Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5+ Penyebab Hosting Lelet yang Harus Anda ketahui!

Mengakses website mengalami downtime terus? Bisa saja permasalahannya pada hosting yang lelet. Anda bisa mencari tahu beberapa penyebab hosting lelet yang membuat website sulit diakses pada penjelasan di bawah ini.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menemukan solusi mengatasinya.

Inilah 5 Penyebab Hosting Lelet yang Tidak Boleh Dibiarkan

Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang menjadi alasan hosting lelet dan berakhir pada website menjadi lelet. Langsung saja simak ulasan di bawah ini untuk mencari tahunya.

  1. Server Lemah

Pertama yang menjadi penyebab hosting lelet ialah server yang lemah. Server yang lemah bisa membuat penyebab web menjadi lemot dan sulit untuk dimaintenance. Biasanya hal ini membuat developer dan pemilik bisnis menjadi jengkel.

Pelayanan server yang lelet padahal telah terlanjur menyewa hosting dan membayarnya dengan nomina yang tidak sedikit selama satu tahun, seakan-akan Anda ikut terjebak dalam satu tahun tersebut.

Maka oleh sebab itu, sebelum menyewa hosting, Anda harus memastikan spesifikasi RAM dan Prosesor yang digunakan oleh penyedia layanan hosting. Spesifikasi RAM dan prosesor yang rendah memungkinkan web menjadi lelet.

 
  1.  Share Hosting Terlalu Full

Jika Anda berlangganan hosting dengan jenis hosting shared hosting, web lelet merupakan permasalahan yang bisa terjadi kapan saja.

Di mana share hosting ini merupakan layanan hosting yang digunakan oleh pengguna website lainnya secara bersamaan. Terutama jika Anda menggunakan hosting bersama pengguna yang memiliki trafik yang tinggi web lelet pasti akan terjadi.

Jika diibaratkan share hosting ini merupakan sebuah ruko yang berisi banyaknya pedagang, sehingga jika pengunjung datang dengan ramai tentu saja bisa berdesakan dan mengganggu kegiatan transaksi Anda.

Begitupun dengan layanan share hosting yang bisa membuat website Anda lelet atau bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

Maka dari itu, jika Anda memilih jenis share hosting pilihlah layanan hosting yang memiliki kapasitas besar dan dapat menunjang para pengunjung.

Dalam memilih layanan hosting, memang memerlukan banyak hal pertimbangan sehingga website tidak menjadi lelet.
 

  1. Lokasi Server Hosting

Hal lain yang dapat mempengaruhi web lelet saat diakses yakni jarak dari lokasi penyedia hosting. Oleh sebab itulah kenapa dalam memilih layanan hosting, Anda harus memilih penyedia layanan yang ada di tempat tinggal Anda atau setidaknya dekat.

Misalnya Anda menggunakan layanan hosting di amerika maka kecepatannya akan lebih cepat, apalagi jika Anda berlangganan di penyedia layanan Indonesia, tempat di mana Anda berada maka akan semakin cepat website Anda bisa diakses.

Meski Anda memilih layanan hosting Indonesia, jangan lupa perhatikan spesifikasi perangkat yang digunakan penyedia layanan hosting. Hal ini sangat penting bagi Anda dalam membangun dan memelihara website.

Bahkan bila perlu, Anda bisa mempertanyakan fitur-fitur yang tersedia di penyedia layanan hosting yang Anda gunakan. Fitur-fitur ini akan membantu Anda dalam mengelola server.

  1. Kesibukan Server Hosting

Kesibukan server hosting bisa saja menjadi penyebab web hosting lelet. Di mana banyaknya website yang menggunakan server sama seperti share hosting dan di dalamnya terdapat banyak kegiatan yang beragam. Kegiatan-kegiatan ini bisa dimulai dari company profile, blogger, atau bahkan E-commerce pada satu server.

Maka tak heran jika dalam satu waktu server hosting menjadi lebih sibuk dan inilah yang menjadikan web menjadi lelet.

