Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Dedicated Hosting Server hingga Kelebihannya

Cara kerja dedicated hosting server ini sama seperti ketika Anda membangun situs web dari awal, dimana Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan server Anda. Anda hanya perlu untuk menambah elemen yang bisa meningkatkan fungsionalitas dan kinerja dari situs Anda tersebut.

Untuk lebih memahami apa itu dedicated server dan cara kerjanya, silahkan Anda simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Dedicated Hosting?

Secara sederhana, dedicated hosting ini merupakan waktu ketika Anda memiliki seluruh server untuk Anda sendiri. Ketika Anda membandingkan IP khusus dan hosting bersama, maka ada banyak sekali perbedaan yang harus Anda perhatikan.

Dengan adanya hosting bersama ini, maka Anda akan berbagi sumber daya server dengan ratusan bahkan mungkin hingga ribuan situs website lainnya. Dengan adanya shared hosting ini, maka server akan dibagi antara beberapa pengguna dan akun yang berbeda.

Dimana setiap penggunanya akan diberikan sejumlah bandwidth, fitur hosting lain, dan penyimpanan. Sementara untuk cara kerja dedicated hosting server sendiri memiliki seluruh server untuk melakukan apapun yang Anda inginkan.

Jadi, Anda tidak hanya akan mendapatkan akses ke tingkat yang lebih tinggi dari sumber daya servernya saja, melainkan juga bisa mengoptimalkan server tersebut untuk persyaratan unik atas situs website Anda.

Fungsi dari dedicated hosting mirip dengan gaya hosting lainnya. Dimana Anda tetap akan membayar biaya bulanan untuk akses ke server. Bentuk dari paket hosting ini memiliki kekuatan yang lebih terkonsentrasi dan bisa membantu Anda dalam mengatasi batasan dari gaya hosting lainnya.

Meskipun memang ada beberapa paket dedicated hosting server murah yang sudah tersedia, namun sebagian besar bisa sangat mahal. Hal inilah yang menyebabkan Anda harus melihat dan melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih.

Dalam dunia hosting, terkenal beberapa layanan utama, seperti shared hosting, VPS hosting, dan dedicated server hosting. Dimana dedicated hosting ini merupakan salah satu tipe hosting yang bisa memberikan penyewaan satu server secara utuh, tanpa dibagi dengan user lainnya.

Dengan kata lain, dedicated server ini memiliki skala penuh, kepada hanya satu akun penyewa saja.

Dengan begitu, maka hanya akan ada satu user saja yang bisa menempati sekaligus menggunakan server tersebut. Inti dari cara kerja dedicated hosting server adalah ketika Anda memutuskan untuk membeli atau menyewa layanan hosting tersebut, maka Anda bisa mendapatkan akses penuh terhadap sebuah server.

Dimana Anda akan berkuasa sepenuhnya terhadap pengelolaan server, termasuk dengan pemilihan sekaligus instalasi sistem operasi, jenis hardware, termasuk juga menginstal software aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menunjang kegiatan server Anda sendiri.

Selain itu, Anda juga tidak direpotkan dengan instalasi sekaligus penyediaan hardwarenya, karena sudah ada support untuk instalasi software. Kelebihan dari server ini adalah bisa memberikan hak penuh terhadap suatu server, dan sangat aman ketika digunakan.

Apabila nantinya terjadi kerusakan pada server, maka Anda tidak perlu lagi bertanggung jawab terhadap kerusakan yang terjadi. Selain itu, Anda juga akan disediakan remote untuk mengontrol server milik Anda sendiri. Jadi, Anda tidak perlu lagi melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung.

Cara Kerja Dedicated Hosting Server

Dedicated hosting merupakan bentuk hosting yang sangat kuat untuk memberikan para pengguna kendali penuh atas hardware dan software server. Pada dasarnya, Anda juga akan diberikan server yang masih kosong.

Seperti halnya ketika Anda membangun situs website Anda dari awal, maka cara kerja dedicated hosting server pun bisa melakukan hal yang sama dengan server Anda tersebut. Hanya dengan menambahkan elemen yang meningkatkan fungsionalitas dari kinerja situs Anda.

