Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Manfaat Penggunaan Cloud Computing Bagi Bisnis

Ada berbagai macam layanan yang diperlukan dalam berbisnis sekarang ini. Salah satunya adalah penggunaan teknologi informasi atau TI.  Layanan seperti ini diperlukan untuk meningkatkan pundi-pundi keuangan. Sayangnya, tidak banyak orang mau mengeluarkan uang untuk pemeliharaan sistem IT. Jadi, hadir manfaat penggunaan cloud computing bagi bisnis sebagai solusi.

Layanan teknologi berbasis cloud computing ini dianggap jauh lebih fleksibel untuk para pengguna. Selain itu, layanan sudah menggunakan server virtual dengan skala besar sehingga dapat memudahkan organisasi dalam beraktivitas. Teknologi yang lebih dikenal dengan nama komputasi awan ini mempunyai berbagai macam manfaat. Yuk, ketahui dengan membaca artikel ini.

8 Manfaat Penggunaan Cloud Computing Bagi Bisnis

Memanfaatkan cloud computing dapat memberikan kemudahan dalam penyimpanan data dari internet. Komputasi awan juga banyak dimanfaatkan karena perusahaan tidak membutuhkan modal yang besar jika dibandingkan dengan sistem TI.  Berikut daftar manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan layanan cloud yang tepat.

1.    Tidak butuh investasi awal

Manfaat utama dalam pemakaian sehingga dianggap menarik oleh semua orang adalah penghematan anggaran. Biaya adalah hal yang penting dalam berbisnis. Apalagi jika baru memulai bisnis. Semakin kecil modal atau pengeluaran yang Anda lakukan, semakin banyak biaya yang dapat disimpan. Dalam bagian inilah, komputasi awan mempunyai peran yang sangat besar.

Tentunya, berbeda dengan sistem TI secara langsung. Anda harus mengeluarkan modal yang cukup besar jika memanfaatkan layanan ini.  Bahkan, sebelum mulai bekerja saja, Anda sudah harus mempunyai perangkat sistem teknologi informasi. Jadi, Anda harus membeli perangkat komputer kemudian biaya jaringan hingga orang yang ahli. Banyak biaya mahal lainnya untuk sistem TI.

Namun, dengan menggunakan cloud computing, Anda hanya perlu keluarkan biaya sewa saja. Sudah jelas halnya kalau biaya penyewaan jaringan akan lebih murah dibandingkan pembelian berbagai perangkat untuk keperluan IT. Anda hanya perlu mencari platform yang menyediakan layanan dengan harga terjangkau dalam pemakaian.

2.    Pembayaran sesuai kebutuhan

Masih berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan, manfaat penggunaan cloud computing bagi bisnis lainnya adalah pembayaran sesuai dengan kebutuhan. Jadi, layanan komputasi awan ini memang menggunakan sistem pay as you go. Dengan begitu, Anda sebagai pengguna tidak harus membayar uang bulanan yang tetap. Hal ini menyesuaikan dengan penggunaan Anda sendiri.

Namun, untuk melakukan pengaturan dalam biaya tagihan bulanan. Maka, Anda harus menggunakan layanan sebaik mungkin. Semakin banyak yang Anda gunakan, semakin tinggi juga tagihan Anda nantinya. Tetap saja, tidak akan terlalu mahal karena dapat dikendalikan sendiri. Anda harus membayar mahal jika menggunakan sistem TI dimana tagihan ada walau tidak digunakan.

Sistem seperti ini pastinya jauh lebih sederhana karena Anda dapat mengatur pengeluaran dengan baik. Biaya operasional dalam setiap tagihan juga tidak terlalu tinggi. Anda dapat memprediksikan sendiri jumlah pemakaian yang sudah dilakukan. Jika menggunakan selama 24 jam setiap harinya, tagihan akan jauh lebih tinggi juga. Jadi, analisa biaya pengeluaran juga lebih sederhana.

3.    Berkurangnya biaya SDM dan pemeliharaan

Memang menggunakan teknologi ini sangat membantu Anda dalam penghematan. Layanan yang diberikan sepenuhnya oleh sistem ini memberikan kemudahan dari segi biaya. Komputasi awan sudah memberikan banyak layanan mulai dari pengelolaan, kemudian pemeliharaan hingga keamanan sistem TI. Pelayanan seperti ini sudah sangat lengkap untuk menjalankan bisnis.

