Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara kerja Web Server dan Apa Saja Fungsinya

Untuk Anda yang berkecimpung di dunia bisnis berbasis online tentu harus memahami dan mengerti tentang dunia internet terutama Web Server. Dengan memahami bagaimana cara kerja web servermaka akan dapat membantu meningkatkan dan memaksimalkan secara penuh kualitas kinerja pada server sebuah web. Karena itu lah web server ini sangat penting dan tidak bisa dianggap remeh.

Karena web server ini pada dasarnya adalah sebuah perangkat lunak, kini sudah tersedia berbagai pilihan yang dapat Anda pilih. Mulai dari yang gratis (free) hingga yang berbayar, mulai dari yang rumit hingga yang dapat dijalankan di CD.

Beberapa di antara web server yang cukup sering dipakai diantaranya seperti Apache Web Server, Internet Information Services (IIS), Xitami, dan lain - lain.

Mengenal Bagaimana Cara Kerja Web Server dan Pengertiannya

Dari sekian banyak jumlah Cloud Hosting yang ada, apa saja kah Cloud Hosting Terbaik Di Indonesia yang dapat digunakan. Berikut adalah pembahasannya.

1.      Apa Itu Web Server

Apa itu server web? Jadi Server web atau yang pada bahasa inggris adalah web server merupakan sebuah perangkat lunak (software) pada server yang mempunyai kegunaan untuk menerima permintaan atau request berbentuk halaman web lewat protokol HTTP dan atau HTTPS.

request protocol HTTP ini dari klien biasanya lebih dikenal dengan istilah browser, yang mana setelah itu Kembali memberikan sebuah respon hasil request itu ke dalam bentuk halaman - halaman web yang biasanya ini berwujud dokumen HTML.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan kalau web server adalah pelayan (pemberi layanan) untuk web klien (browser) macam Internet Explorer, Chrome, Mozilla, Opera, Safari, dan berbagai browser lainnya agar browser bisa menampilkan halaman atau data lain yang pengguna butuhkan.

2.      Cara Kerja Web Server

Secara mudah, fungsi dari web server adalah sebagai media menerima request dari klien dan mengirimkan kembali berkas yang diminta oleh klien tersebut. Software dari web server ada di ada komputer server, dan pada komputer itu juga berbagai data website tersimpan dengan aman. Sama seperti pada komputer klien, komputer server juga perlu terkoneksi pada jaringan internet untuk agar bisa diakses oleh klien.

Ketika sang klein (browser) meminta data web page ke server, maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut akan terkumpul di dalam TCP yang merupakan protokol transport, kemudian dikirim ke address yang dalam hal ini adalah protokol selanjutnya yaitu HTTP serta HTTPS.

Data yang diminta dari browser ke web server dikenal dengan HTTP request yang selanjutnya akan dibacakan oleh web server pada komputer server. Apabila berhasil ditemukan, maka data tadi akan dibawa oleh web server ke dalam TCP dan Kembali dikirimkan pada browser untuk ditampilkan.

Setelah itu data yang dikirim lewat server ke browser akan disebut dengan HTTP response. bila data yang dibutuhkan oleh browser itu ternyata tidak ada di web server, maka web server akan menolak request itu dan pada browser akan terdapat tulisan Page Not Found atau Error 404.

walaupun proses atau cara kerja web server itu terlihat seperti cukup rumit, namun pada pengerjaanya proses itu berjalan dengan cukup cepat. Bahkan Anda tidak akan  menyadari kalau ketika Anda meminta suatu halaman web, ternyata hal tersebut memerlukan proses yang rumit dan panjang hingga halaman tersebut bisa Anda dapatkan di browser.

3.      Kegunaan Dari Web Server

Kegunaan utama dari cara kerja web serverseperti yang telah dijabarkan sebelumnya adalah untuk memproses beragam data yang dibutuhkan oleh web browser. Setelah itu web server akan memberikan hasil berbentuk foto, dokumen, video, atau berbagai bentuk file lainnya tergantung dari request pengguna.

tetapi selain kegunaan utama itu, terdapat beragama fungsi lain dari sebuah web server, diantaranya:

-          untuk wadah menyimpan data dengan berbagai bentuk macam JavaScript, CSS, HTML, gambar, dokumen, foto, video, dan lain - lain.

-          mengatur serta menjalankan berbagai aktivitas permintaan yang diterima agar bisa terbaca di halaman browser.

-          membersihkan sampah cache yang menumpuk di tempat penyimpanan

-          melakukan pengecekan pada security sistem yang berasal dari request HTTP dari kiriman seorang klien atau browser.

-          Menjaga security sistempengguna data di server.

4.      Berbagai Jenis Web Server

Hingga kini terdapat berbagai jenis web server yang dapat Anda gunakan. Tiap - tiap dari web server ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Baik dari cara penggunaan atau cara kerja web server itu sendiri. Berikut adalah jenis - jenis web server yang paling sering digunakan:

-          Apache

Apache adalah salah satu web server yang paling umum dipakai di internet. Pada mulanya Apache dibuat hanya sebagai pendukung dari sistem operasi UNIX. Cara kerja web server apache berasal dari dukungan PHP, SSL dan juga dari kontrol akses.

Apache diketahui sebagai web server yang dijamin aman serta nyaman dipakai karena mempunyai beragam keuntungan macam proses instalasi yang mudah saat masuk ke dalam freeware.

Tidak hanya itu, Apache juga mempunyai sistem konfigurasi serta pengaturan yang cukup mudah dan juga dapat bekerja pada beragam sistem operasi. Dengan cara kerja web server apache yang open source, akan menjadikan hasil komunikasi yang jadi sangat luas.

-          Nginx

NginX (dibaca Engine X) adalah jenis web server yang merupakan lawan ketat dari Apache. NginX mempunyai beragam kelebihan seperti kemampuan dalam menjalankan berbagai jenis request mulai dari data yang tinggi sampai traffic yang padat.

Cara kerja web server NginX didukung dengan fitur yang lengkap seperti reverse proxying, URL rewriting, access control, file serving, serta virtual host. Dengan begitu web server Nginx ini diketahui akan mampu memberikan performa sistem yang cukup baik.

-          Lighttpd

Lighttpd ini terkenal dikarenakan cara kerja web server yang open source dengan basis dari sistem Linux serta Unix.

apabila dilihat dari sisi keunggulannya, Lighttpd ini mempunyai fitur yang sangat lengkap dan selalu berkembang dengan fitur - fitur yang selalu beragam. diantara contoh fiturnya seperti Fast CGi, Output-Compression, FastCGi, serta URL Writing.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai Pengertian dan Cara kerja Web Server. Web Server ini cukup penting untuk Anda yang bergelut di dunia digital karena web server berfungsi untuk memproses beragam data yang dibutuhkan oleh web browser. Yang kemudian web server memberikan hasil berbentuk foto, dokumen, video, atau berbagai bentuk file lainnya tergantung dari request pengguna.