Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Terkecoh! Begini Cara Mendapatkan Harga VPS Murah

Sekarang ini semakin banyak orang tertarik mencari harga VPS murah untuk memenuhi kebutuhan pengembangan website yang mereka miliki. Hal ini tidak lepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkan bagi para pengguna VPS.

Virtual Private Server (VPS) merupakan jenis server virtual yang di dalamnya memiliki resource tersendiri dan bisa digunakan sesuai kebutuhan oleh penggunanya. Ketika menyewa layanan VPS ini, Anda bisa mengelola server virtual tanpa perlu harus memiliki server fisik pribadi.

Layanan hosting VPS semakin banyak digemari karena dinilai bisa memberikan berbagai macam keunggulan. Mulai dari resource yang lebih baik, keamanan yang lebih maksimal, hingga tingkat skalabilitas yang lebih baik daripada shared hosting.

Cara Mendapatkan Harga VPS Murah untuk Hosting Website

Memang sekarang ini sudah banyak provider hosting yang menawarkan layanan VPS dengan harga relatif cukup terjangkau. Akan tetapi Anda tetap harus cermat dan bijak dalam memilih provider hosting VPS tersebut agar tidak menyesal dikemudian hari.

Sebagai referensi, berikut adalah beberapa cara mendapatkan harga VPS murah untuk hosting website yang perlu dipertimbangkan.

1. Mencari Info dari Provider Hosting Penyedia Harga VPS Murah

Sebelum memutuskan untuk menyewa suatu layanan hosting VPS, tidak ada salahnya kalau terlebih dahulu Anda mencari informasi terkait provider tersebut. Sebisa mungkin Anda perlu memilih dan mencari informasi dari provider layanan hosting yang memang kredibel dan berkualitas.

Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan layanan yang optimal serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang. Provider hosting yang kredibel dan berkualitas, umumnya akan memiliki layanan yang baik terutama sebelum pembelian dan pasca pembelian.

Sehingga para pelanggan pun bisa lebih nyaman dalam menggunakan provider tersebut. Selain itu, provider hosting yang kredibel juga umumnya lebih bertanggung jawab terhadap hal-hal teknis yang terjadi pada server dan hosting mereka. Sehingga minim sekali kejadian provider hosting kabur dan lepas tanggung jawab pada permasalahan yang dialami oleh pelanggan.

2. Pertimbangkan untuk Mencari Promo

Untuk menggaet pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama, biasanya provider hosting kerap mengadakan promo menarik. Sebenarnya, Anda bisa mencoba memanfaatkan hadirnya promo-promo tersebut untuk mendapatkan layanan hosting VPS dengan harga yang murah.

Sejumlah provider tidak segan-segan untuk memberikan promo yang menarik bagi para pelanggan baru mereka. Misalnya saldo kredit, gratis domain, potongan harga hingga batas tertentu, dan lain sebagainya.

Banyaknya promo-promo tersebut bisa menjadi celah bagi Anda yang ingin mendapatkan harga murah untuk layanan VPS. Dengan memanfaatkan promo tersebut maka potensi untuk bisa mendapatkan layanan VPS berkualitas dengan harga terjangkau pun menjadi semakin tinggi.

Namun perlu diingat bahwa untuk promo biasanya berlaku untuk durasi tertentu misal hanya untuk tahun pertama dan lain sebagainya. Sehingga ada baiknya kalau Anda membaca terlebih dahulu Term and Service penggunaan promo tersebut sebelum membeli.

Pasalnya, tidak sedikit pengguna yang kaget ketika melakukan perpanjangan layanan server hosting. Sebab harga yang ditunjukkan pada saat perpanjangan tidak lagi sama dengan harga awal pembelian pada saat promo berlangsung.

Jadi jangan heran jika harga perpanjangan layanan hosting umumnya sedikit lebih mahal daripada harga pada saat pembelian pertama karena adanya promo.