Dengan sistem seperti ini, perusahaan sudah tidak perlu mengeluarkan uang apapun lagi yang berkaitan dengan layanan. Jadi, Anda tidak harus membayar biaya pemeliharaan perangkat. Selain itu, gaji karyawan yang cukup tinggi sudah tidak perlu. Biaya operasional perusahaan dapat diminimalisir dengan cara seperti ini.

4.    Skalabilitas cepat

Manfaat penggunaan cloud computing bagi bisnis lainnya adalah skalabilitas yang cepat. Komputasi awan ini bekerja dengan cepat menyesuaikan kebutuhan dari para pengguna. Sistem juga relatif sederhana sehingga Anda tidak harus menjadi ahli dalam bidang teknologi untuk penggunaan. Anda juga dapat meningkatkan sistem dengan cepat tanpa perlu tambahan alat lainnya lagi.

5.    Dapat berbagi sumber daya

Semua pengguna cloud computing dapat berbagi sumber daya antara sesama pengguna. Jadi, dapat menggunakan server virtual bersama-sama. Selain itu, para pengguna juga dapat membuat permasalah operasional tidak sering terjadi. Dengan begitu, dapat memungkinkan peningkatan untuk sumber daya yang jauh lebih baik lagi.

6.    Akses mudah dan aman

Tenang saja, sebagai pengguna, Anda tidak harus menggunakan perangkat yang besar seperti komputer untuk melakukan akses. Ada berbagai macam pilihan lainnya yang dapat digunakan dalam layanan.

Semua data dapat Anda akses dengan mudah dari berbagai macam perangkat. Bahkan, tidak peduli dengan posisi Anda selama dapat terhubung sebaik mungkin dalam internet.

Jadi, Anda dapat melakukan aktivitas dimana saja menggunakan layanan. Tidak harus menggunakan perangkat yang sama terus menerus. Anda hanya perlu akses kembali jika ingin menggunakan komputer. Namun, jika sedang keluar rumah, data tetap dapat Anda akses menggunakan ponsel atau berbagai perangkat lainnya.

7.    Peningkatan daya saing

Manfaat penggunaan cloud computing bagi bisnis lainnya adalah peningkatan daya saing.  Dengan menggunakan komputasi awan, perusahaan mempunyai peluang untuk bersaing dengan perusahaan lain. 

Untuk mendapatkan keuntungan dalam berbisnis, suatu perusahaan harus mampu menyaingi lingkungan global yang ketat. Persaingan ini mengharuskan setiap bidang menanggapi perubahan.

Pastinya, pasar selalu mengalami perubahan dinamis. Untuk mengikuti trend yang ada, layanan ini sangat tepat. Hal ini dikarenakan berbagai macam pekerjaan dapat berjalan lebih mudah. Sifat komputasi awan memang mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perusahaan sendiri. Selain itu dapat diatur sesuai dengan trend pasar juga.

8.    Dokumen aman

Dalam berbisnis, semua data dan dokumen yang Anda miliki adalah hal penting. Karena itu, keamanan harus ditingkatkan untuk memberikan proteksi terhadap data. Apalagi jika ada banyak perusahaan mitra yang bekerja sama dengan Anda.  Dokumen dengan jumlah besar seperti ini harus dijaga dengan baik dan ketat. Caranya dengan memakai komputasi awan.

Setiap file yang ada dapat disimpan dengan baik. Selain itu, tidak harus mengirimkan kepada karyawan lainnya lagi. Semua konten atau juga format hingga judul dokumen akan jauh lebih rapi dalam penyimpanan cloud. 

Keamanan data pengguna akan disimpan dalam server. Tempat penyimpanan ini sudah disediakan oleh layanan cloud seperti jaminan untuk ISO, data pribadi, dsb.

Demikian daftar manfaat penggunaan cloud computing bagi bisnis. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan sistem yang sesuai. Tidak perlu menggunakan TI jika dapat menggunakan layanan lengkap seperti ini. Cara sederhananya adalah mencari penyedia layanan yang sesuai saja.