Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Daftar Hosting Gratis CPNEL, Anda Wajib Tahu!

Tampilan website yang di dalamnya terdapat banyak fitur, tentunya mengalami proses panjang dan cukup kompleks. Namun, karena adanya control panel, Anda bisa memiliki website dengan tampilan menarik, hanya saja lebih gampang pembuatannya. Dalam tulisan ini Anda akan mengetahui beberapa hosting gratis cpnel(control panel), yang mungkin saja cocok dengan website Anda nanti.

Terkadang untuk mendapatkan cpnel gratis, sudah menjadi paket dengan pembelian hosting website. Dimana dalam cpnel termuat fitur-fitur pendukung website seperti pengelolaan email, database, domain, hingga backup datanya.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan cpnel gratis, baca ulasan ini hingga selesai agar Anda mendapatkan keseluruhan insight-nya!

Pengertian Hosting dan Fungsinya

Untuk membaca ulasan ini mungkin Anda sudah tahu pengertian hosting dan Cpnel. Walaupun tulisan ini akan kembali memaparkan pengertiannya kembali, supaya Anda kembali mengingatnya.

Hosting merupakan layanan online yang diperlukan dalam pengelolaan data situs atau aplikasi web, untuk kemudian ditampilkan melalui internet. File website beraneka ragamnya, misalnya gambar, script, video, aplikasi, email, database.

Ketika pengguna menggunakan data internet dan mengaksesnya, tentu pertama mereka akan mengetikkan nama domain di halaman mesin pencari (misalnya Google, Opera, Mozilla, dll). Cara kerja ini bisa diibaratkan dengan bangunan rumah. Dimana hosting menjadi tanah bangunan, sedangkan domain serta IP (Internet Protocol) menjadi alamat rumahnya.

Dari sini Anda tentu sudah memperkirakan, jika domain adalah identitas website yang sifatnya unik dan tidak mudah diduplikasi. Alhasil, website memiliki fungsi untuk menjaga dan menyimpan informasi data pemilik website.

Adapun fungsi hosting dalam pengembangan website antara lain (1) membuat halaman website, (2) mengembangkan situs jual beli online, (3) membuat email profesional, dan (4) melindungi website dengan SSL. Sedangkan untuk jenisnya ada cloud based hosting, dedicated hosting, shared hosting, VPS hosting, dan wordpress hosting.

7 Daftar Hosting Gratis Cpnel

Setelah Anda mengenali kembali pengertian hosting, berikut akan dijelaskan daftar hosting gratis cpnel, yang bisa Anda gunakan. Daftar hosting ini telah disediakan secara gratis, sehingga Anda tidak perlu membelinya secara terpisah dengan hosting.

1.    CyberPanel

 

Cpnel gratis pertama yang bisa Anda membeli layanan hosting adalah CyberPanel. Dimana CyberPanel merupakan control panel hosting yang didukung oleh server OpenLiteSpeed, yakni sebuah server tercepat di dunia sekarang ini. Dengan menggunakan control panel ini, website Anda sudah mendapat paket fitur yang ringan, dengan performa terbaik.

 

CyberPanel juga terintegrasi dengan sistem seperti PowerDNServer (memudahkan pengelolaan domain) dan Rainloop Webmail Bundled (memudahkan mengirim dan menerima email). Sedangkan, untuk sisi keamanan CyberPanel memiliki fitur pendukung seperti ModSecurity, FireWallD, dan SpamAssassin. Fitur ini akan membantu mengamankan website dari gangguan virus dan hacker.

 

Selain itu, CyberPanel juga memiliki fitur GIT Repos, agar developer dapat melakukan deploy aplikasi. Adapun fitur unggulan sebagai berikut (1) OS menggunakan Linux, (2) Database MariaDB, (3) Manajemen email menggunakan Rainloop WebMail Bundled, (4) sistem keamanan menggunakan SSL, ModSecurity, FirewallD, SpamAssassin, (5) bahasa pemrograman menggunakan Python PHP, (6) ada auto-installer seperti WordPress, Joomla, dan Prestashop.

 

2.    ISPConfig


Hosting dengan control panel gratis selanjutnya adalah ISPConfig. Dimana ISPConfig menjadi control panel gratis yang terbaik, dan banyak digunakan oleh pengembang website. Cara kerja Cpnel ini menggunakan web-based interface, sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan control panel.

 

Layanan ini didukung multi server, untuk dapat mengelola beberapa jumlah server dalam satu Cpanel. Contohnya, menggunakan server Apache dan NGINX yang umum digunakan pada layanan penyedia hosting saat membuat website.

 

Adapun fitur unggulan yang ada di ISPConfig seperti (1) sistem operasi menggunakan Linux Ubuntu, Debian, CentOS, Ofedora, OpenSUSE, (2) database menggunakan MariaDB  serta MySQL, (3) manajemen email menggunakan SMTP Postfix, POP3/IMAP, Dovecot, dan (4) bahasa pemrograman menggunakan PHP, Perl.

