Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Rekomendasi Hosting untuk Website Perusahaan

Rekomendasi hosting untuk website perusahaan ini sangat penting untuk Anda pahami agar lebih mudah memilih salah satu hosting terbaik. Dimana jika Anda serius ingin membuat website profesional, maka Anda harus memilih web hosting yang handal terlebih dahulu.

Pilih juga web hosting yang tidak hanya memiliki server cepat saja. Namun, tidak juga sering down didukung oleh layanan support yang baik. Masalahnya adalah terdapat puluhan bahkan ratusan penyedia hosting di luaran sana.

Rekomendasi Hosting untuk Website Perusahaan

Tahukah Anda bahwa ada 4 faktor yang paling menentukan kualitas suatu layanan web hosting. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  1. Uptime yang stabil.
  2. Server hosting yang cepat.
  3. Support yang baik.
  4. Poin plusnya merupakan pemberian garansi selama 30 hari tanpa syarat.

Namun sayangnya, berdasarkan hasil penelitian, tidak ada satupun dari semua provider hosting Indonesia yang sudah berhasil dari empat faktor tersebut. Semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, berikut ini ada beberapa rekomendasi hosting untuk website perusahaan Anda.

1.    Niagahoster

Niagahoster ini memiliki server fisik yang berlokasi di Indonesia. Kecepatan rata-rata dari Niagahoster secara global adalah 174 md dan 80.25 md, bila diakses dari negara di Asia dan Oseania. Kecepatan Niagahoster ini cukup baik apabila diakses dari lokasi yang cukup jauh.

Selain itu, Niagahoster ini juga memiliki keistimewaan dalam hal live chat yang responsif dan memiliki pilihan metode pembayaran yang cukup lengkap.

Niagahoster ini sudah dilengkapi dengan imunify360 yang akan membuat website Anda kebal terhadap serangan siber. Niagahoster ini juga memiliki cPanel yang cukup lengkap. Dimana para penggunanya bisa mengkonfigurasi hostingnya sesuai dengan kebutuhan. Laman dari cPanelnya juga cukup simpel, sehingga cocok untuk pengguna yang masih pemula.

Tidak hanya itu, Niagahoster ini juga menyediakan SEO tools yang unik dan tidak dimiliki oleh web hosting mana saja. Hal ini sesuai untuk Anda yang memang ingin menaikkan peringkat website di laman pencarian Google dengan mengoptimalkan kata kunci tertentu.

Dengan adanya dukungan live chat yang cekatan dan garansi yang kembali selama 30 hari, maka sangat kecil kemungkinan Niagahoster ini akan mengecewakan Anda.

2.    Hostinger ID

Hostinger ID ini memiliki server fisik yang berlokasi di Singapura. Kecepatan rata0rata penyedia layanan web hosting ini secara global adalah sedikit berada di bawah Niagahoster, yakni 167.1 md. Namun, kecepatan pengaksesan Hostinger dari negara yang ada di Asia dan Oseania lebih tinggi, yakni 70 md.

Rekomendasi hosting untuk website perusahaan ini cukup cepat bila diakses dari negara di luar kawasan Asia. Hostinger ini memiliki kecepatan yang sama dengan Niagahoster bila diakses dari Sao Paulo sebesar 346 md dan berkecepatan 246 md bila diakses dari London.

Hostinger saat ini memiliki 7 pusat data di seluruh dunia. Selain itu, Hostinger ini juga memiliki tim bantuan yang sangat cakap dan menawarkan metode pembayaran yang populer di kalangan pengguna Indonesia.

Hal ini merupakan sebuah nilai yang lebih, mengingat posisinya sebagai web hosting yang berasal dari luar Indonesia. Dalam hal ini, Hostinger menawarkan dasbor yang sangat ramah bagi para penggunanya, termasuk dengan yang masih awam di dunia web hosting.

Hostinger ini juga menggratiskan domain dan menawarkan kapasitas SSD yang tanpa batas. Dengan paket Hosting premium, maka situs web Anda kan terhindar dari masalah downtime di saat beberapa orang mengakses situs Anda secara bersamaan.

Sementara paket-paket web hosting yang ditawarkan adalah web hosting single, web hosting premium, dan web hosting bisnis. Paket web hosting bisnis merupakan paket yang paling diminati oleh para pengguna di Indonesia.

