Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Cara Memilih Hosting dan Domain Gratis Terbaik!

Dalam membangun sebuah website, Anda membutuhkan hosting dan domain. Sayangnya banyak yang terkendala dalam biaya dan memilih untuk menggunakan hosting dan domain gratis.

Dalam menggunakan hosting dan domain yang gratis dibutuhkan perhatian banyak, salah satunya mempertimbangkan kekurangan dan cara pemilihan yang benar. Kali ini akan menjelaskan kedua hal tersebut untuk menjadi bahan pertimbangan.

Mengenal Hosting dan Domain

Hosting dan domain merupakan dua komponen yang saling berikatan dalam membuat website terbaik. Tanpa keduanya, website tidak dapat berjalan dengan baik. Domain merupakan nama dari alamat website Anda, sebagai contohnya domainkamu.com

Sedangkan hosting adalah ruang penyimpanan data-data website, dengan domain pengunjung bisa dialihkan ke hosting dalam mencari informasi data-data website.

Sehingga dalam membangun sebuah website, domain dan hosting sangat dibutuhkan. Akan tetapi untuk mendapatkan domain dan hosting membutuhkan modal biaya yang tak sedikit, sehingga mereka yang masih nekad lebih memilih menggunakan hosting dan domain yang didapatkan secara gratis.

Sayangnya, mereka tak sadar bahwa hosting dan domain yang gratis memiliki banyak kekurangannya. Berikut ini merupakan penjelasan terkait kekurangan hosting dan domain yang didapat secara gratis.

Kekurangan Hosting dan Domain Gratis

Sebelum menggunakan hosting dan domain gratis, Anda harus mempertimbangkan kekurangannya terlebih dahulu, agar Anda tidak menyesal di saat nanti. Langsung saja simak ulasannya!

1.    Kualitas Domain

Ketika Anda memutuskan untuk mencari dan menggunakan domain gratisan, maka Anda harus menerima kualitas domain yang berbeda dari yang lainnya.

Biasanya domain yang didapat secara gratisan memiliki kualitas yang signifikan dengan jenis domain berbayar. Anda tidak akan bisa mendapatkan domain dengan nama .com ataupun .co.id.

Jika Anda membangun sebuah website e-commerce, sebaiknya memilih jenis domain berbayar saja. Sebab, domain berbayar dapat meningkatkan citra perusahaan.

2.    Server yang Labil

Ketika Anda memilih hosting gratisan, jangan heran jika server web sering labil. Kadang bisa diakses dengan mudah, kadang pula sering mengalami downtime bahkan web jadi sulit dibuka.

Hosting berbayar saja bisa mengalami downtime server, apalagi jika menggunakan jenis hosting gratisan.

Hal ini tentu sangat merugikan, para visitor bisa saja kabur dari website Anda dan berakhir trafik semakin menurun.

3.    Kapasitas yang Terbatas

Selain server yang menjadi tidak stabil, dengan menyewa jenis hosting gratisan pun Anda tidak bisa leluasa menaruh data-data atau menguploadnya ke server hosting, terutama jika data yang diupload memakan banyak ruang.

Dengan hosting gratisan Anda hanya akan bisa mendapatkan kapasitas 1 GB atau bahkan di bawah itu. berbeda dengan memilih jenis hosting berbayar, Anda bisa menyelesaikannya sesuai dengan kebutuhan website.

Kapasitas yang terbatas membuat kurangnya dukungan dalam menginput data lebih banyak, bahkan jika dipaksakan hanya akan membuat server menjadi semakin buruk dan berdampak fatal pada website Anda sendiri.

4.    Keamanan Kurang Terjamin

Hal yang tidak boleh Anda pertimbangkan saat memilih domain atau hosting gratisan ialah kekhawatiran akan tingkat keamanan yang dimiliki.

Keamanan yang kurang terjamin membuat Anda merasa was-was, mengingat bagaimana Anda membangun website sedemikian rupa namun tiba-tiba karena memilih hosting gratisan data-data website bisa hilang dalam sekejap.

Masalah satu ini paling sering dijumpai oleh mereka yang menggunakan hosting gratisan. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memilih jenis hosting berbayar yang terjamin keamanannya.

