Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Tanda-Tanda Hosting Penuh, Serta Cara Mengatasinya

Adakalanya, hampir semua permasalahan pada website dan hosting, dikarenakan hosting tersebut terlalu penuh. Namun untuk memastikannya, Anda perlu mendeteksi tanda-tanda hosting penuhini. Apa saja tanda-tandanya?

Pada artikel kali ini, akan diberikan penjelasan mengenai tanda-tanda dari hosting yang penuh, yang umumnya sering terjadi. Bagi Anda yang penasaran mengenai hal tersebut, maka dari itu, Anda tidak boleh melewatkan pembahasan kali ini.

6 Tanda-Tanda Hosting Penuhyang Paling Umum Terjadi

Salah satu fungsi dari hosting ini yaitu untuk mengelola, sekaligus mengakses website dengan baik. Namun ada kalanya, meskipun Anda menggunakan hosting, namun tetap saja Anda tidak bisa mengelola website Anda dengan baik, dikarenakan hosting yang tiba-tiba penuh, tanpa Anda sadari.

Agar Anda bisa segera mencari solusinya, maka Anda perlu mengenali beberapa tanda-tanda hosting penuh seperti berikut ini. Diantaranya:

1.Adanya Suspend dari Provider Hosting

Tanda pertama yang bisa menyadarkan Anda, bahwa ternyata hosting yang Anda gunakan tersebut tiba-tiba penuh adalah saat Anda mendapatkan notifikasi/suspendyang diberikan oleh provider dari hosting yang Anda gunakan tersebut.

Karena tentunya, ada sebagian provider yang tidak pernah ketinggalan dalam memberikan informasi dan notifikasi mengenai segala permasalahan yang menyangkut hosting ini. Termasuk diantaranya mengenai permasalahan hosting yang penuh ini.

2. Adanya Error Log

Pengertian dari error log ini yaitu merupakan salah satu file otomatis yang ada pada sistem bawaan Cpanel. Dimana jika terjadi suatu permasalahan pada website maupun hosting, maka file error logini akan memberitahukannya pada Anda, sebagai pengguna Cpanel.

Tujuannya yang lain, yaitu agar webmaster Cpanel bisa melakukan sejumlah perbaikan terhadap setiap kerusakan yang dialami. Termasuk jika memang hosting yang Anda gunakan tersebut mendadak penuh, maka error log akan memberitahukannya pada Anda.

3. Tidak Bisa Lagi Mengupload File

Tanda-tanda hosting penuh lainnya yaitu bilamana Anda sudah tidak bisa lagi mengupload file. Meskipun memang, hal tersebut bukanlah permasalahan satu-satunya yang diakibatkan oleh hosting yang penuh.

Karena bisa saja, ketidakmampuan hosting dalam membantu melakukan upload file ini, diakibatkan oleh permasalahan lainnya. Namun yang paling umum, memang hal tersebut terjadi, disaat hosting penuh.

4. Performa Hosting Tiba-Tiba Menurun

Jika biasanya, performa hosting yang digunakan tidak mengalami banyak kendala. Namun mungkin saja, di beberapa waktu tertentu, performa dari hosting tersebut menjadi sedikit menurun. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda perlu mewaspadai hal tersebut. Karena bisa saja, performa hosting yang menurun tersebut, diakibatkan oleh hosting yang terlewat penuh.

5. Tidak Bisa Mengakses Website                              

Tanda ini bisa dibilang sebagai tanda-tanda hosting penuhyang dirasa cukup fatal. Mengapa dikatakan demikian? Karena tentunya, Anda menggunakan hosting agar Anda bisa mengelola website milik Anda dengan baik.

Jika ternyata setelah menggunakan hosting, maka website Anda menjadi tidak bisa diakses. Maka mungkin saja, hal tersebut diakibatkan karena hosting yang Anda gunakan terlalu penuh. Sehingga tidak bisa lagi digunakan untuk mengakses website.

