Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kelebihan Cloud Server dan Kekurangannya

Kelebihan cloud server bisa Anda pelajari setelah Anda memahami terlebih dahulu apa itu cloud server. Sebab, tidak semua orang mengenal apa itu cloud server. Untuk itu, bagi Anda yang masih awam dengan cloud server, silahkan simak saja penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Cloud Server

Cloud server merupakan layanan teknologi yang menggabungkan antara komputer dengan jaringan berbasis internet. Dengan menggunakan teknologi ini, berarti Anda bisa memanfaatkan media internet sebagai pusat server dalam mengelola data.

Dengan begitu, maka data yang Anda perlukan pun bisa dengan mudah diakses dan Anda pun sudah tidak perlu lagi menyimpan data melalui alat penyimpanan. Layanan cloud server ini sangat cocok untuk Anda yang memang ingin mendapatkan layanan prima, kehandalan performa server yang tinggi, hingga resource yang lebih besar.

Dengan adanya cloud server ini, maka data yang ada pun bisa Anda akses kapan saja, sehingga akan lebih mempermudah pekerjaan Anda.

Fungsi Cloud Server

Fungsi cloud server adalah sebagai alat atau media penyimpanan data yang bisa diakses kapan saja dengan syarat harus terhubung dengan jaringan internet. Sistem teknologi cloud server ini bekerja secara online dan akan terus bekerja melalui jaringan internet.

Nah, semua aktivitas Anda pun akan berpusat pada komputer server dan setiap jenis datanya pun akan langsung disimpan dan siap untuk Anda gunakan kapan saja dan dimana saja.

Kelebihan Cloud Server

Tahukah Anda bahwa menggunakan cloud server sangat menguntungkan bagi para penggunanya? Para pengguna cloud server ini akan sangat puas ketika menggunakannya, sehingga Anda harus mencobanya juga.

Bagi Anda yang mungkin masih ragu, berikut ini akan dijelaskan apa saja kelebihan cloud serveryang perlu Anda ketahui.

1.    Biaya Terjangkau

Perlu Anda ketahui, bahwa cloud server ini bisa Anda beli atau sewa. Harga pembelian cloud server tergolong sangat terjangkau. Bahkan, harganya pun lebih murah daripada penyimpanan hardwarenya.

Dari harga yang ditawarkan, tentu sesuai dengan kualitas yang Anda dapatkan, karena Anda bisa menyimpan data sebanyak mungkin tanpa adanya keterbatasan.

Jika Anda atau perusahaan Anda menggunakan cloud server ini, maka hal tersebut akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan operasional komputernya saja, terutama untuk hardwarenya.

Selain itu, Anda dan perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya maintenance atau biaya operasional lainnya. Sebab, dengan Anda menggunakan cloud server ini maka Anda bisa lebih menghemat biaya jika dibandingkan dengan layanan yang serupa.

2.    Tidak Kehilangan Data

Data yang tersimpan pada cloud server ini sudah pasti aman. Jika memang ada kerusakan pada servernya, maka data tetap ada dan untuk kehilangan data ini merupakan suatu kemungkinan yang kecil.

Sejauh ini, para pengguna cloud server ini merasa aman. Sebab, data yang ada dalam cloud server ini tidak pernah hilang. Bahkan, cloud server ini juga bisa meminimalisir kerusakan data yang corrupt.

3.    Kapasitas Penyimpanan Tidak Terbatas

Pada hardware seperti hardisk dan flashdisk, kapasitas penyimpanan datanya sangatlah terbatas. Maksimal untuk hardware ini bisa menyimpan data hingga 2 TB. Berbeda dengan cloud server, dimana kapasitas penyimpanan datanya tidak memiliki batasan. Inilah kelebihan cloud server lainnya.

Jadi, sebanyak apapun data yang ingin Anda simpan pada cloud pasti akan selalu bisa ditampung. Adanya cloud server ini bisa membuat Anda lebih hemat. Sebab, Anda tidak perlu lagi membeli flashdisk atau harddisk baru. Cukup dengan menyimpannya saja di cloud server.

