Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Control Panel Hosting: Tools Pengelola Situs Web dan Server

Berbicara mengenai suatu website, keahlian yang mahir dari para developer website merupakan kunci di balik kemudahan penggunaan website tersebut. Pengaturan aktivitas domain, website, dan web hosting adalah beberapa komponen yang wajib untuk dimengerti oleh pengembang website. Control panel hosting adalah perangkat yang bisa membantu memenuhi kebutuhan website tersebut.

Dengan control panel hosting, Anda sebagai developer pada website tidak perlu lagi untuk mempelajari lebih dalam mengenai server yang dibutuhkan untuk mengelola hosting. Bagaimana ini bisa terjadi? Simak penjelasannya!

Mengenal Control Panel Hosting   

Control panel hosting adalah suatu tools yang difungsikan untuk mengelola dan mengatur kebutuhan website di bagian administrative hosting. Seorang developer website yang menggunakan control panel hosting akan mampu mengoperasikan dan mengatur kebutuhan domain, file, email, maupun database sekalipun.

Penggunaan control panel hosting memberikan kemudahan bagi developer dalam mengelola aktivitas hosting dikarenakan semua fitur ditampilkan pada satu halaman. Pada dashboard control panel hosting juga terdapat indikator sumber daya hosting yang memberikan informasi mengenai kapasitas Disk Space dan RAM yang terpakai pada hosting website Anda.

Hosting menggunakan control panel memberikan jalan singkat untuk mengoperasikan website. Solusi tersebut mengatasi kegiatan hosting tanpa control panel yang seharusnya mengetikkan suatu perintah khusus terlebih dahulu agar kegiatan hosting berjalan.

Fungsi Control Panel Hosting

Secara umum fungsi dari control panel hosting telah dijelaskan sebelumnya yaitu untuk mengelola suatu aktivitas website. Secara detail, fungsi dari control panel hosting adalah sebagai berikut:

1.     Pengaturan Domain dan Subdomain

Aktivitas pengaturan domain dan subdomain yang dapat dilakukan menggunakan control panel hosting meliputi registrasi dan transfer nama domain. Domain dan subdomain adalah alamat website yang bersifat khusus, contohnya adalah pintarhosting.co.id atau school.pintarhosting.co.id.

Pengelolaan domain dilakukan dengan tujuan untuk mengarahkan domain ke website. Aktivitas hosting untuk mengatur domain dapat dilakukan karena hosting memberikan pilihan pengaturan penambahan domain, membuat subdomain, mengelola DNS, pengaturan domain redirect, serta menghapus domain.

Pemindahan hosting dapat dilakukan menggunakan tools yang dimiliki oleh control panel hosting. Sedangkan kegiatan transfer nama doin terjadi ketika pelayanan yang kurang baik dari proses registrasi lama sehingga lebih baik dilakukan pemindahan/transfer serta penggabungan domain.

2.   Install Aplikasi

Pengelolaan website oleh para developer akan lebih mudah ketika developer menginstall aplikasi khusus untuk kegiatan tersebut. Melalui penggunaan control panel, instalasi aplikasi untuk kegiatan hosting akan lebih mudah dilakukan.

Umumnya aplikasi yang diinstall untuk kegiatan hosting melalui control panel adalah CMS (Content  Management System). Aplikasi CMS ini sangat mempermudah pembuatan website tanpa perlu membuat script coding terlebih dahulu melainkan hanya perlu install aplikasi tersebut. 

3.     Kelola Email Address

Suatu bisnis ataupun instansi yang terpandang sangat valid di kalangan masyarakat atau pasar sasarannya dapat dilihat melalui domain email yang dimiliki.

Bisnis atau instansi tersebut tidak menggunakan free email seperti @yahoo.com atau @google.com namun mengganti nama domain tersebut dengan bisnis atau instansinya, contohnya @pintarhosting.com. Pembuatan domain email tersebut dapat dilakukan di control panel hosting.

