Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Ini 5+ Cara Mengecek IP Hosting Website Mudah!

IP hosting merupakan sebuah informasi penting yang bisa Anda gunakan untuk melakukan beberapa hal terkait hosting. Bagi Anda yang masih bingung cara mengecek IP Hosting website mudah, Anda bisa mengikuti ulasan ini hingga selesai.

Apa itu IP Hosting Website? Kenapa Harus Cek IP Hosting?
​semua perangkat dan Website tentulah memiliki yang namanya IP Address, begitupun dengan hostinger.

IP Hosting sendiri merupakan barisan deret angka yang digunakan sebagai identitas yang unik dari hosting website.

IP hosting memiliki fungsi agar website dapat dikenali dan diakses dengan mudah melalui jaringan internet.

IP hosting memang tidak akan terlihat secara langsung ketika Anda mengakses suatu website, sebab IP telah diwakilkan oleh nama domain untuk mudah diingat oleh pengakses. Sebab, bentuk dasar IP ini sangat sulit untuk diingat.

Tak hanya itu, IP Hosting ini sangat berguna untuk bagi semua website yakni membantu browser mencari informasi penting di website. Dengan ini bisa Anda manfaatkan untuk memastikan asal muasal jaringan gagal terkoneksi dan memblokir website. Sehingga pada akhirnya Anda bisa mengamankan komputer Anda.

Lalu apa pentingnya mengecek IP? Tentu saja dengan mengecek IP, Anda bisa mengetahui alamat IP Website sehingga Anda bisa mengakses situs web yang diblokir ataupun melakukan segala pengaturan alih pemblokiran web hingga menemukan letak geografis server website.

Selain itu dengan mengetahui alamat IP Anda bisa melakukan beberapa hal yang terbilang penting semisalnya melakukan sinkronisasi hosting ke CloudFlare, mengetahui arah domain dan sebagainya.

Lalu, Bagaimana cara mengecek IP hosting website mudah? Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan dengan lebih mudah dalam melakukan cek IP di antaranya akan dijelaskan di bawah ini.

Inilah 5+ Cara Mengecek IP Hosting Website Mudah

Setidaknya terdapat 5 cara yang bisa Anda lakukan dalam melakukan cek IP Hosting website. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini

1.    Menggunakan Email Informasi Hosting

​ Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengecek IP Hosting website yang mudah dan cepat, Anda bisa melakukannya melalui email informasi akun hosting.

Pihak penyedia hosting tentunya akan mengirimkan email yang berisikan informasi mendetail tentang akun hosting Anda saat Anda membeli atau menyewa layanan hosting.

Dengan email yang dikirimkan inilah Anda bisa mengecek IP pada bagian informasi akun. Dalam menemukan IP Address hosting dari website yang Anda kembangkan Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1

Langkah pertama, tentunya Anda harus melakukan login email terlebih dahulu ke email yang aktif dan yang Anda gunakan saat membeli layanan hosting saat dulu.

Langkah 2

Setelah Anda berhasil masuk ke email, coba lakukan pencarian di kolom pencarian berkaitan dengan layanan hosting yang pernah Anda beli saat itu.

Langkah 3

Jika Anda berhasil melakukan pencarian maka email tersebut bisa Anda temukan. Silakan buka email yang dikirimkan oleh pihak layanan hosting untuk menemukan IP Hosting. Pada pesan email itu Anda tidak hanya menemukan data terkait IP saja melainkan segala jenis informasi akun hosting Anda.

Dengan tiga langkah saja, Anda sudah bisa menemukan alamat IP hosting website Anda, mudah dan sangat praktis bukan?

Jika pesan email tersebut tidak Anda temukan karena mungkin telah dihapus atau hilang, Anda masih bisa melakukan cara cek IP hosting dengan cara lain.

2.    Mengecek IP Menggunakan CMD

Selain dengan menggunakan email, Anda bisa mengecek IP hosting dengan sistem operasi yang bernama CMD atau disebut dengan Command Prompt.

Dalam melakukan cek IP Hosting CMD terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan di antaranya sebagai berikut.

Langkah 1

Anda harus membuka sistem CMD terlebih dahulu untuk melihat IP Anda. namun, harus diingat setiap sistem operasi perangkat memiliki cara yang berbeda untuk membuka CMD. Berikut cara membuka CMD.

Windows

Untuk sistem windows Anda bisa menekan tombol Windows + R secara bersamaan, lalu jika jendela terbuka ketikan CMD dan enter atau lebih mudahnya Anda bisa melakukan pencarian saja dengan mengetikan Command Prompt.

Linux

Untuk sistem operasi perangkat Linux Anda bisa menekan tombol Ctrl+Alt+T dengan secara bersamaan , maka nantinya jendela terminal akan terbuka secara otomatis..

Mac

Sedangkan pada perangkat Mac Anda bisa menekan tombol Command + Space bar pada keyboard dengan secara bersamaan dan ketik Terminal untuk membuka jendela CMD.

Langkah 2

Setelah jendela Command Prompt atau CMD berhasil Anda buka, Anda bisa menjalankan perintah ping yang diikuti dengan nama website. Misalnya, domain website Anda ialah domanda.com maka Anda bisa menjalankannya dengan ping domanda.com lalu enter.

Dengan begitu Anda bisa melihat IP hosting website yang Anda cari beserta informasi hosting lainnya.

Hanya dengan 2 langkah saja Anda bisa menemukan IP hosting website Anda, praktis bukan?

3.    Melihat IP Hosting Melalui cPanel

Selain dengan CMD, Anda bisa menggunakan cPanel untuk mengecek IP Hosting. Untuk mengaksesnya, Anda harus melakukan login ke CPanel dengan mengakses alamat https://domainanda/cpanel dan username dan password cPanel.

Setelah berhasil terbuka, pada menu pengaturan hosting Anda bisa langsung mengklik opsi All Features untuk membuka dashboard cPanel di tab terbaru.

Saat cPanel terbuka, Anda bisa langsung melihat IP hosting website Anda pada bagian card General Information yang terletak di sebelah kanan halaman cPanel.

Sedangkan IP hostingnya bisa Anda temukan di kolom label Shared IP Address. Bagi Anda yang ingin melihat informasi hosting secara detail mulai dari server name, versi PHP, ataupun sejenis sistem operasinya, Anda bisa mengklik Server Information

Cara ini sangat mudah untuk Anda lakukan bukan?

4.    ​Cek IP Hosting via Website check-host.net

Cara lainnya untuk mengecek IP hosting website, Anda bisa mengakses website check-host.net. Caranya pun cukup mudah Anda bisa langsung mengakses situs check-host.net, setelah terbuka Anda bisa langsung memasukan domain website yang akan Anda cek IPnya lalu klik ping.

Anda bisa menunggunya untuk beberapa saat hingga informasi mengenai server hosting Anda muncul, di sana Anda bisa menemukan IP hosting Anda.

5.    ​Website Small SEO Tools

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengecek IP hosting yakni melalui website small SEO Tools. Anda bisa mengeceknya secara gratis. Caranya sebagai berikut.

        Langsung saja kunjungi website Small SEO Tools, lalu scroll dan temukan menu domains Tool dan klik Domain IP Lookup.

        Silakan masukan nama atau alamat domain websitenya dan klik Domain IP Lookup, Anda bisa menunggu beberapa saat hingga menampilkan informasi terkait IP hosting yang Anda butuhkan.

Hanya dengan dua langkah saja Anda bisa menemukan alamat IP hosting Anda.

Sekian cara mengecek IP hosting website mudah yang bisa Anda gunakan. Dari kelima cara di atas, Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan keinginan Anda!