Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu! Ini Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Seperti yang terlihat sekarang ini, teknologi sudah sangat pesat sehingga ada banyak orang yang menggunakan website. Anda pastinya dapat menemukan berbagai macam website jika melihat di internet. Semua website ini banyak dimanfaatkan dalam berbisnis. Lalu, untuk menjalankan website, ada hosting yang diperlukan. Karena itu, orang mencari kelebihan dan kekurangan shared hosting.

Hosting adalah bagian yang sangat penting dalam menjalankan suatu website.  Namun, tidak hanya satu jenis hosting saja yang tersedia. Pemilihan untuk hosting menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri.

Salah satu jenis yang paling banyak orang gunakan adalah shared hosting. Sebelum menggunakan jenis ini, yuk simak lebih lanjut tentang shared hosting dalam artikel ini! 

Ini Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Jadi, shared hosting adalah bagian dari layanan web hosting.  Layanan yang satu ini dapat menempatkan beberapa macam situs ke dalam satu server fisik yang sama juga. Dengan begitu, pengaturan server tidak perlu dipikirkan oleh pemilik website lagi.

Namun, fungsi web hosting tidak bisa Anda miliki secara penuh juga. Berikut daftar kelebihan dan juga kekurangan untuk pengguna:

Kelebihan Shared Hosting

Sebelum memasang layanan dan mengeluarkan cukup banyak uang. Maka, banyak hal yang harus diriset jauh lebih dulu. Salah satu hal yang sudah pasti orang cari adalah keuntungan yang dapat ditawarkan. Anda akan memperoleh berbagai macam kelebihan dalam penggunaan layanan. Ini daftar kelebihan dalam pemakaian shared hosting.

1.     Lebih hemat biaya

Kelebihan pertama dari layanan yang satu ini adalah harga murah. Anda dapat menghemat banyak biaya untuk kepentingan lainnya dengan shared hosting. Bila dibandingkan dengan layanan website hosting lainnya.

Tentunya, layanan yang satu ini mempunyai harga yang rendah. Anda pastinya ingin hemat pengeluaran yang lebih banyak. Jadi, shared hosting dapat menjadi pilihan sesuai.

2.     Hemat waktu

Mengelola website bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Bahkan, hal ini dapat menyita banyak waktu Anda untuk keperluan lainnya. Sangat disayangkan jika waktu Anda yang seharusnya digunakan untuk fokus dalam perkembangan bisnis terbuang. Dengan menggunakan layanan shared hosting, hal yang satu ini dapat diatasi dengan mudah.

Anda bahkan dapat menggunakan waktu untuk bersantai. Seperti yang sudah Anda baca sebelumnya, website dan juga server Anda akan dikelola langsung oleh para penyedia jasa website. 

Jadi, Anda tidak harus membuang waktu untuk mengelola server lagi. Anda hanya perlu duduk santai dan memikirkan konsep baru untuk bisnis. Tidak perlu khawatir akan masalah website lagi.

3.     Mudah digunakan

Kelebihan dan kekurangan shared hosting lainnya adalah mudah digunakan. Tidak jauh berbeda dengan penghematan waktu yang sudah dibahas sebelumnya.

Ada beberapa orang yang masih pemula dan belum mengerti pengelolaan website yang cenderung rumit. Dengan menggunakan layanan shared hosting ini, semua hal seperti ini tidak harus dipahami.

Segala macam operasional server akan diambil alih oleh setiap provider hosting sesuai langganan Anda. Jadi, Anda tidak harus belajar program dan tetap bisa mengelola website.

Kecuali, jika Anda ingin mengelola sendiri dan mengerti program. Maka, Anda dapat upgrade langsung ke dalam level atas atau VPS.  Hal ini dapat dilakukan jika sudah ada banyak pengunjung. Jadi, Anda lebih santai.

4.     Cocok untuk bisnis

Memang benar halnya jika para pengguna layanan hosting yang satu ini mempunyai banyak pengguna dari kalangan bisnis. Tentunya, karena harga yang sangat murah sehingga para pebisnis baru mulai menggunakan layanan.

