Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengecek Hosting Down, Terbukti Akurat!

Peranan hosting dalam website sangatlah penting. Dengan adanya hosting, website dapat menjadi lebih baik, baik dari segi pengelolaan hingga kontennya. Namun begitu, pada saat menggunakan hosting, terkadang juga ditemui kendala, seperti hosting down sehingga membuat website juga turut down. Tentunya permasalahan tersebut sangat mengganggu kelangsungan bisnis Anda, Oleh karena itu, apabila Anda seorang pengembang website, makan lebih baik untuk mengetahui cara mengecek hosting down.

Dengan mengetahui cara yang bisa mengetahui hosting down, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk memperbaiki permasalahan yang ada. Untuk mengetahui berbagai cara untuk dapat mengecek hosting down, berikut adalah informasi akurat dan ampuh yang wajib dicoba!

Cara Mengecek Hosting Down

Agar dapat mengecek hosting down, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang adalah dengan mengeceknya di suatu situs. Melakukan pengecekan kondisi hosting di beberapa situs pengecekan tergolong mudah dilakukan. Berikut ini adalah beberapa situs yang ampuh mengecek kondisi hosting.

Google PageSpeed Insights

Situs pertama yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi hosting ataupun website adalah Google PageSpeed Insights. Seperti namanya, situs ini disediakan oleh Google. Oleh karena itu, situs ini dapat digunakan secara bebas oleh pengguna internet.

Fungsi utama dari Google PageSpeed Insights adalah untuk mengetahui serta menganalisis kondisi suatu situs. Pengguna nantinya bisa mendapatkan hasil analisis serta berbagai saran yang dapat meningkatkan performa situs.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika ingin mengecek hosting, yaitu mengunjungi situs https://pagespeed.web.dev/. Setelah itu, tempelkan alamat URL dari website yang ingin Anda cek, lalu klik opsi analisis.

Downforeveryoneorjustme.com

Situs kedua yang bisa digunakan sebagai cara mengecek hosting down adalah Downforeveryoneorjustme.com. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh situs ini adalah kemudahan penggunaannya. Kemudahan penggunaan ini disebabkan karena tampilan situsnya sederhana dan tentunya mudah dimengerti.

Untuk melakukan pengecekan hosting dengan di situs ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situsnya terlebih dahulu di alamat . Setelah itu tempel URL website yang ingin Anda cek kondisinya ke kolom pencarian yang tersedia. Lalu, klik “or just me” dan tunggu beberapa saat hingga hasil pengecekan muncul di layar.

GTmetrix

Pengecekan hosting down juga dapat dilakukan dengan menggunakan GTmetrix. GTmetrix pada dasarnya adalah situs yang memiliki kemiripan dengan Google PageSpeed Insights.

Hal ini karena situs dari tools GTmetrix tidak hanya digunakan untuk mengecek kondisi suatu website, melainkan juga mampu untuk menganalisis performa website secara lebih mendalam.

Cara untuk melakukan pengecekan melalui GTmetrix yaitu tidak berbeda jauh dengan situs pengecekan lainnya. Anda hanya perlu memasukkan alamat URL dari website yang ingin dicek, lalu klik “Go”.

Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga GTmetrix selesai melakukan analisa error mengenai website tersebut.

IsitDownRightNow

Selain ketiga situs yang telah disebutkan di atas, situs lainnya yang dapat mengecek kondisi hosting adalah IsitDownRightNow. Bagi para pengembang website, situs IsitDownRightNow dipercaya sebagai salah satu situs terbaik yang digunakan untuk memantau kondisi dari suatu website.

Selain dapat melakukan pengecekan apakah suatu website dengan down atau tidak, IsitDownRightNow juga bisa melakukan analisis terhadap permasalahan yang ada di suatu situs.

Untuk dapat menggunakan IsitDownRightNow, Anda hanya perlu memasukkan alamat URL dari website yang ingin dicek. Setelah itu, klik “Check” untuk memulai melanjutkan analisa kondisi website. Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman pemberitahuan.