3.    DomaiNesia

DomaiNesia ini memiliki server fisik yang berlokasi di Indonesia. Kecepatan rata-rata global dari DomaiNesia ini lebih baik daripada web hosting lokal lainnya, yakni 180.8 md. Sementara kecepatan rata-rata bila diakses dari negara Asia dan Oseania ini adalah 88.25 md.

Perlu Anda ketahui, bahwa DomaiNesia berkantor pusat di Yogyakarta dan memiliki pusat data di Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan Indonesia juga termasuk. DomaiNesia ini sudah beroperasi 2009 dan mengklaim sudah memiliki 95 ribu pelanggan, baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Bagi Anda yang masih awam dengan dunia web hosting maka tidak perlu khawatir lagi. Sebab, DomaiNesia menyediakan pusat informasi yang sangat lengkap. Selain itu, tim bantuannya juga sangat sigap dalam menanggapi semua pertanyaan kurang dari 5 menit.

Perlu Anda ketahui bahwa rekomendasi hosting untuk website perusahaan dari Domainesia ini merupakan salah satu web hoster yang menyediakan fitur backup harian. Selain itu, fitur ini juga bisa dinikmati pelanggan paket yang lebih murah dari paket super yang ditawarkan. Sayangnya, garansi yang ditawarkan dari DomaiNesia ini hanya 10 hari.

4.    IDwebhost

IDwebhost ini merupakan server fisik yang berlokasi di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa IDwebhost ini memiliki kecepatan rata-rata global yang jauh berada di bawah penyedia web hosting lainnya, yakni 197.3 md dan 146.25 md untuk kecepatan rata-rata Asia dan Oseania.

Dalam situs resminya, IDwebhost ini mendeskripsikan situsnya sebagai penyedia layanan web hosting dengan 75 ribu pelanggan dengan dukungan 100 shared server di Jogjakarta, Jakarta, dan Amerika Serikat.

IDwebhost ini menawarkan SSL dan perkakas manajemen hosting lengkap yang bisa digunakan tanpa perlu biaya. IDwebhost ini juga menyediakan metode pembayaran yang kurang lebih sama dengan beberapa situs web hosting lainnya, hanya saja tidak ada pilihan untuk dompet digital seperti GoPay dan OVO.

Bagi para pelanggan yang ingin meningkatkan peringkat pencarian di halaman pertama Google bisa memanfaatkan fitur SEO Audit yang ditawarkan oleh IDwebhost untuk semua paket, termasuk dengan paket yang termurah sekalipun.

IDwebhost ini juga mengklaim bahwa situs webnya bisa diakses 40 kali lebih cepat dan load time yang sudah teruji. Tersedia juga layanan VPS cloud yang termurah di Indonesia. Tidak hanya itu, IDwebhost ini juga memiliki fitur live chat yang akan menjawab pertanyaan Anda dalam waktu 5 menit saja.

  1. Rumahweb

Rumahweb merupakan penyedia layanan web hosting lokal yang memiliki server fisik dengan lokasinya yang berada di Indonesia. Rumahweb ini memiliki kecepatan rata-rata global, yakni 196 md. Sementara untuk kecepatan dari pengaksesan dari negara Asia dan Oceania adalah 138 md.

Rumahweb ini berlokasi di Jogjakarta dan sudah beroperasi sejak tahun 2002. Pada saat Anda memulai layanan web hosting, maka Rumahweb ini hanya memiliki 1 server saja. Namun, saat ini Rumahweb sudah memiliki 30 server yang berlokasi di Indonesia, Singapura, dan Amerika Serikat.

Sebuah review yang berasal dari sumber lokal menyebutkan bahwa Rumahweb ini merupakan penyedia web hosting dengan jumlah pengguna terbanyak di tahun 2019. Rumahweb sendiri menawarkan beberapa paket dengan harga yang cukup bersaing.

Metode pembayaran yang ditawarkan oleh Rumahweb ini memberikan penawaran yang cukup memudahkan para penggunanya. Selain metode pembayaran global, Rumahweb ini juga menerima pembayaran melalui virtual account, transfer antar bank, hingga dompet digital seperti OVO dan GoPay.

Dan inilah beberapa rekomendasi hosting untuk website perusahaan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan akan bisnis Anda.