 

3.    Webuzo

 

Webuzo sebagai penyedia control panel gratis dengan hosting multi user, sehingga memudahkan Anda mengelola website dan server. Cpnel ini sebenarnya tersedia dengan dua layanan yakni berbayar dan gratis. Untuk versi gratisnya, Webuzo sudah memberikan kemudahan manajemen domain, database, FTP user, dan beberapa aplikasi siap pakai.

 

Hanya saja versi gratis memiliki batasan untuk aplikasinya. Sedangkan untuk versi berbayarnya, Anda sudah bisa mendapatkan beberapa aplikasi gratis, serta bisa diinstall lebih dari 200 aplikasi. Banyaknya fitur di Webuzo, tidak kemudian sulit untuk digunakan. Karena Webuzo cukup mudah digunakan dan proses install-nya sangat sederhana.

 

Adapun untuk fitur unggulan di webuzo seperti (1) OS menggunakan CentOS, Red Hat Enterprise Linux, Scientific Linux, Ubuntu LTS, (2) Web Server menggunakan Apache NGINX, (3) database menggunakan MySQL, (4) manajemen email menggunakan Exim dan Dovecot, (5) bahasa pemrograman menggunakan PHP.

 

4.    Webmin

 

Hosting gratis cpnel selanjutnya adalah Webmin. Dimana control panel ini memiliki kemampuan fleksibilitas pengelolaan server di berbagai sistem operasi (OS). Contoh OS yang digunakan seperti Linux, Unix, dan Windows. Selain itu, tampilan Webmin merupakan user interface yang cukup mudah digunakan. Sehingga pengguna dapat dimudahkan dalam mengelola website sekaligus server.

 

Kelebihan lainnya yakni Webmin terintegrasi dengan control panel Virtualmin. Dimana dengan ini Webmin dapat me-manage beberapa virtual host (VPS) dalam satu tampilan saja.

 

Adapun untuk fitur unggulannya seperti (1) OS menggunakan UNIX, LINUX, dan Windows, (2) database menggunakan MySQL, (3) manajemen email menggunakan Postfix dan Dovecot, (4) bahasa pemrograman menggunakan Perl, (5) dapat mengelola server dalam jumlah yang banyak dengan satu tampilan saja, (6) terintegrasi dengan virtualmin.

 

5.    ZPanel


ZPanel layak untuk Anda coba. Pasalnya, Zpanel merupakan web hosting yang menyediakan control panel serta menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk Windows. Selain itu sistem operasi yang mendukung ZPnel seperti Linux, Unix, dan macOs. Dengan memilih Cpnel ini Anda sudah disuguhkan fitur lengkap untuk mengelola website, database, server, dan email.

 

Zpanel juga didukung pengelolaan multiserver, sehingga pengguna mudah mengelola beberapa server sekaligus. Adapun untuk fitur unggulannya seperti, (1) OS menggunakan Linux, Unix, Windows, dan MacOS, (2) database menggunakan MySQL dan MariaDB, (3) manajemen email menggunakan Webmail, Mailboxes, Aliases, Forwarders, (4) bahasa pemrograman menggunakan PHP, (5) didukung multiserver.

 

6.    aaPanel

 

Cpnel gratis satu ini sangat mudah digunakan. Hal ini dikarenakan tampilan yang digunakan berbasis GUI (Graphical User interface), sehingga pengguna terbantu dalam memantau website serta server dalam bentuk grafik. Selain itu tampilan yang digunakan aaPanel termasuk user-friendly, sehingga lebih gampang dalam mengelola website hanya dengan satu klik.

 

Adapun fitur unggulan yang dimiliki aaPanel seperti (1) OS menggunakan Linux, (2) database menggunakan MySQL dan MongoDB, (3) manajemen email menggunakan email server dan email client blundled in, (4) tampilan berupa GUI, (5) bahasa pemrograman menggunakan PHP, Java, dan Python.

 

7.    Vesta Control Panel

 

Hosting Cpnel gratis ini dapat Anda gunakan, karena memiliki kelebihan utama yakni ringan dan cepat. Vesta Control Panel juga disertai dengan desain user interface cukup intuitif, sehingga bisa memanajemen website dan server secara bersamaan. Adapun cpnel ini juga dilengkapi Softaculous auto installer dengan jumlah alokasi sebanyak 439 yang siap di-install.

 

Adapun fitur unggulan seperti (1) OS menggunakan Linux, (2) database menggunakan MySQ dan PostgreSQL, (3) manajemen email menggunakan Dovecot email server dan RoundCube email client bundle, (4) bahasa pemrograman menggunakan PHP, Bash, dan C, (5) kemanan menggunakan SpamAssassin dan ClamAV antivirus.

 

Berikut menjadi penjelasan panjang tentang hosting dan fungsinya. Selain itu dalam tulisan ini Anda sudah mengenali daftar hosting gratis cpnel yang bisa Anda gunakan. Selain gratis, kualitas dari control panel ini akan membuat tampilan website Anda semakin menarik dan komplek.