Apabila website dalam kondisi down, maka situs pengecekan ini akan menampilkan beberapa informasi terkait cara penanganannya. Dengan begitu, website Anda bisa menjadi lekas pulih.

DownNotifier

Cara mengecek hosting down juga dapat dilakukan dengan menggunakan DownNotifier. Salah satu hal yang menarik dari situs DownNotifier ini adalah Anda dapat melakukan pengecekan terhadap kondisi hosting Anda setiap 10 menit secara gratis.

Tetapi, apabila Anda menggunakan versi berbayarnya, maka pengecekan dapat dilakukan setiap 6 detik.

Dengan adanya pengecekan secara teratur tersebut, tentunya dapat membantu Anda untuk menangani permasalahannya secara cepat dan akurat. Selain itu, Anda pastinya menjadi tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pengecekan berulang kali secara manual.

Untuk melakukan pengecekan dengan DownNotifier, yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan email beserta nama domain website.

Isitdown.us

Situs lainnya yang cukup banyak digunakan untuk mengecek apakah suatu hosting dalam kondisi down atau tidak adalah Isitdown.us. Untuk melakukan pengecekan dengan menggunakan situs ini, Anda hanya perlu memasukkan nama domain yang ingin dilakukan pengecekan.

Setelah itu, klik menu “Is It Down?” untuk melanjutkan pengecekan. Tunggu beberapa saat hingga hasil pengecekan ditampilkan di layar.

Host-tracker.com

Cara mengecek hosting down lainnya yang bisa dilakukan adalah host-tracker.com. Keunggulan dari situs pengecekan ini adalah adanya banyak fitur yang lengkap.

Dengan adanya berbagai fitur lengkap tersebut, tentu semakin memudahkan Anda melakukan pengecekan serta analisis terhadap kondisi hosting yang dimiliki.

Agar dapat melakukan pengecekan dengan menggunakan host-tracker.com., yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situsnya di https://www.host-tracker.com/.

Setelah itu, masukkan alamat email serta nama domain website yang ingin dicek. Setelah itu, klik “Start Monitoring” untuk memulai pengecekan kondisi hosting. Tunggu beberapa saat hingga hasil pengecekan ditampilkan di layar.

Uptrends

Situs pengecekan hosting lainnya yang juga bisa menjadi pilihan terbaik adalah Uptrends. Situs ini biasanya digunakan oleh para webmaster yang difungsikan untuk mengecek kondisi hosting berdasarkan lokasi.

Untuk melakukan pengecekan menggunakan Uptrends, Anda harus membuka situsnya terlebih dahulu di https://www.uptrends.com/tools/uptime, kemudian masukkan URL website yang ingin dicek. Setelah itu, pilihlah “from all checkpoints” dan lanjutkan dengan klik “Start Test” untuk memulai pengecekan. Tunggu beberapa saat hingga situs menampilkan informasi terkait kondisi hosting.

Websiteplanet.com

Selain berbagai situs pengecek hosting di atas, cara mengecek hosting down lainnya yang bisa digunakan adalah websiteplanet.com. Salah satu keunggulan dari situs pengecek ini yaitu adanya berbagai fitur yang lengkap, misalnya saja webmaster tools dan operational tools.

Apabila Anda ingin mengecek kondisi hosting website melalui Websiteplanet.com, Anda harus membuka situsnya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat masuk ke menu Perforance Tools lalu pilih Website Down or No.

Apabila telah berada di halaman pengecekan website, maka selanjutnya adalah alamat URL dari domain yang ingin dicek. Untuk memulai pengecekan, silakan klik “Check”.

Demikian informasi tentang cara mengecek hosting down yang terbukti akurat. Dengan melakukan pengecekan melalui situs-situs di atas, Anda menjadi tahu permasalahan apa yang sedang terjadi pada hosting Anda. Apabila telah mengetahui kondisi permasalahan yang terjadi, kini Anda dapat berfokus untuk menemukan solusi penanganannya.