3. Tidak Ada Salahnya Menggunakan Provider Hosting Indonesia

Provider hosting sebenarnya tidak harus berasal dari luar negeri. Pasalnya, di Indonesia sendiri sudah semakin banyak perusahaan hosting yang menyediakan layanan VPS berkualitas bagi pelanggannya.

Selain layanan berkualitas, keunggulan lain yang didapatkan dari penggunaan provider lokal adalah kemudahan dalam proses pembayaran. Anda tidak perlu melakukan top up saldo yang besarnya bergantung pada kurs nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing untuk melakukan pembayaran.

Saat ini sudah ada cukup banyak provider hosting di Indonesia yang berkualitas dan bisa digunakan untuk menyewa layanan VPS. Penggunaan layanan hosting dalam negeri, umumnya terbilang cukup terjangkau karena tidak terlalu bergantung pada perubahan kurs mata uang ataupun pajak.

4. Lakukan Survei pada Beberapa Provider Hosting

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mendapatkan layanan hosting VPS dengan harga murah adalah melakukan survei dan perbandingan beberapa provider. Dengan cara ini, nantinya Anda bisa mendapatkan jenis layanan yang paling tepat dan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Sebelum memutuskan untuk memilih suatu layanan hosting, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu beberapa provider VPS. Misalnya mencari tahu info tentang layanan VPS di provider A, provider B, provider C, dan juga provider D.

Anda bisa membandingkan layanan dan resource yang ditawarkan oleh masing-masing provider tersebut. Pastikan Anda memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan website dan juga biaya yang Anda miliki.

Melakukan survei dan membandingkan layanan dari beberapa provider akan memberikan Anda keleluasaan dalam memilih layanan. Imbasnya, Anda pun bisa mendapatkan jenis layanan yang paling tepat dengan harga terbaik.

Cara ini termasuk yang paling efektif dan tepat untuk digunakan sebagai langkah antisipatif jika ingin mendapatkan layanan hosting murah. Selain bisa mendapatkan layanan dengan harga terbaik, Anda bisa mengetahui keunggulan dan jenis layanan yang ditawarkan oleh setiap provider.

5. Manfaatkan Trial VPS Gratis

Mengingat bahwa Anda akan menggunakan layanan VPS tersebut dalam jangka panjang, tentunya proses pemilihannya pun harus hati-hati. Jangan sampai Anda salah pilih dan kemudian menyesal di kemudian hari.

Untuk menghindari ketidakpuasan di masa yang akan datang, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan layanan trial VPS gratis. Layanan ini memungkinkan bagi calon pengguna baru untuk bisa menikmati layanan hosting VPS secara gratis dalam durasi tertentu.

Provider layanan hosting di dalam dan luar negeri beberapa diantaranya sudah banyak yang menawarkan layanan trial. Anda bisa mencoba mencarinya di internet dengan menggunakan banyak kata kunci. Misalnya saja adalah “free vps trial” dan lain sebagainya.

Jika beruntung nantinya Anda bisa menikmati layanan VPS gratis dalam kurun waktu tertentu sebagai masa trial. Selama masa trial tersebut, Anda bisa menggunakan layanan VPS dengan resource tertentu sesuai kebijakan masing-masing provider.

Ketika menggunakan layanan VPS gratis maka Anda bisa menilai dan juga mengamati performa dari provider tersebut. Ada banyak hal yang bisa Anda nilai mulai dari kecepatan server internet, resource yang diberikan, sistem OS pada server, hingga tingkat responsibilitas pelayanan pelanggan.

Berdasarkan data-data yang Anda dapatkan dalam masa trial tersebut, maka bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Apakah nantinya Anda akan menggunakan layanan VPS dari provider tersebut ataukah tidak.

Dengan demikian, Anda bisa menghindari terjadinya pemborosan biaya atau anggaran penggunaan layanan VPS untuk hosting website.

Itulah beberapa cara mudah mendapatkan harga vps murah dan berkualitas untuk kebutuhan pengembangan website. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu merasa kebingungan lagi apabila ingin mencari provider hosting VPS yang terbaik dan berkualitas.