Misalnya Anda berada di satu server hosting yang sama dengan web pembuat berita, sedangkan berita tersebut sedang ramai pengunjung, maka akibatnya website Anda menjadi lelet.

Hal ini tentu sangat merugikan dan tidak ada untung-untungnya bukan? maka jika Anda membangun sebuah website yang membutuhkan kapasitas besar dan kesibukan dalam website, pilih penyedia hosting yang memiliki kapasitas server lebih besar, sehingga Anda kejadian seperti ini tidak terjadi.

5.    Hosting Web Bermasalah

dari berbagai penyebab di atas, sudah kita pastikan penyebab hosting dan membuat website lelet ialah hosting web yang sedang bermasalah.

Jika Anda menggunakan layanan hosting semisalnya dedicated server dan web lelet Anda bisa meminta bantuan kepada penyedia layanan hosting yang Anda gunakan, sehingga website Anda bisa kembali ke semula dan web lelet pun dapat teratasi.

  1. Koneksi Internet yang Tidak Stabil

hal yang dapat mempengaruhi website menjadi lelet ialah koneksi internet Anda yang mungkin sedang tidak stabil.

Di mana jika Anda membangun sebuah website berjenis e-commerce yakni usaha basis online seperti Olshop maka Anda harus mempersiapkan koneksi internet yang stabil dan optimal.

Apalagi jika Anda berlangganan dengan server hosting yang dibagi-bagi dengan pengguna lain dan ditambah internet yang jelek hal ini bisa jadi permasalahan yang sangat besar dan membuat Anda menjadi jengkel.

Memiliki koneksi internet yang lancar dan stabil menjadi hal mutlak untuk mengakses website terutama dalam mengupload dan mendownload data-data.

Kegiatan upload yang biasa dilakukan bisa berdampak jika koneksi internet tidak lancar. Maka oleh sebab itu, Anda harus benar-benar menyediakan jaringan internet yang lancar dan stabil.

Setidaknya itulah hal-hal yang memungkinkan hosting dan web menjadi lemot saat diakses. Sebagai solusi dan cara mencegahnya Anda harus memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Tips Memilih Hosting agar Tidak Lelet

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda ikuti dalam memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan website Anda sehingga dapat meminimalisir permasalahan website

1.    Kapasitas Server Hosting yang Besar

Tips pertama dalam memilih hosting ialah Anda harus memastikan kapasitas server hosting yang Anda sewa memiliki jenis kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Jika website Anda membutuhkan kapasitas yang luas, pilihlah server hosting yang memiliki kapasitas besar sehingga dapat menunjang kebutuhan dan kegiatan dalam website Anda.

2.    Perangkat dan Fitur Server Hosting

Tips kedua dalam memilih hosting yang tepat sehingga tidak membuat permasalahan lelet adalah dengan memilih layanan yang menggunakan perangkat teknologi yang memadai. Seperti yang disebutkan di atas spesifikasi seperti RAM dan Processor dapat mempengaruhi kecepatan akses server.

Tak hanya itu, Ada pun bisa memilih layanan hosting yang menyediakan fitur pendukung sehingga tidak hanya menjaga kecepatan akses saja melainkan juga keamanannya.

3.    Pilih Layanan yang Sudah Terbukti

Terakhir dalam memilih layanan hosting terbaik maka Anda harus memilih layanan hosting yang memang sudah terbukti memiliki waktu akses yang cepat.

Dengan ini Anda tidak perlu ragu-ragu lagi terkait layanan hosting yang Anda gunakan.

Dengan adanya bukti dan ulasan baik dari para pengunjung dapat menyakinkan Anda dalam menggunakan layanan hosting tersebut.

Memilih layanan hosting memang butuh pertimbangan yang lebih matang, sehingga Anda tidak merasa dirugikan atas penyebab hosting lelet. Memilih hosting terbaik berarti sama dengan membangun dan memelihara website terbaik.