Apalagi untuk orang yang baru saja membuka blog dan tidak mempunyai banyak pengunjung. Jadi, sangat pas juga untuk bisnis dengan skala kecil.

5.     Akses ke control panel

Kelebihan lainnya dalam pemakaian yang dapat memberikan Anda kemudahan adalah akses ke dalam control panel. Dengan menggunakan layanan yang satu ini, ada berbagai macam fitur yang dapat Anda gunakan.

Pastinya, tambah memudahkan Anda lagi dalam penggunaan website.  Anda dapat menggunakan berbagai macam fitur yang tersedia.

Anda yang melakukan akses dapat menggunakan fitur tersedia. Ada berbagai macam fitur yang diberikan dan dapat Anda manfaatkan dengan mudah. Contohnya, Anda dapat install CMS kemudian mengunggah file.  Bahkan, Anda juga dapat mengelola email dengan fitur ini dan berbagai macam hal lainnya dari Control panel.

Kekurangan Shared Hosting

Tentunya, dalam kelebihan dan kekurangan shared hosting, Anda juga harus tahu informasi berkaitan dengan kekurangannya. Walaupun mempunyai banyak kelebihan dalam pemakaian, tetap saja layanan ini juga mempunyai kekurangan sendiri. Berikut ini daftar kekurangan untuk Anda jika menggunakan shared hosting dalam website.

        Kontrol server terbatas

Pengelolaan server dipegang oleh pihak operasional dari layanan yang Anda sewa.  Dengan begitu, tidak ada banyak ruang untuk Anda dalam mengakses server. Anda sebagai pengguna jadi lebih terbatas untuk melakukan kontrol pada server. Yang mempunyai akses penuh untuk melakukan pengaturan adalah penyedia server sendiri.

Kemudian, ketika ada pengguna yang mempunyai traffic tinggi karena banyak pengunjung. Maka, hal ini bisa saja menyebabkan overload. Tentunya, pergerakan situs akan menjadi jauh lebih lambat.

Bahkan, hal ini juga dapat menghambat kinerja website Anda dalam menarik pengunjung. Ini merupakan resiko karena server memang digunakan bersama-sama.

        Kurang aman

Memang benar halnya jika shared hosting jauh lebih murah daripada berbagai macam layanan website lainnya. Sayangnya, keamanan yang diberikan kurang terjamin karena digunakan bersama. Tidak hanya Anda saja yang menggunakan server tersebut. Tentunya, ada orang lain yang dapat menggunakan server karena mendapatkan ruang yang lumayan luas.

Keamanan dapat terancam karena orang lain yang menggunakan server juga. Bisa saja halnya jika ruang untuk kontrol server ini disalahgunakan oleh orang lain.

Apalagi jika mengakses berbagai macam fitur lain yang dapat merugikan. Ketika ada yang melakukan hal seperti ini. Maka, Anda juga akan ikut mengalami kerugian dalam penggunaan website.

        Berpotensi crash

Kemungkinan buruk lainnya dalam penggunaan layanan hosting ini adalah potensi crash yang tinggi. Crash memang merupakan hal yang dapat terjadi secara mendadak.

Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak pengguna yang berada dalam satu server yang sama. Ada berbagai macam website atau juga aplikasi lain yang berjalan bersamaan dengan server Anda sehingga overload.

        Pemakaian aplikasi terbatas

Menggunakan shared hosting juga akan menyulitkan untuk para pengguna. Apalagi yang masih pemula dan belum terlalu paham. Hal ini dikarenakan Anda tidak dapat mengakses aplikasi lainnya. Hanya dapat menggunakan yang sudah ada dalam penawaran layanan saja.  Jadi, harus menggunakan aplikasi di waktu yang berbeda.

Demikian kelebihan dan kekurangan shared hosting dalam penggunaan. Sebelum benar-benar menggunakan layanan website. Maka, penting halnya bagi Anda untuk mengetahui lebih lanjut seperti ini dahulu.