Tak hanya berhenti di pembuatan email, developer atau pemilik juga dapat memantau status pengiriman dan penerimaan email. Sehingga Anda dapat mengecek nama penerima email serta sudah terkirim atau belum email tersebut.

4.     Aktivitas Back-up Data

Back-up data yang sering dilakukan menggunakan control panel hosting adalah data-data yang mendukung suatu website. Data tersebut diantaranya adalah file, email, database, dan DNS domain.

Proses back-up dapat dilakukan secara manual dan otomatis. Back-up manual dilakukan dengan cara mendownload data atau memulihkannya secara langsung melalui control panel. Sedangkan back-up data otomatis umumnya dilakukan secara mingguan atau sesuai waktu yang diinginkan.

5.     Pengelolaan Database

Database dalam control panel hosting digunakan sebagai pusat informasi berupa username, password, post, page, bahkan comment. Pengelolaan database dalam control panel difungsikan untuk memusatkan dan menyimpan data secara lebih aman.

Penggunaan control panel untuk akses informasi database sangat menguntungkan karena akan lebih dikelola dan dijangkau. Terlebih pada sebuah bisnis yang memusatkan kegiatannya pada kegiatan online.

Manfaat Control Panel Hosting

Fungsi dari penggunaan control panel hosting yang sangat beragam tersebut berkesinambungan dengan manfaat control panel yang diberikan. Beberapa manfaat tersebut diantaranya adalah:

1.     Mudah dioperasikan

Tampilan control panel yang jelas dan teratur membuat control panel hosting mudah dioperasikan. Hal tersebut karena adanya ikon yang berbeda pada masing-masing fitur, sehingga antara fitur files dengan database akan lebih mudah dibedakan.

Terdapatnya dialog pencarian pada control panel hosting di bagian atas kanan mempermudah  Anda untuk mencari fitur hosting yang diinginkan dengan lebih cepat. Sehingga pengguna dan developer lebih efisien waktu.

2.     Pengelolaan Fitur Hosting Terpusat

Terpusatnya fitur hosting pada control panel menjadikan beberapa fitur seperti pengelolaan domain, email, file, dan database dapat ditemukan dalam satu halaman. Dengan sistem terpusat tersebut membuat developer lebih mudah untuk mengelola suatu website.

Terdapatnya fitur informasi seperti indikator sumberdaya, IP Hosting, dan komponen penting lainnya juga menjadi nilai tambah dari penggunaan control panel hosting.  

3.     Kepraktisan Install Aplikasi

Aplikasi khusus untuk manajemen konten yang sering digunakan developer banyak diinstal melalui control panel hosting. Hal ini karena penginstalan aplikasi tersebut lebih mudah dilakukan, hanya satu kali klik dan konfigurasi sederhana dapat dilakukan.

Konfigurasi yang dilakukan pada aplikasi yang diinstal melalui control panel hosting hanya membutuhkan username dan password. Berbeda dengan instalasi aplikasi developer tanpa control panel yang membutuhkan proses yang lebih lama karena harus mendownload file terlebih dahulu kemudian membuat database manual barulah file dapat dipindahkan ke dalam hosting aplikasi.

4.     Fitur Variatif

Fitur variatif yang tersedia di dalam control panel hosting memudahkan dalam pengelolaan banyak website. Dengan fitur tersebut developer akan lebih mudah melakukan kegiatan pengecekan file, database, email, dan sebagainya yang berhubungan dengan pengoperasian website dan hosting.

Tanpa adanya control panel hosting, Anda sebagai developer sangat berkemungkinan untuk menemui banyak kesulitan.

Hal tersebut karena aktivitas hosting seperti manajemen domain, file, database dilakukan tanpa adanya tampilan dari control panel hosting. Developer harus menggunakan terminal interface yang berisi perintah atau script untuk menjalankan hosting.

Ditambah lagi ketika developer tidak menggunakan control panel hosting maka penginstalan komponen tambahan seperti web server, sistem manajemen database, dan aplikasi email wajib dilakukan terlebih dahulu.

Control panel hosting adalah solusi yang tepat bagi pengelolaan website dan server.