Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Hosting yang Paling Sering Digunakan

Di zaman yang serba teknologi ini banyak membuat masyarakat beralih menuju digital menyebabkan semakin maraknya website-website, sebelum membuat sebuah website tentu harus mengerti terlebih dahulu tentang hosting, karena hosting merupakan salah satu elemen penting dalam pembuatan website. bagi anda yang telah terjun ke dunia website tentu tidak asing dengan jenis-jenis hosting yang ada. Namun jika anda belum familiar dengan hosting simak ulasan berikut ya!

Hosting merupakan sebuah layanan penyewaan server untuk menyimpan data dari sebuah situs supaya data situs tersebut dapat ditampilkan kepada pengguna internet yang sedang mengaksesnya.

Data yang tersimpan dalam hosting bisa berupa gambar, script, video, email, database dan aplikasi. Sebagai elemen penting dalam sebuah website anda harus memperhatikan hosting yang digunakan.

Kegunaan Hosting

Ketika seseorang ingin mengakses suatu website maka jaringan akan mengirimkan permintaan untuk mengakses kepada server hosting, setelah itu server akan mengirimkan informasi berupa file yang diminta untuk diakses. Itulah gambaran dari cara kerja sebuah hosting.

Sebelum membahas jenis-jenis hostingyang sering digunakan, anda harus mengetahui terlebih dahulu kegunaan dari hosting, agar anda dapat memilih jenis hosting berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan website anda.

1.    Menyimpan Dan Mengamankan Data Website

Fungsi utama dari sebuah hosting tentu saja menyimpan dan mengamankan data sebuah website. dari server hosting tersebutlah data-data website dapat diakses oleh para pengguna internet.

2.    Meningkatkan Performa Website

Salah satu kegunaan hosting selain untuk menyimpan data adalah meningkatkan performa website. dengan menggunakan hosting yang berkualitas menghindari website anda dari gangguan sinyal lemot dan tidak stabil, hal ini tentu saja akan meningkatkan performa dari website anda.

3.    Membuat Tampilan Website User Friendly

Hampir kebanyakan pengguna internet lebih menyukai tampilan website yang terlihat user friendly, selain mudah untuk diakses website yang memiliki tampilan user friendly lebih mudah untuk dipahami bagi pemula.

Tentu saja ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan sebagai pemilik website karena dapat meningkatkan ketertarikan dari pengguna internet.

Jenis-Jenis Hosting Yang Sering Digunakan

Setelah anda mengetahui fungsi dan cara kerja hosting kini anda harus mengetahui jenis-jenis hosting yang sering digunakan dan berkualitas.

 

1.    Shared Hosting

Jenis hosting yang sering digunakan salah satunya adalah shared hosting. Server hosting yang satu ini dapat digunakan secara bersama-sama oleh beberapa pengguna. Hosting ini cocok bagi anda yang baru mulai menggunakan website.

keunggulan dari hosting ini salah satunya kemudahan dalam mengakses bagi pengguna, selain itu anda tidak perlu khawatir atau merasa bingung cara menggunakan hosting ini karena pengelolaan dan konfigurasi masih ditanggung oleh penyedia sehingga apabila terjadi kendala pihak penyedia yang akan menanganinya.

Tidak hanya kemudahan dalam mengakses, hosting ini banyak digemari oleh pemula karena biayanya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan hosting lainnya, sehingga hosting ini cocok bagi anda yang memiliki modal minim.

Meski demikian hosting ini tetap memiliki kekurangan, kekurangan yang kerap terjadi pada hosting ini adalah akses yang anda miliki terbatas karena digunakan oleh beberapa orang sehingga sumber daya yang diberikan hosting ini tentu saja sangat terbatas.

Kekurangan lainnya apabila pengguna lain mengalami overload maka  akan mempengaruhi kinerja dari website lainnya.

2.    Cloud Hosting

Hosting jenis ini juga salah satu yang paling sering digunakan oleh berbagai website. jenis hosting satu ini memiliki kemudahan akses bagi pengguna dengan kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang lebih tinggi dari hosting sebelumnya.

Hosting ini menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban dari berbagai server sehingga memaksimalkan server uptime.

Server ini beberapa keunggulan diantaranya tidak akan mengalami downtime meskipun salah satu server mengalami kerusakan karena apabila salah satu server mengalami kerusakan maka server lain akan langsung mengambil alih hosting tersebut sehingga memangkas durasi downtime, apabila terjadi server error tidak akan mempengaruhi situs lainnya.

Meski demikian hosting jenis ini tetap memiliki kekurangan seperti sulitnya memperkirakan biaya yang harus dianggarkan karena anda hanya akan membayar biaya sesuai dengan yang digunakan. Selain itu akses root tidak selalu tersedia.

3.    VPS (Virtual Private Server) Hosting

Jenis hosting yang satu ini pilihan tepat bagi anda yang membutuhkan sumber daya yang besar dan keleluasaan dalam menyesuaikan server yang dibutuhkan. Anda akan memperoleh ruang server yang didedikasikan khusus dan dikelola sendiri sehingga situs anda tidak perlu khawatir akan keterbatasan ruang. Hosting ini cocok untuk anda yang telah memiliki website dengan traffic tinggi

Server ini memiliki kelebihan seperti tingginya lalu lintas akses di situs lain tidak akan mempengaruhi kinerja dari situs anda, anda dapat mengelola sendiri server ini tanpa campur tangan pihak penyedia, selain itu anda dapat mengupgrade resource tanpa khawatir terjadi downtime.

Meski demikian hosting ini tetap memiliki kekurangan seperti penggunaan yang kurang user friendly untuk pemula karena untuk menggunakan hosting ini perlu pengetahuan dasar tentang hosting dan sistem operasinya.

Selain itu biaya yang dikeluarkan cenderung lebih mahal sehingga hosting ini lebih cocok digunakan bagi para pemilik bisnis.

4.    Dedicated Hosting

Jenis hosting yang satu ini merupakan hosting yang dapat digunakan hanya oleh satu pengguna setiap satu servernya. Server hosting jenis ini memberikan penyewaan server secara utuh tanpa berbagi dengan pengguna lain sehingga server ini cocok untuk anda yang bisa mengelola server dan membutuhkan resource besar.

Keunggulan yang dimiliki server ini adalah memiliki kapasitas penyimpanan yang besar sehingga anda tidak perlu merasa takut akan downtime, server ini juga memiliki keunggulan dalam root access, dedicated IP dan kebebasan memilih sistem. Selain itu anda memiliki kekuasaan penuh untuk mengontrol konfigurasi server

Meski demikian hosting jenis ini juga memiliki kekurangan seperti biayanya yang terbilang mahal sehingga kurang cocok untuk pemula ataupun website yang trafficnya rendah, selain itu pengguna harus menguasai terkait pengetahuan teknis manajemen sever

5.    Wordpress Hosting

Hosting yang satu ini merupakan salah satu bentuk dari shared hosting namun diperuntukan pengguna website wordpress. Server ini telah dibentuk secara khusus untuk website wordPress yang dilengkapi dengan pre-installed plugin dan keamanan yang terjamin. Bagi anda yang suka menggunakan wordpress, hosting yang satu ini pilihan tepat.

Keunggulan yang dimiliki oleh hosting jenis ini adalah harganya yang terjangkau, selain itu mudah digunakan meski oleh pemula sekalipun, menggunakan hosting ini anda tidak perlu banyak melakukan perubahan secara teknis karena telah diatur secara baik oleh pihak penyedia.

Kekurangan yang dimiliki oleh hosting jenis ini adalah hosting ini hanya dapat digunakan untuk website wordpress, selain itu anda memiliki batasan dalam mengkonfigurasi website karena semuanya telah diatur oleh sistem.

Itulah beberapa penjelasan terkait fungsi, jenis-jenis hosting yang sering digunakan, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh setiap hosting. Bagi anda yang ingin menggunakan hosting anda dapat mempelajari terlebih dahulu agar dapat menyesuaikan dengan hosting yang anda butuhkan.