Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Memilih Hosting untuk Aplikasi dengan Baik dan Benar

Tips memilih hosting untuk aplikasi yang baik adalah dengan mempertimbangkan pilihan hosting yang sesuai dengan bisnis Anda. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda mengerti bagaimana cara memilih hosting yang baik.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa panduan untuk Anda memilih dan memutuskan untuk membeli hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Memilih Hosting untuk Aplikasi

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih hosting terbaik untuk bisnis Anda. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa coba Anda gunakan untuk memilih hosting terbaik.

1.    Uptime Score / Server Reliability

Perlu Anda ketahui, bahwa hosting atau website Anda harus selalu on 24 jam selama seminggu penuh. Anda juga harus memiliki server yang bagus, yakni yang selalu up Anda running dengan koneksi internet yang baik dari server atau hosting Anda tersebut.

Nilai yang sangat direkomendasikan adalah 99.5% keatas, dibawah 99% sangat tidak direkomendasikan tentunya. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melihat rating dari web hosting Anda, salah satunya adalah dengan melihat review dan rating dari provider web hosting tersebut.

Selain itu, ada juga tool yang bisa Anda gunakan untuk memonitoring website Anda, untuk memastikan apakah akan selalu on atau tidak.

2.    Multi Add On Domain

Tips memilih hosting untuk aplikasi selanjutnya adalah dengan menggunakan multi add on domain. Perlu Anda ketahui, bahwa nama domain saat ini memang semakin banyak dan murah, sehingga tidak menutup kemungkinan Anda bisa memiliki lebih dari satu domain.

Bahkan, 80% responden mengatakan memiliki lebih dari 5 domain, dan sisanya memiliki lebih dari 50 domain. Oleh karena itu, usahakan Anda bisa memilih hosting yang bisa digunakan untuk multi domain.

Hal ini tentunya sangatlah penting untuk Anda perhatikan. Dimana memilih hosting yang baik bisa Anda gunakan untuk multi domain. Biasanya, web hosting rata-rata akan membatasi sampai 25 domain saja. Namun, ada juga yang memberikan unlimited add on domain.

3.    Harga

Pada umumnya, hosting di awal akan memberikan harga yang murah. Akan tetapi, Anda akan dikenakan harga yang mahal ketika hendak memperpanjang hosting Anda tersebut. Selain itu, ada juga beberapa hosting yang memberikan harga murah. Akan tetapi, hosting tersebut akan membatasi Anda pada bandwidth dan kapasitas penyimpanan datanya.

Tidak hanya itu, hal ini dikarenakan shared hostingnya agak lambat ketika diakses. Untuk itu. Pilihlah yang memang memiliki harga yang sesuai dengan layanan yang akan Anda dapatkan nantinya, seperti kapasitas penyimpanan, bandwidth, CPU, hingga kecepatan aksesnya. Sebagian lagi, ada yang akan membatasi pengeditan dari file-file tertentu.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih hosting adalah pricelist atau harga yang disediakan oleh pihak providernya. Dengan pricelist ini, maka Anda bisa melihat spesifikasi yang nantinya akan Anda dapatkan.

4.    Kapasitas Penyimpanan

Jika Anda memang membutuhkan kapasitas yang besar, maka akan jauh lebih baik jika Anda mempertimbangkan kapasitas penyimpanannya. Namun, jika memang website Anda tersebut hanya berisi profile, maka hal ini tidaklah penting.

Ada beberapa provider yang sudah menyediakan kapasitas penyimpanan unlimited dengan harga yang cukup terjangkau. Nah, sebelum Anda memilih kapasitas penyimpanan ini, maka sangat baik jika Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Pastikan bahwa Anda bisa membandingkan beberapa web hosting. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengetahui dengan pasti harga hosting pada umumnya. Anda juga bisa menanyakan kepada pemilik website lain perihal harga yang pas untuk website Anda tersebut dan penyedia layanan hosting manakah yang terbaik.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan jasa pembuatan website yang sudah termasuk dengan paket hosting untuk membuat sebuah website.

5.    Batasan Transfer Data atau Bandwidth


Dalam tips memilih hosting untuk aplikasi terbaik, maka hal penting yang harus Anda perhatikan adalah bandwidth dan batasan transfer datanya. Hal ini disebabkan karena keduanya akan mempengaruhi kecepatan akses dan jumlah data yang bisa diakses oleh para pengguna website Anda dalam satu bulan.

Jika memang website Anda tersebut memiliki banyak pengunjung, maka pastikan bahwa Anda sudah memilih provider hosting yang bisa memberikan bandwidth dan transfer data yang cukup besar. Sebab, ada kemungkinan beberapa provider sudah menyediakan layanan hosting yang unlimited.

Namun, memang biasanya provider ini akan memberikan best deal jika Anda memilih hosting dengan kapasitas penyimpanan yang cukup dengan harga yang murah.

Jika Anda memang memilih unlimited untuk semuanya, maka Anda harus mengeluarkan biaya yang lumayan banyak.

6.    Customer Support

Jika Anda merasa bingung ketika server Anda tiba-tiba mati, sementara Anda sedang berada jauh dari komputer. Maka, pihak web hostingnya merupakan orang yang paling tepat dan Anda butuhkan dalam kondisi seperti itu.

Menurut pengalaman dari banyak pengguna yang memanfaatkan beberapa provider hosting, maka hal tersebut sangatlah penting untuk diperhatikan. Ketika server Anda mati dan layanan tetap harus berjalan. Maka, Anda bisa meminta informasi kepada pihak customer support dari provider hosting mengenai kendala apa yang menyebabkan server tidak bisa diakses.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa customer support ini ada yang bisa memberikan respon cepat dan bisa menyelesaikan solusi dengan baik. Namun, ada juga yang sebaliknya. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu bahwa pihak customer support ini menyediakan layanan dan support yang baik dengan menyediakan pelayanan setiap hari selama 24 jam non stop.

Selain itu, pastikan juga bahwa customer support ini tidak hanya memberikan bantuan untuk hal-hal tertentu saja. Semakin banyak fitur bantuan yang diberikan, maka akan semakin baik juga pelayanan yang akan diberikan.

7.    Script Support

Tips memilih hosting untuk aplikasi yang terakhir adalah memastikan bahwa hosting provider yang Anda pilih sudah mendukung script support. Dimana script support ini dibutuhkan untuk menjalankan website atau sistem Anda.

Contohnya adalah ketika Anda ingin menginstall Wordpress, maka Anda pun akan membutuhkan MySQL dan PHP. Hal yang perlu Anda ketahui adalah ada hosting yang mendukung untuk menginstall package Wordpress, e-commerce, dan script lainnya.

Untuk itu, silahkan Anda jadi pembeli yang cerdas dalam memilih hosting. Selain itu, Anda juga harus bisa memanfaatkan jasa hosting untuk berkonsultasi mengenai kebutuhan teknik untuk sistem Anda tersebut.

Tidak hanya itu, jasa penyedia hosting ini juga akan membantu Anda dalam menjalankan tips memilih hosting untuk aplikasi yang baik dan benar. Jadi, tunggu apalagi? Segera pilih hosting terbaik untuk bisnis Anda dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan diatas.

Dengan tips yang sudah dijelaskan tersebut, maka Anda bisa mendapatkan hosting terbaik dan bisa menjalankan bisnis Anda dengan baik. Dimana kualitas website Anda akan jauh lebih baik dan berkembang.