5.    Kurangnya Bantuan

Ketika Anda dihadapkan dengan masalah hosting atau domain pada website, bantuan yang didapat bisa sangat terbatas. Karena, pengguna yang menggunakan layanan gratisan bukanlah prioritas penyedia layanan dan membuat Anda menjadi kesulitan dalam menerima bantuan.

Permasalahan seperti gangguan server atau blog yang hanya dapat membantu adalah pihak internal yakni penyedia layanan. Jika tidak langsung diperbaiki bisa berdampak pada kerugian.

Nah itulah 5 kekurangan hosting dan domain gratis. Dengan mengetahui gambaran kekurangannya, Anda bisa memulai berhenti berlangganan dan mencari hosting dan domain berbayar. Saat ini banyak penyedia layanan yang memberikan penawaran harga terjangkau bahkan penawaran potongan harga sekalipun.

Akan tetapi, jika Anda masih menginginkan untuk menggunakan hosting dan domain secara gratisan, Anda bisa mengikuti tips cara memilih hosting dan domain yang gratis tapi berkualitas di bawah ini.

Cara Memilih Hosting dan Domain Gratis

Berikut ini cara memilih hosting dan domain yang masih berkualitas namun gratis.

1.    Cari Informasi Layanan

Sebelum memutuskan untuk menggunakan domain dan hosting yang gratis, Anda harus mencari informasi layanan yang menyediakan hosting dan domain tersebut. Bila perlu, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu.

Ini merupakan langkah awal untuk mengetahui apakah penyedia layanan gratisan tersebut dapat dipercaya atau tidak.

Memilih domain dan hosting yang gratis memang tidak boleh sembarangan, Anda harus memastikan penawar layanan tersebut memiliki nama baik dari para penggunanya.

2.    Memilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Dalam memilih nama domain gratis, Anda harus memilih nama domain yang mudah diingat, singkat, dan mudah dieja. Hal ini dilakukan untuk memudahkan mereka yang ingin mengakses website Anda.

Gunakan juga nama domain yang singkat atau setidaknya paling panjang berjumlah 7 huruf saja.

3.    Spesifikasi Hosting yang Sesuai

Hal yang penting untuk Anda perhatikan dalam memilih hosting gratis yakni memastikan spesifikasi hosting. Jangan terburu-buru dengan penawaran gratisan, pastikan dahulu apakah spesifikasi yang dimiliki oleh hosting tersebut sesuai dengan kebutuhan website Anda atau tidak.

Setidaknya hosting tersebut dapat menunjang aktivitas website yang Anda bangun.

Jangan sampai saat berlanggan hosting gratis, servernya malah tidak mendukung pengelolaan dan pemeliharaan website Anda.

Maka dari itu, cari tahu dahulu spesifikasi mendetail mengenai layanan hosting yang Anda gunakan, ya!

4.    Fitur Hosting

Cara lainnya dalam memilih layanan gratis, terutama dalam memilih hosting, Anda bisa memastikan fitur-fitur yang disediakan oleh layanan hostingnya.

Fitur-fitur ini akan sangat membantu aktivitas-aktivitas yang ada dalam website. Perhatikan apa saja fitur yang bisa Anda dapatkan dari layanan hosting tersebut. Apakah fitur-fitur tersebut sesuai dengan website Anda atau tidak.

5.    Bandingkan dengan yang Lain

Setidaknya dalam memilih layanan hosting atau domain yang gratis, Anda tidak harus fokus pada satu layanan saja, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa layanan untuk dibandingkan.

Mana jenis layanan hosting dan domain yang lebih berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan website Anda. sehingga Anda tidak salah memilih layanan gratis.

Itulah beberapa tips cara memilih layanan hosting dan domain yang gratis dan sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Meski begitu harus tetap Anda ingat, bahwa domain dan hosting yang didapat secara gratis memiliki kekurangan. Maka dari itu, pikirkan secara matang terlebih dahulu.

Sekian artikel pembahasan terkait hosting dan domain gratismengenai kekurangan dan cara memilihnya. Semoga bermanfaat!