4.    Fleksibel

Web hosting cloud server ini sangatlah fleksibel. Sebab, Anda bisa mengakses data dengan sangat mudah. Ketika Anda ingin mengambil datanya, maka Anda bisa menggunakan komputer satu dengan lainnya.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa cloud server penyimpanan datanya melalui jaringan internet. Jadi, selama terdapat jaringan internet, maka Anda bisa mengakses data di komputer mana saja.

5.    Kemudahan Manajemen Server

Cloud server membuat manajemen server jauh lebih mudah dilakukan, karena bisa terkoneksi dengan website secara langsung. Jika Anda memang ingin mengetahui status global server, maka pengguna cukup melihat dashboard saja.

Kelebihan cloud server ini juga menyediakan tools yang mana akan secara otomatis melakukan upgrade, manage server, dan install software dengan mudah.

6.    Ketersediaan Data Tinggi

Sistem cloud server ini biasanya dibuat dengan desain yang high availability. Sistem tersebut berada di sebuah data center yang ketersediaan listriknya pun terjamin, keamanan sesuai dengan standar, dan bisa menjamin kinerja selama maksimalnya adalah 24 jam sehari.

7.    Minimum Downtime

Jika node gagal, maka secara otomatis akan berpindah ke node fungsional. Inilah kelebihan yang bisa Anda manfaatkan dari cloud server. Hal ini tentunya akan meminimalisir downtime jika dibandingkan dengan penggunaan VPS.

Kekurangan Cloud Server

Jika dilihat dari kelebihan cloud server yang sangat sempurna, tentunya Anda akan berpikir bahwa cloud server ini tidak memiliki kekurangan. Padahal, cloud server ini tidak sesempurna yang Anda bayangkan, karena masih memiliki kekurangan.

Nah, berikut ini akan dijelaskan kekurangan apa saja yang dimiliki oleh cloud server ini hingga bisa membuat para pelanggannya sedikit kecewa.

1.    Pelayanan Tidak Maksimal

Maksud dari pelayanan tidak maksimal ini akan tergantung dari service yang diberikan. Tentunya Anda akan paham jika cloud server ini bisa dibeli pada jasa layanan web hosting. Jadi, jasa tersebut akan memberikan cloud server dengan kemampuan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, sebelum Anda membeli cloud server ini, Anda harus bertanya terlebih dahulu pada penyedia jasanya. Batasan akan layanan yang diberikan biasanya akan dibuat pada cloud provider, sehingga Anda harus bisa memperhatikannya dengan baik.

2.    Penyesuaian Kurang

Dengan menggunakan cloud server pada web hosting tentunya harus lebih memperhatikan regulasi bisnisnya. Biasanya, penyimpanan cloud server provider ini tidak boleh asal. Dimana Anda harus bisa menyamakan level dan menyesuaikannya dengan penyimpanan data yang berada pada cloud itu sendiri.

Memang, cloud server ini masih sangat awal dalam bidang teknologi, sehingga setiap pengguna cloud server pun harus berhati-hati dalam melakukan penyesuaian penyimpanan datanya. Perlahan Anda pastinya akan memahami mengenai penyesuaian yang kurang tersebut.

3.    Tidak Adanya Perlindungan Privasi

Tempat penyimpanan cloud server ini sistemnya sangatlah terpusat. Jadi, siapa saja yang menggunakan cloud server ini, maka datanya akan disimpan menjadi satu dalam penyimpanan cloud server pusat.

Nama dari penyimpanan pusat ini adalah cloud provider. Perlu Anda ketahui, bahwa semua orang bisa mengakses seluruh data Anda dari cloud provider ini tanpa sepengetahuan dan izin dari Anda. Hal ini tentunya membuat kualitas dari cloud server menurun sebagai hosting terbaik.

Meskipun memang kekurangan pada cloud server ini tergolong sangat banyak. Akan tetapi, pengguna cloud server ini juga semakin banyak karena adanya kelebihan cloud server yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Pasalnya, para pengguna ini sudah siap menerima kekurangan dari cloud server tersebut, sehingga sudah konsekuen dengan apa saja ketika sedang menggunakannya. Saat ini, banyak sekali orang yang berlomba untuk memanfaatkan cloud server pada web hostingnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cloud server ini untuk memahaminya lebih dalam lagi.