Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Disimak, Kelebihan dan Kekurangan Hosting Terlengkap

Keberadaan hosting di zaman yang serba digital ini adalah suatu hal yang penting. Seperti yang diketahui, saat ini terdapat berbagai jenis hosting yang digunakan oleh para pengembang website. Setiap jenis hosting yang digunakan tentunya memiliki kekurangan serta kelebihannya masing-masing. Kelebihan dan kekurangan hosting tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek, misalnya saja dilihat dari aspek spesifikasi berbagai fiturnya.


Karena memiliki spesifikasi fitur yang berbeda, antara satu jenis hosting dengan hosting lainnya pasti juga memiliki perbedaan. Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan yang ada pada masing-masing jenis hosting yang umum digunakan, berikut ini adalah penjelasan yang dapat Anda simak dengan seksama!

Kelebihan dan Kekurangan Hosting

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, setiap hosting memiliki cara kerja masing-masing yang membuatnya unik. Diantara banyaknya jenis hosting, berikut adalah informasi mengenai kelebihan serta kekurangan dari jenis hosting yang banyak digunakan oleh para pengembang website.

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Jenis hosting pertama yang akan dibahas kelebihan serta kekurangannya adalah shared hosting. Shared hosting sendiri merupakan jenis hosting yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan website ataupun aplikasi.

Pengertian dari shared hosting ini sendiri yaitu jenis hosting yang dalam pelayanannya membagi sumber daya server serta ruang drive yang disediakan oleh provider server untuk digunakan secara bersama-sama. Singkatnya, semua sumber daya yang ada pada suatu server akan dibagi dengan beberapa klien.

Untuk mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan hosting ini, berikut adalah informasi yang bisa disimak!

Kelebihan Shared Hosting

Shared hosting tentu memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki dengan hosting lainnya. Berikut adalah kelebihan dari shared hosting.

  1. Harga Murah

Kelebihan pertama dari shared hosting yaitu dapat dilihat dari aspek biayanya. Harga yang harus dibayarkan untuk menggunakan layanan shared hosting terbilang paling murah dibandingkan dengan hosting jenis lainnya.

  1. Mudah Digunakan

Selain harga yang murah, shared hosting juga menjadi hosting yang mudah untuk digunakan. Kemudahan yang didapatkan ini karena setiap klien yang menggunakan hosting ini tidak perlu untuk mengelola operasional server. Dalam shared hosting, pengelolaan operasional server dilakukan oleh provider server itu sendiri.

 

Apabila pengelolaan server telah dilakukan oleh provider, maka yang perlu Anda lakukan adalah fokus untuk mengelola website. Dengan begitu, pekerjaan Anda akan menjadi lebih ringan.

  1. Kemudahan Maintenance

Kelebihan lainnya dari shared hosting adalah adanya kemudahan dalam maintenance. Apabila terjadi masalah pada server, maka Anda sebagai klien tidak perlu lagi berupaya untuk memperbaikinya. Hal ini karena maintenance server menjadi tanggung jawab dari pihak provider hosting.

Kekurangan Shared Hosting

Walaupun memiliki banyak kelebihan, shared hosting tentu juga memiliki kekurangan. Berikut adalah kekurangan dari shared hosting yang perlu diketahui!

  1. Keterbatasan pada Kontrol Server

Dipegangnya kendali server oleh provider juga dapat menjadi kekurangan bagi shared hosting. Keterbatasan kontrol pada server ini menjadi kekurangan karena apabila Anda ingin mengecek status server ataupun ingin membuat perubahan, maka Anda haruslah menunggu pihak provider untuk menanganinya.

  1. Terbatasnya Pemakaian Aplikasi

Seperti yang diketahui, penggunaan server dalam shared hosting dilakukan dengan cara dibagi sumber dayanya. Hal tersebut berdampak pada terbatasnya pemakaian aplikasi oleh klien.