6. Auto Backup yang Tidak Berfungsi Lagi (Mati)

Dikarenakan hosting yang penuh, maka secara otomatis, Anda tidak lagi memiliki ruang penyimpanan (space) untuk menyimpan seluruh file backup milik Anda pada website Dengan demikian bisa dikatakan, bahwa salah satu tanda-tanda hosting penuhadalah saat autobackup sudah tidak lagi berfungsi (mati).

Cara Mengatasi Hosting yang Tiba-Tiba Penuh

Bagi sebagian besar pengguna hosting, munculnya beberapa tanda-tanda diatas memunculkan polemik dan keinginan untuk mengganti hosting yang digunakan. Namun sebenarnya, Anda tidak perlu melakukan hal tersebut. setidaknya jika memang permasalahan tersebut bisa dengan mudah diatasi.

Untuk membantu Anda dalam mengatasi masalah hosting yang penuh ini, berikut ini akan diberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Khususnya cara-cara untuk mengatasi permasalahan hosting penuh ini. Diantaranya:

1. Melakukan Pengecekan Folder Sampah (Trash Folder) dan Menghapus File

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat hosting tidak cepat penuh yaitu dengan melakukan pengecekan pada folder sampah (trash folder), serta menghapus beberapa file yang tidak dibutuhkan lagi. Karena selain hal-hal lainnya, salah satu penyebab dari hosting menjadi cepat penuh, adalah banyaknya file yang tersimpan, dan menumpuk dalam waktu yang lama.

Adapun cara untuk melakukan pengecekan folder sampah dan melakukan penghapusan file yang tidak digunakan ini diantaranya:

        Masuklah ke akun Cpanelyang Anda miliki

        Kemudian lanjutkan dengan masuk ke file manager Cpanel

        Pilih dan klik menu setting. Menu ini biasanya berada di pojok kanan atas

        Lanjutkan dengan mengklik opsi show hidden files

        Langkah selanjutnya yaitu masuk ke opsi trash, yang berada di bagian kiri halaman Cpanel

        Anda bisa memilih beberapa file yang tidak diperlukan lagi pada menu restore, kemudian hapus file-file tersebut

2. Menghapus Error Log

Sebagaimana diketahui, error log ini adalah suatu file otomatis pada Cpanel yang akan memberikan notifikasi, bilamana hosting penuh, maupun permasalahan lainnya yang terjadi pada website dan hosting. Jika ternyata memang, tanda-tanda hosting penuh ini telah Anda ketahui mengenai adanya file error logyang muncul, maka biasanya, webmaster akan melakukan sejumlah perbaikan.

Hanya saja, setelah melakukan perbaikan ini, error log akan terus ada. Sehingga akan membuat hosting menjadi penuh, karena ukurannya yang kian bertambah. Maka dari itu, setelah webmaster melakukan sejumlah perbaikan, maka hendaknya Anda menghapus error log tersebut segera, agar tidak membuat hosting penuh.

Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai bagaimana cara mengatasi tanda-tanda hosting penuh karena error logini, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini. Diantaranya:

        Masuklah ke akun Cpanelyang Anda gunakan

        Langkah selanjutnya, masuklah ke menu file manager Cpanel

        Lakukan pengecekan pada folder public_html, kemudian carilah file error log

        Jika file tersebut telah Anda temukan, maka selanjutnya Anda bisa menghapus file error logyang sudah tidak terpakai lagi

3. Lakukan UpgradePaket yang Lebih Tinggi

Jika cara-cara diatas telah Anda lakukan, namun tanda-tanda hosting penuh masih selalu muncul di website Anda. Maka cara terbaik memang dengan melakukan upgrade paket.

Dimana Anda bisa melakukan upgrade paket ke paket yang memiliki performa yang jauh lebih tinggi. Anda bisa menghubungi provider hosting yang Anda gunakan untuk melakukan upgrade paket ini.

Itu dia informasi mengenai 6 tanda-tanda hosting penuhserta beberapa cara untuk mengatasinya. Dengan mengetahui tanda-tanda dan cara mengatasinya diatas, maka Anda kini tidak perlu tergesa-gesa untuk mengganti hosting yang Anda gunakan, dengan hosting yang lainnya. Karena dengan melakukan sejumlah cara diatas, permasalahan hosting penuh ini, bisa segera cepat diatasi.