Kelebihan Dedicated Hosting


Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari dedicated hosting. Akan tetapi, perlu Anda ingat bahwa manfaatnya relatif terhadap kasus penggunaan dan kebutuhan orang atau bisnis yang menggunakan layanan tersebut.

Berikut ini ada beberapa manfaat dedicated hosting yang perlu Anda ketahui.

1.    Penerapan Sesuai dengan Permintaan

Dedicated server ini bisa diterapkan dalam banyak kasus. Jika lalu lintas yang menuju ke situs web Anda meningkat secara drastis, maka Anda bisa dengan cepat menerapkan server khusus tambahan melalui portal layanan mandiri atau dengan cara mengirimkan permintaan ke penyedia hosting servernya

 Proses penerapan ini akan sesuai dengan permintaan untuk mengurangi gesekan antara kebutuhan pelanggan dengan pemenuhan kebutuhan tersebut.

 2.    Single Tenancy

Hal ini berarti bahwa server khusus hanya bisa digunakan oleh satu pelanggan saja yang memiliki akses penuh ke semua sumber daya pada hardware. Nah, cara ini merupakan pilihan yang bagus untuk aplikasi intensif input atau output tinggi yang bisa menuntut kinerja tinggi secara konsisten.

 3.    Kinerja Konsisten

Setelah Anda mengetahui cara kerja dedicated hosting server, maka kinerja konsisten ini merupakan salah satu manfaatnya. Dikarenakan memang sifat penyewa tunggal dari dedicated hosting dan akses langsung ke sumber daya hardwarenya, maka aplikasi bisa mengandalkan kinerja yang tinggi dan pengalaman yang cukup konsisten.

Selain itu, masih ada potensi hambatan untuk dipertimbangkan lagi. Meskipun demikian, hal ini akan langsung masuk ke dalam kendali Anda, karena Anda memiliki akses langsung ke semua sumber daya hardware yang ada.

4.    Keamanan dan Privacy

Hosting jenis ini mampu memberikan pelayanan yang optimal terkait dengan tingkat keamanan pada sistemnya. Untuk shared hosting sendiri bisa memberikan perusahaan sekaligus webmaster akses ke seluruh sumber daya yang dimiliki oleh server.

Hal ini tentunya bisa menimbulkan ancaman keamanan yang cukup signifikan untuk jenis bisnis yang menyimpan banyak data sensitif. Demi mengantisipasi masalah tersebut, maka dedicated server ini pun beroperasi dalam hubungannya dengan patch keamanan, sekaligus bisa memberikan update reguler untuk melindungi filenya.

Hal ini tentu saja akan meminimalkan kemungkinan pelanggaran pada sistem keamanannya. Selain itu, persyaratan keamanan yang diminta oleh badan pemerintah pun terus bertambah.

Bisnis Anda tentunya harus bisa menyediakan potensi pembaharuan yang bisa menyelesaikan kewajiban persyaratan untuk server. Tujuannya adalah untuk memiliki akses keamanan yang ketat.

5.    Kustomisasi

dedicated hosting ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini tentunya akan sangat memungkinkan Anda untuk memilih berapa banyak penyimpanan yang Anda butuhkan. Sebagian besar penyedia dedicated hosting ini akan mengiklankan opsi standar.

Akan tetapi, kemudian hal ini bisa memberikan Anda opsi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari beban kerja atas aplikasi Anda tersebut. Jika memang Anda perlu untuk meningkatkan atau menurunkan versi setelah penyiapan awalnya, maka Anda juga memiliki opsi untuk melakukan kustomisasi.

Fleksibilitas dalam penyesuaian ini akan memungkinkan Anda untuk mengontrol perubahan persyaratan kinerja atas aplikasi dari waktu ke waktu.

Selain itu, masih ada banyak sekali manfaat dari penggunaan cara kerja dedicated hosting server ini. Mulai dari pemilihan alamat IP dedicated, manfaat SEO, hingga fleksibilitas sekaligus meningkatkan kontrol atas sebuah web.