Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Kelebihan VPS untuk Hosting yang Harus Anda Ketahui

Sekarang ini semakin banyak pemilik website yang tertarik menggunakan hosting VPS untuk mengembangkan situs mereka. Pasalnya, hosting tersebut diklaim memiliki cukup banyak kelebihan untuk menunjang performa website yang dimiliki. Kelebihan VPS tersebut semakin bisa diandalkan seiring dengan meningkatnya kebutuhan resource untuk pengembangan website.

Secara umum, hosting VPS memiliki spesifikasi dan performa yang lebih tinggi ketimbang jenis shared hosting. Performa yang lebih tinggi tersebut dibutuhkan untuk menunjang proses pengembangan sebuah website pribadi maupun juga situs bisnis yang Anda miliki.

Apa Itu VPS Hosting?

Sebelum melanjutkan pembahasan secara lebih jauh terkait dengan keunggulan hosting VPS, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa itu VPS. Hal ini bertujuan agar Anda bisa memiliki pemahaman yang lebih luas dan menyeluruh terkait dengan apa itu teknologi hosting VPS.

Singkatnya, Virtual Private Server (VPS) merupakan sebuah server virtual yang mempunyai resource tersendiri dan hanya bisa digunakan oleh satu pelanggan saja. Dengan demikian, Anda sebagai administrator server virtual tersebut bisa melakukan berbagai pengaturan terkait dengan kebutuhan pada server.

Server VPS disebut dengan istilah virtual karena memang server tersebut tidak benar-benar terbagi secara fisik. Jadi sebuah VPS menggunakan teknologi virtualisasi perangkat lunak untuk digunakan membagi satu server fisik menjadi beberapa mesin virtual yang bisa disewa oleh para pengguna.

Nantinya, masing-masing pengguna akan mendapatkan satu mesin virtual tersebut untuk dikelola. Pengelolaan satu mesin virtual tidak akan mengganggu penggunaan resource pada mesin virtual lainnya. Sehingga berapapun jumlah resource yang Anda gunakan tidak akan berpengaruh pada mesin virtual server orang lain.

Kalau boleh diibaratkan, VPS itu seperti sebuah bangunan Apartemen dengan berbagai unit di dalamnya. Setiap penghuni sebenarnya tinggal dan menempati gedung bangunan yang sama yakni gedung Apartemen tersebut.

Akan tetapi masing-masing pengguna memiliki otoritas penuh terhadap masing-masing unit yang mereka tinggali. Para pemilik bisa mengatur penggunaan sumber daya sesuai dengan kebutuhan dan tidak akan memberikan gangguan pada penghuni unit lainnya.

Jadi kalau sebuah server fisik bisa dianalogikan dengan bangunan gedung Apartemen tersebut, maka VPS yang Anda sewa adalah seperti unit-unit apartemen di dalam bangunan tersebut. Anda sudah memiliki batasan resource tersendiri sehingga penggunaannya tidak akan mengganggu pengguna lainnya.

Jenis VPS Hosting Berdasarkan Pengaturannya

Secara umum, terdapat beberapa kategori yang bisa digunakan untuk mengelompokkan suatu VPS Hosting. Salah satunya adalah berdasarkan cara pengaturan dan pengelolaan server tersebut. Sebagai informasi, berikut adalah pembagian jenis VPS berdasarkan cara pengaturan dan pengelolaannya.

1. Unmanaged VPS

Jenis VPS yang pertama perlu Anda ketahui adalah Unmanaged VPS. Ketika Anda menyewa VPS Unmanaged maka server hosting tersebut tidak dikelola oleh tim provider hosting. Sehingga Anda bertanggung jawab penuh terhadap pengelolaan dan operasional server tersebut.

Anda harus melakukan berbagai pengaturan dan konfigurasi VPS secara mandiri. Mulai dari mengaktifkan VPS, memasang panel control, mengakses ke root, dan bahkan juga melakukan deploy website atau aplikasi.

Jadi pada VPS jenis ini maka provider hosting hanya bertanggung jawab untuk menyediakan koneksi jaringan dan server fisik. Sementara itu pengelolaan dan pengaturannya diserahkan pada masing-masing pengguna. Sehingga jika ada kesalahan saat melakukan konfigurasi maka biasanya provider hosting akan sedikit lepas tangan.