 

Dengan kata lain, Anda sebagai klien akan kesulitan dalam menjalankan aplikasi ataupun software dalam waktu yang bersamaan. Hal tersebut tidak berlaku hanya apabila pihak provider server hosting telah menawarkan pemakaian aplikasi tertentu dalam waktu yang bersamaan.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Hosting

Setelah mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan shared hosting, kini saatnya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan hosting berjenis cloud. Cloud hosting merupakan salah satu jenis hosting yang menggunakan beberapa server guna menyeimbangkan beban server serta untuk memaksimalkan server uptime.

Untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan dari cloud hosting, maka berikut adalah informasi yang bisa Anda simak.

Kelebihan Cloud Hosting

Saat ini, penggunaan cloud hosting untuk website semakin diminati. Hal tersebut dikarenakan jenis hosting ini memiliki beberapa kelebihan apabila dibandingkan dengan jenis hosting yang lain. Berikut adalah beberapa kelebihan dari cloud hosting yang penting untuk diketahui.

  1. Akses Mudah

Kelebihan pertama dari cloud hosting adalah adanya kemudahan akses berbagai data serta aplikasi. Hal tersebut dikarenakan dengan menggunakan cloud hosting, Anda dapat mengakses berbagai data serta aplikasi tersebut melalui server dari mana saja serta kapan saja.

  1. Efisiensi Biaya

Efisiensi biaya adalah kelebihan kedua yang dapat menguntungkan penggunanya. Dibandingkan dengan jenis hosting lainnya, cloud hosting tidak mengeluarkan biaya yang besar. Hal tersebut dapat terjadi karena dengan adanya cloud hosting, maka penggunanya akan menghemat biaya yang digunakan untuk kebutuhan hardware, maintenance, serta operasionalnya.

  1. Ketersediaan Data Tinggi

Kelebihan dari cloud hosting yang lainnya yaitu adanya ketersediaan data yang tinggi. Biasanya, cloud computing dibuat dengan desain sistem yang high availability.

  1. Kemudahan dalam Manajemen Server

Kemudahan dalam manajemen server juga menjadi kelebihan dari cloud hosting. Dengan menggunakan cloud hosting, berarti semua hal yang berkaitan dengan manajemen server akan langsung terkoneksi dengan website. Untuk melakukan manajemen server biasanya dilakukan melalui suatu dashboard yang menyediakan berbagai tool secara otomatis.

Kekurangan Cloud Hosting

Setelah membahas tentang kelebihan dari cloud hosting, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui kekurangan jenis hosting ini. Kelebihan dan kekurangan hosting memang perlu diketahui secara seimbang, dengan begitu Anda tidak akan menjadi bingung ketika menentukan hosting apa yang ingin digunakan.

Berikut ini adalah penjelasan tentang kekurangan cloud hosting yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

  1. Perihal Privasi

Kekurangan dari cloud hosting yang perlu diperhatikan yaitu mengenai privasi. Seperti yang diketahui, cloud hosting adalah hosting yang menggunakan server dengan memanfaatkan teknologi cloud.

 

Dengan begitu, server yang digunakan untuk menyimpan data-data tersebut adalah server yang juga digunakan oleh orang lain. Karena hal tersebut, cloud provider dikhawatirkan dapat mengakses data Anda.

  1. Penyesuaian

Hal berikutnya yang menjadi kekurangan dari cloud hosting adalah penyesuaian. Cloud hosting adalah salah satu jenis hosting yang tergolong baru. Hosting baru biasanya lebih banyak menemukan permasalahan dalam operasionalnya.

Oleh karena itu, jenis hosting ini masih memerlukan berbagai pengembangan serta penyesuaian sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik secara merata.

Demikian informasi tentang kelebihan dan kekurangan hosting berjenis shared dan cloud. Walaupun kedua jenis hosting di atas memiliki pengguna yang banyak, namun untuk menentukan jenis hosting yang cocok untuk website diperlukan pertimbangan yang matang. Dengan membaca artikel di atas, semoga Anda menemukan jenis hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan website yang dimiliki.