Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting dalam Penggunaan

Sebagai orang yang mengelola website, Anda pastinya sudah mengenal hosting. Hal ini dikarenakan kehadiran hosting sangat penting dan membuat sebuah website dapat muncul dalam internet. Apalagi hosting untuk keperluan berbisnis. Dengan begitu, banyak orang memanfaatkan paket hosting. Ada berbagai kelebihan dan kekurangan cloud hosting untuk website.

Cloud hosting adalah salah satu jenis terbaik dalam hosting dan marak dimanfaatkan sekarang ini.  Hal ini dikarenakan skalabilitas hingga fleksibilitas yang ditawarkan juga melebihi jenis hosting lain.  Namun, memang ada beberapa orang yang belum mengerti mengenai hosting yang satu ini.  Yuk, kenali lebih lanjut penjelasan dalam cloud hosting.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan jenis hosting yang memanfaatkan berbagai macam server untuk menyeimbangkan beban. Jadi, dapat memaksimalkan server uptime. Teknik ini bekerja dengan cara gabungan dari beberapa server sehingga dapat bekerja seperti satu server yang sama. Berikut kelebihan dan juga kekurangan untuk dimanfaatkan dalam hosting website.

Kelebihan Cloud Hosting

Untuk menggunakan layanan berbayar, orang akan melakukan riset terkait dengan daftar keuntungan yang akan didapatkan jauh lebih dulu. Berikut daftar penawaran keuntungan untuk Anda.

        Uptime yang stabil

Seperti yang sudah Anda baca sebelumnya, alasan banyak orang menggunakan hosting ini sebagai pilihan adalah stabilitas. Bahkan, hal ini yang membuat hosting jenis ini dikenal oleh banyak orang. Cloud merupakan hosting yang memang memanfaatkan sumber daya dengan menggunakan beberapa server cloud lainnya. Jadi, gabungan ini membantu agar tidak ada downtime website.

Misalnya, ada salah satu server yang gagal dalam memenuhi permintaan klien untuk loading. Maka, dengan jenis hosting yang satu ini, akan ada server lain untuk back up tugas yang seharusnya dilakukan server gagal ini.

Jadi, tidak akan ada halangan lainnya. Website hingga aplikasi para pengguna dapat berjalan dengan lancar sehingga lebih stabil dibandingkan hosting lainnya.

        Scalability

Selain stabilitas yang dapat berikan kepada para pengguna, fitur terbaik lainnya adalah kemudahan dalam skalabilitas. Jika ada situs yang mengalami terjadinya perubahan trafik besar. Maka, Anda tidak perlu khawatir karena dapat meningkatkan kapasitas server cloud. Selain itu, peningkatan ini tidak harus membeli server fisik lagi. 

Dengan bahasa sederhana, situs web sudah lengkap dengan berbagai macam server virtual.  Semua situs ini dapat menangani permintaan pengguna dalam website atau aplikasi yang pastinya selalu mengalami kenaikan.

Website Anda tidak akan mengalami downtime atau juga offline. Ketika permintaan trafik sudah terlalu besar, akan ada kendali dari hosting agar tidak offline.

Lalu, ketika trafik sudah berada dalam keadaan normal lagi. Maka, Anda dapat menurunkan atau memperkecil resource. Cukup gunakan langkah mudah dengan memakai dashboard intuitif yang sudah ditawarkan dalam layanan cloud hosting.

        Loading time lebih cepat

Ada alasan sendiri dari cepatnya loading time dengan menggunakan cloud hosting. Hal ini karena cloud hosting menggunakan teknologi load balancing sehingga beban dapat dibagikan ke beberapa server lainnya. Tidak harus satu server untuk menahan berbagai permintaan orang lain. Dengan pembagian tugas seperti ini, proses loading pasti menjadi lebih cepat dibanding yang lain.

Selain itu, teknologi ini juga membuat muatan setiap server berkurang. Jadi, dapat bekerja lebih optimal dalam menghasilkan waktu loading cepat. Apalagi jika dibandingkan dengan situs web yang berbasis satu server saja, prosesnya berbeda jauh.