2. Managed VPS

VPS yang berikutnya adalah Managed VPS yang merupakan kebalikan dari Unmanaged. Singkatnya Managed VPS merupakan sebuah layanan hosting yang sudah disediakan secara lengkap oleh pihak provider. Termasuk dalam hal pengaturan dan konfigurasi server virtual tersebut.

Ketika Anda menyewa layanan Managed VPS maka pihak hosting akan menyediakan tim profesional yang bertugas untuk mengurus server tersebut. Nantinya mereka akan melakukan pemantauan terhadap server tersebut secara berkesinambungan, melakukan backup data, memperbarui sistem operasi server, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Jadi ketika Anda menyewa layanan managed VPS maka hanya perlu berfokus pada pengelolaan website saja. Pasalnya untuk operasional dan pengelolaan server sudah ditangani oleh tim dari pihak provider layanan hosting. Mengingat bahwa VPS ini dikelola oleh tim dari layanan hosting, biasanya untuk harga sewa Managed VPS relatif lebih mahal ketimbang Unmanaged VPS Hosting.

Kelebihan VPS Untuk Pengembangan Website

Ada cukup banyak kelebihan VPS yang membuatnya patut untuk dipertimbangkan sebagai sarana pengembangan website. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh VPS.

1. Kelebihan VPS : Resource Hosting yang Lebih Baik

Kelebihan pertama yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan VPS adalah dukungan resource yang lebih baik ketimbang shared hosting. Ketika menggunakan VPS maka Anda tidak perlu berbagi resource seperti RAM, Space, ataupun Bandwidth kepada pengguna lain.

Penggunaan resource server yang tidak terbagi ini akan membuat kinerja dan performa website yang dikelola menjadi lebih baik. Sehingga website tersebut pun lebih minim dari ancaman down akibat lonjakan trafik atau yang lainnya.

2. Tingkat Privasi dan Keamanan yang Lebih Maksimal

Sekarang ini banyak orang yang menggunakan VPS karena privasi dan keamanan yang ditawarkan cukup maksimal. VPS memungkinkan para pengguna untuk menyimpan file-file website pada database sendiri. Sehingga hanya pengguna yang bersangkutan yang bisa mengakses folder tersebut. Imbasnya, tingkat privasi dan keamanan pun akan menjadi lebih optimal.

3. Tingkat Skalabilitas yang Tinggi pada VPS

VPS juga memungkinkan Anda untuk melakukan skalabilitas penggunaan secara lebih maksimal. Seiring berjalannya waktu, tentunya website yang dikelola pun akan menjadi semakin besar. Sehingga Anda pun akan membutuhkan resource yang lebih besar baik dari segi RAM, space, dan bahkan juga bandwidth.

Jika menggunakan VPS, Anda bisa melakukan upgrade resource kapan saja dan sesuai kebutuhan. Dengan tingkat skalabilitas yang baik ini, Anda bisa lebih bijaksana dalam mengatur anggaran untuk pengembangan dan pengelolaan server website.

4. Kontrol Penuh Pada Server Virtual

Kelebihan lain yang dimiliki oleh VPS adalah adanya kontrol penuh dari masing-masing pengguna terhadap mesin virtual yang mereka miliki. Ketika menyewa layanan hosting VPS maka setiap pengguna akan mendapatkan akses ke root server ataupun SSH (Secure Shell Connection).

Dengan demikian, Anda bisa memiliki kontrol penuh terhadap server yang dimiliki tersebut. Meskipun ada pengguna mesin virtual lain pada server fisik yang sama, namun mereka tidak akan memiliki akses ke mesin VPS yang Anda miliki.

5. Bisa Menghemat Biaya

Memang secara umum harga sewa hosting VPS sedikit lebih mahal ketimbang layanan shared hosting. Akan tetapi jika diperhitungkan secara ekonomi maka penggunaan VPS bisa lebih menghemat pengeluaran budget untuk website.

Pasalnya, Anda bisa memilih jenis VPS dengan resource sesuai kebutuhan masing-masing. Kemudian jika website tersebut sudah berkembang maka Anda bisa menaikkan resource tersebut sesuai kebutuhan sehingga tidak akan ada banyak biaya yang terbuang secara percuma.

Itulah ulasan lengkap mengenai kelebihan VPS yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan kalau ingin menggunakan layanan hosting VPS untuk pengembangan website pribadi maupun perusahaan.