host web Anda untuk server.

Web hosting Anda ini mungkin akan memberikan 2 atau lebih alamat server nama. Lebih baik lagi, biarkan email atau halaman web yang berisikan nama tersebut tetap terbuka di komputer Anda. Dengan begitu, maka Anda bisa memotong dan menempelnya nanti.

Selain itu, Anda juga harus memasukkan nama-nama tersebut, persis seperti yang sudah diberikan sebelumnya ke sistem registrar Anda.

2.    Masukkan Server Nama dalam pengaturan Registrar untuk Domain Anda

Setelah Anda memiliki daftar server nama, maka silahkan Anda buka pendaftaran nama domain Anda dan masuklah ke sistem yang ada. Pada cara menghubungkan domain ke hosting ini, Anda akan membutuhkan nama login dan kata sandi yang bisa Anda buat saat pertama kali mendaftarkan domain Anda tersebut.

Setelah Anda masuk, silahkan cari beberapa opsi untuk pilihan dalam mengatur atau mengubah server nama atas domain Anda. Setiap pendaftar tentunya akan memiliki cara yang berbeda dalam melakukan proses tersebut. Hal ini dilakukan untuk merujuk pada akun domain masing-masing dan tidak ada lagi metode standar untuk semua domain yang ada.

Untuk itu, pastikan bahwa Anda mengerti jelas mengenai cara menemukan opsi dan menu yang memang sedang Anda butuhkan.

Namun, secara umum Anda bisa mencoba cara berikut ini untuk menemukan halaman di situs registrar Anda tersebut yang akan memungkinkan Anda memodifikasi server nama Anda tersebut.

        Temukan cara untuk mendaftarkan semua domain yang Anda miliki di situs registrar. Meskipun memang berbeda, Anda tetap bisa menemukan opsi tersebut di halaman domain, halaman manajer domain atau nama yang serupa.

        Pilih domain yang memang Anda inginkan untuk melakukan pengaturan name servernya. Tidak jarang apabila ada pilihan dalam menempatkan tanda centang ke dalam kotak yang berada di samping nama domain Anda yang berada di daftar nama. Jika Anda hanya memiliki satu nama domain, maka Anda bisa mengklik nama domain untuk ke layar pengaturan.

        Beberapa pendaftar memiliki tautan menu kelola DNS atau tombol DNS maupun tombol name server. Jika Anda melihat tautan seperti itu, mungkin Anda bisa mengkliknya. Pada dasarnya, Anda juga bisa menemukan dan menggunakan pilihan yang berarti sama, yakni DSN, name server, pengaturan, hingga modifikasi.

Jika Anda berhasil menemukan halaman yang untuk mengubah server nama Anda, maka Anda mungkin akan melihat formulir. Formulir ini akan memungkinkan Anda untuk memasukkan hal-hal penting, seperti formulir nama utama, server name sekunder, dan server name tersier.

Masukkan server nama depan Anda yang berasal dari daftar. Kemudian, ketika server nama kedua Anda. Nama domain ini harus memiliki setidaknya 2 server nama yang terkait dengannya. Beberapa host web juga bisa memberikan Anda 2 pilihan atau bahkan lebih banyak.

Cara menghubungkan domain ke hosting yang sudah dijelaskan diatas bisa dikatakan cukup mudah untuk diterapkan. Namun, jika Anda tidak bisa menemukan tempat untuk mengatur server nama Anda, dan melakukan kesalahan karena bingung dalam mencari opsi yang benar. Maka, Anda bisa mencari bantuan langsung dari opsi FAQ dan CS dari web hosting Anda masing-masing.