Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Hosting dengan VPS yang Harus Anda Tahu!

Perbedaan hosting dengan vps tentunya sangatlah signifikan. Dimana ketika Anda ingin membuat sebuah website yang profesional untuk suatu bisnis, maka hal utama yang akan Anda cari adalah memilih layanan hosting terbaik. Pemilihan layanan hosting ini harus bisa memenuhi segala kebutuhan untuk keberlangsungan website anda tersebut.

Pada kenyataannya, nantinya Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan yang mengharuskan Anda untuk memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda. Namun, pilihan yang paling banyak disoroti adalah menggunakan server VPS atau menggunakan shared hosting boasa.

Untuk lebih mudah mengetahui perbedaan dari kedua platform tersebut, maka silahkan Anda simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Perbedaan Hosting dengan VPS

Jika Anda ingin mengetahui apa saja perbedaan hosting dengan vps, maka Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu hosting dan vps, serta kelebihan dari masing-masing platform tersebut.

Apa Itu Hosting?

Shared hosting merupakan layanan berbagi hosting yang digunakan secara bersama-sama oleh para pengguna hosting. Dimana para pengguna ini akan saling berbagi resource dan kapasitas server dalam satu tempat saja.

Shared hosting ini merupakan layanan yang paling banyak peminatnya, terlebih untuk para pebisnis yang baru mulai merintis bisnisnya secara online dengan membuat website sederhana untuk mempromosikan bisnisnya tersebut.

 Kelebihan Shared Hosting

  1. Dengan adanya shared hosting ini maka Anda bisa menghemat biaya pembuatan website. Sebab, harga dari shared hosting ini terbilang cukup terjangkau.
  2. Semua aktivitas operasional server akan dikelola oleh penyedia layanan hosting. Dengan begitu, maka bagi Anda yang kurang paham terhadap bahasa pemrograman pun tidak perlu memikirkan hal tersebut. Anda sebagai pemilik website hanya perlu fokus untuk mengoptimalkan website Anda saja.
  3. Shared hosting sangat cocok jika digunakan untuk jenis website bisnis dengan skala yang kecil dan belum membutuhkan kapasitas yang besar.
  4. Para pengguna shared hosting akan dimudahkan dalam pengelolaan website. Hal ini karena adanya control panel dimana penyedia layanan shared hostingnya akan memberikan akses luas terhadap control panel tersebut.
  5. Meskipun memang berada dalam satu tempat yang sama, namun email yang dikirimkan untuk pengguna akan tetap masuk ke dalam email domain pengguna tanpa tercampur dengan email domain lain.

Apa Itu VPS?

VPS merupakan layanan server virtual dimana pada layanan ini Anda akan diberikan kebebasan untuk menentukan sistem operasi dan platform yang ingin Anda gunakan. Dengan menggunakan server VPS ini, maka Anda akan mengetahui perbedaan hosting dengan vps.

Dimana cara kerjanya akan dibagi menjadi beberapa bagian yang sesuai dengan kebutuhan akan sumber dayanya. Setiap bagian tersebut juga bisa menjalankan sistem operasinya sendiri. Sistem virtualisasi ini bisa memberikan berbagai kemudahan untuk menghost server menjadi beberapa bagian pada server fisiknya.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa VPS sering disebut sebagai virtual dedicated server. Pada server VPS ini terdapat remote access desktop yang bisa mengendalikan VPSnya. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Putty untuk sistem operasi Windows dan terminal untuk sistem operasi dari Linux.

Kelebihan VPS

  1. Dengan Anda menggunakan layanan VPS ini, maka Anda dengan mudah untuk menginstall dan uninstall software apapun di server VPS Anda tanpa adanya larangan dari pihak penyedia hostingnya.
  1. Berbeda dengan shared hosting yang mana hak aksesnya dibatasi, dengan VPS maka Anda bisa memiliki akses sumber daya server penuh untuk mengakses direktori ROOT. Dengan begitu, maka Anda akan diberikan kemudahan untuk melakukan apapun terhadap server VPS Anda tersebut.
  1. Jika di shared hosting terdapat batasan dan aturan dari penyedia hosting yang wajib Anda patuhi, apabila ketika pengguna melanggarnya. Maka, pengguna tersebut akan dikenakan sanksi dalam bentuk suspend situs website penggunanya, sehingga untuk sementara Anda tidak bisa masuk ke dashboard control panel hostingnya.

Berbeda dengan jika Anda menggunakan VPS, maka tidak akan ada batasan yang sudah dijelaskan diatas. Sebab, di server VPS ini Anda akan mendapatkan satu IP publik khusus. Dimana jika domain Anda mengalami down atau gangguan, maka hal tersebut tidak akan mengganggu pihak lain.

  1. Dengan adanya VPS ini, maka Anda akan mendapatkan sebuah server yang lebih stabil dan minim mengalami downtime. Hal tersebut bisa saja terjadi karena hanya Anda yang bisa menggunakan server tersebut.
  1. Anda akan mendapatkan manajemen website yang sangat mudah hanya dengan menggunakan control panel saja.
  1. Perawatan VPS ini jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan merawat server fisik Anda sendiri. Sebab, tidak akan memakan waktu dan biaya yang besar untuk melakukan hal tersebut. Anda hanya perlu membayar biaya bulananya saja. Dengan begitu, maka pihak hosting yang akan memperbaiki segala masalah yang sedang Anda hadapi.

Pilih VPS atau Shared Hosting?

Setelah Anda mengetahui apa saja perbedaan hosting dengan vps, maka Anda pun bisa memilih akan menggunakan vps atau shared hosting. Anda bisa memilih platform yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda tersebut.

Dengan banyaknya kelebihan dari kedua platform, antara VPS atau shared hosting ini. Maka, Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, jangan sampai Anda salah dalam memilih layanan yang ternyata bisa membuat website Anda malah tidak bisa berjalan secara maksimal.

Untuk itu, sebelum Anda menentukan pilihan antara VPS atau shared hosting ini. Maka ada baiknya jika Anda mengecek terlebih dahulu spesifikasi dari server yang sesuai dengan kebutuhan website yang akan Anda bangun. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan yang mungkin saja bisa terjadi di kemudian hari nantinya.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa sebuah website yang besar akan memerlukan sumber daya yang besar atau sebaliknya. Perlu Anda ketahui juga bahwa website kecil akan lebih ideal jika menggunakan layanan yang biasa saja. Sebab, hal ini tidak membutuhkan sumber daya yang terlalu besar.

Kesimpulan

Semua layanan hosting seperti VPS atau shared hosting ini pastinya akan memberikan manfaat yang besar untuk sebuah website. Namun, hal tersebut tentunya tergantung dari kebutuhan website penggunanya sendiri.

Meskipun sama-sama layanan hosting, namun baik server VPS maupun shared hosting ini memiliki banyak sekali perbedaan. Selain memiliki banyak perbedaan hosting dengan VPS, kedua platform ini juga ternyata memiliki banyak kelebihan yang perlu Anda ketahui.

Dengan begitu, maka Anda pun akan lebih mudah untuk menentukan mana layanan yang bisa memenuhi semua kebutuhan untuk mengembangkan website bisnis Anda kedepannya. Shared hosting ini merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan untuk jenis website kecil yang tidak membutuhkan sumber daya yang besar.

Sementara jika Anda membutuhkan sumber daya yang lebih besar, keamanan tambahan, hingga performa website yang lebih stabil, maka Anda bisa memilih VPS untuk website Anda tersebut.