        Biaya fleksibel

Kelebihan dan kekurangan cloud hosting lainnya dapat Anda lihat dari biaya yang ditawarkan. Dibandingkan dengan berbagai macam paket hosting lainnya, secara umum memang cloud hosting lebih mahal. Namun, jika melihat dari daftar fitur yang dapat diberikan untuk website. Maka, dapat dikatakan jika hosting awan ini sudah sangat terjangkau. Apalagi untuk bisnis dan perusahaan.

Apalagi sekarang sudah banyak yang menggunakan sistem pay as you go.  Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan dengan biaya yang memang dimiliki. Cukup gunakan hosting dengan pengaturan sendiri.

Jadi, tidak ada biaya bulanan yang tetap untuk dibayarkan. Semua uang yang harus dibayar sesuai dengan pemakaian sendiri. Ada kendali penuh dari Anda dalam pemakaian.

        Data recovery lebih mudah

Tentunya, Anda juga akan mendapatkan kelebihan lainnya dengan kemampuan data recovery yang jauh lebih mudah. Resiko kehilangan data sendiri sangat besar dan bisa saja terjadi pada setiap website bisnis. Jika Anda menyimpan back-up data di dalam komputer.

Maka, besar kemungkinan kalau server fisik dapat mengalami kerusakan atau data hilang secara permanen.

Secara umum, penyedia hosting jenis ini dapat melindungi semua data pengguna. Caranya adalah storing atau juga backup dalam lokasi yang berbeda. Dengan begitu, kehilangan data permanen tidak akan terjadi walaupun ada kegagalan dalam server pusat. Keamanan data jauh lebih meningkat dengan menggunakan jenis hosting yang satu ini pula.

Kekurangan Penggunaan Cloud Hosting

Tentu saja, dalam mengenai kelebihan dan kekurangan cloud hosting, Anda harus tahu daftar kekurangan dari pemanfaatan juga. Walaupun ada berbagai macam keuntungan seperti yang ditawarkan sebelumnya. Berikut daftar kekurangan dalam penggunaan hosting awan.

        Lebih rentan

Salah satu alasan yang menyebabkan orang tidak jadi menggunakan hosting yang satu ini adalah karena keamanan. Dengan menggunakan cloud hosting, Anda dapat melakukan akses untuk berbagai macam file website dengan menggunakan internet saja.

Tentunya, resikonya akan menjadi lebih tinggi lagi. Ada resiko yang tinggi dalam serangan mendadak terhadap website.

        Kecepatan tergantung internet

Kekurangan lainnya dalam pemakaian adalah kecepatan yang menyesuaikan dengan internet Anda. Dengan begitu, cloud server bergantung erat pada internet. Jadi, ketika koneksi internet Anda bagus, hosting dapat berjalan dengan baik.

        Bisa jadi mahal

Kekurangan dari hosting yang satu ini perlu diperhatikan dengan baik. Sebelumnya, kami mengatakan kalau produk jaringan awan memang mempunyai harga yang fleksibel.

Semua pembayaran memakai sistem sesuai dengan penggunaan Anda. Sudah ada banyak orang yang menggunakan cara ini dalam hosting untuk sebuah website karena lebih menguntungkan.

Untuk menggunakan hosting sebagai layanan pilihan dan mempunyai harga murah, Anda harus hati-hati. Walaupun menggunakan sistem pay as you can go, tetap saja merupakan tagihan yang harus dibayarkan.

Jika Anda tidak menggunakan clouding ini dengan baik, pembayaran setiap bulannya akan menjadi mahal. Ingat untuk selalu mengendalikan pemakaian agar tetap murah.

Demikian daftar kelebihan dan kekurangan cloud hosting dalam penggunaan. Sekarang ini, Anda sudah dapat menggunakan berbagai macam hosting dengan mudah. Setiap paket hosting juga mempunyai perbedaannya sendiri. Jenis awan merupakan pilihan karena harga lebih terjangkau dan banyak keuntungan.