Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Simbol Angka Tanda-Tanda Kegagalan pada Internet

Pada umumnya, saat Anda mengakses browser untuk mencari suatu website/situs, maka Anda akan diarahkan pada website/situs yang dimaksud. Namun adakalanya hal tersebut tidak demikian, namun Anda malah mendapati beberapa simbol angka. Apa arti dari angka-angka tersebut? Maka dari itu, yuk mengenal simbol tanda-tanda kegagalan pada internet!

Mengapa bisa dikatakan sebagai kegagalan pada internet? Karena pada umumnya, simbol-simbol angka tersebut memang muncul disaat terjadi permasalahan pada server, situs maupun jaringan internet yang Anda gunakan. Agar Anda bisa mengetahui arti dari angka-angka tersebut, Anda bisa menyimak informasinya seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

7 Simbol Tanda-Tanda Kegagalan pada Internet yang Sering Muncul pada Browser

Pada umumnya, kegagalan pada internet diakibatkan oleh adanya kesalahan pada program. Dimana kegagalan tersebut ditunjukkan dengan menampilkan simbol-simbol berupa angka. Bagi Anda yang sering menemukan simbol-simbol angka tersebut, namun tidak begitu memahami apa arti dari simbol-simbol angka tersebut, maka Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

1. Error 400 : Bad Request

Biasanya, kode Error 400 : bad request akan muncul bilamana koneksi internet tidak stabil, maupun karena server pada browser mengalami kerusakan. Dalam arti kode error 400 : bad request akan muncul sebagai pemberitahuan/notifikasi bahwa server tidak memahami perintah dan permintaan dari browser.

Baik yang memang ditimbulkan oleh koneksi internet yang tidak stabil, maupun karena browser tersebut mengalami kerusakan (malfungsi), hingga adanya masalah pada caching. Salah satu solusinya tentunya dengan beberapa cara berikut ini. Diantaranya:

        Memeriksa jaringan internet

        Mengosongkan cache, serta

        Membuka/menggunakan browser yang lain, kemudian mencoba melakukan browsing sekali lagi

2. Simbol Error 401 : Authorization Required

Selain simbol tanda-tanda kegagalan pada internet diatas, ada juga simbol lainnya yang sering ditemui saat Anda mulai mengakses internet. Tanda kegagalan yang dimaksud yaitu berupa kode error 401 : authorization required.

Arti dari kode tersebut yaitu bahwa Anda telah mengakses suatu halaman web yang sebenarnya memerlukan kode khusus. Maka dari itu, jika Anda menemukan kode error 401 : authorization required pada browser, cara terbaik yaitu dengan mencari tahu mengenai kode tersebut, sebelum Anda benar-benar mengakses halaman web yang dimaksud.

3. Kode Error 403 : Forbidden

Berbeda dengan kode error 401 : authorization required yang mengharuskan Anda untuk menggunakan kode, jika ingin mengakses halaman web tertentu. Maka simbol tanda-tanda kegagalan pada internetdengan kode error 403 : forbidden ini akan muncul, bilamana Anda mengakses halaman web yang memerlukan izin tertentu.

Kode ini juga muncul sebagai tanda bahwa Anda telah memasukkan URL tertentu, dan juga mencoba untuk mengakses halaman web yang memerlukan izin pengaksesan. Solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan memiliki beberapa akun lain, maupun dengan menggunakan perizinan tertentu yang berkaitan dengan izin otorisasi.

Sehingga Anda bisa mengakses halaman web tersebut, maupun halaman web lainnya yang memang membutuhkan izin masuk (otorisasi) yang bisa dilakukan dengan mudah.

Sementara untuk membuat akun lain, Anda bisa mencoba untuk masuk ke halaman beranda website, dan mulai mencari tahu apakah disana terdapat opsi untuk membuat akun ataukah tidak. Jika ada, maka Anda bisa membuat akun baru di halaman web tersebut.

4. Simbol dengan Kode Error 404 : Not Found

Mungkin kode error yang satu ini sering Anda temui, manakala website/situs yang Anda cari, ternyata tidak ditemukan. Benar sekali, karena sesuai notifikasi yang muncul, yaitu error 404 : not found. Tanda error yang satu ini akan muncul, bilamana server tidak menemukan halaman web yang dicari.

Kegagalan pada internet dengan munculnya kode error tersebut bisa saja terjadi, dikarenakan Anda salah memasukkan URL. Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan memeriksa kembali URL yang akan Anda masukkan.

Baik itu mengenai tanda baca pada URL, ejaan, akhiran domain, dan yang lainnya, yang mungkin saja sering menimbulkan kesalahan dalam penulisannya.

5. Tanda Kegagalan Internet dengan Kode Error 405 : Method not Allowed

Pada umumnya, simbol tanda-tanda kegagalan pada internet dengan kode error 405 : method not allowed ini memang jarang sekali muncul. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mencari tahu mengenai arti dari kode error yang satu ini.

Karena bisa saja, dikemudian hari, Anda akan menemukan koder error 405 : method not allowed ini, pada browser yang Anda gunakan.

Arti dari kode error 405 : method not allowed ini sendiri yaitu bahwa server memang telah memahami perintah yang diberikan oleh pengguna browser. Hanya saja, server tersebut menolak untuk melakukan perintah yang diberikan.

Hal ini dikarenakan, adanya kemungkinan dalam kesalahan pengalihan, maupun kesalahan saat memasukkan kode situs/website.

6. Kode Error 500 : Internal Server Error

Sama halnya dengan kode error 400 : bad request, kode error 500 : internal server error ini juga akan muncul saat terjadi suatu masalah yang yang tidak bisa ditentukan (kode generik). Dalam arti, kode error 500 : internal server error akan muncul bilamana server mengalami kesulitan dalam melaksanakan perintah.

Faktor lainnya bisa saja dikarenakan oleh masalah-masalah lainnya yang memang tidak bisa dijelaskan oleh kode yang ada pada server lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda bisa mencoba melakukan langkah-langkah berikut ini. Diantaranya:

        Langkah pertama, cobalah untuk memuat ulang halaman web sekali lagi

        Lanjutkan dengan menghapus cache

        Kemudian, Anda bisa melakukan penghapusan pada cookie

        Langkah terakhir, yaitu dengan me-restart browser

7. Kode Error 503 : Service Unavailable

Simbol tanda-tanda kegagalan pada internet dengan kode error 503 : service unavailable ini seringkali muncul bilamana web server tidak bisa memenuhi dan melakukan perintah, disebabkan oleh suatu hal.

Biasanya dikarenakan bahwa server tersebut sedang dalam tahap pemulihan maupun perbaikan, maupun karena banyak permintaan yang sama yang diajukan pengguna. Sehingga server tidak bisa melakukan sejumlah perintah/permintaan tersebut.

Jika Anda menemukan kode error 503 : service unavailable pada browser Anda. Maka cara terbaik untuk mengatasinya tak lain adalah dengan melakukan restart ulang (memuat ulang) website Anda tersebut.

Demikian informasi mengenai simbol angka tanda-tanda kegagalan pada internet beserta arti dan maksud dari kode-kode error tersebut. Dengan mengenal simbol angka sebagai tanda-tanda kegagalan pada internet diatas, kini Anda bisa mengetahui bagaimana solusi untuk mengatasi sejumlah kode error tersebut. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda.