Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenali 6 Kelebihan Dedicated Hosting Server di Bawah Ini!

Dalam membangun website terbaik Anda harus menggunakan jenis hosting yang memiliki menunjang kebutuhan website Anda. salah satu jenis hosting yang unggul ialah Dedicated Server. Anda bisa melihat keunggulannya dengan menyimak ulasan di bawah ini terkait kelebihan Dedicated hosting Server. 

Mengenal Dedicated Server

hosting website memiliki banyak jenisnya, sehingga tak heran bagi penyedia layanan hosting menawarkan ragam jenis web hosting, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Di antara berbagai jenis hosting yang bisa ditemukan salah satunya Dedicated Server, Shared Hosting hingga Cloud VPS server. Akan tetapi kali ini seperti judulnya hanya akan membahas terkait Dedicated Server.

Dedicated Server merupakan jenis hosting yang bisa sewa atau memakainya bisa secara penuh dalam mengakses website Anda.

Dedicated Server memiliki berbagai sumber  daya yang bisa Anda gunakan secara penuh sendirian. Di antara sumber dayanya meliputi RAM,  bandwidth, disk space, processor,  dan lainnya.

Selain itu, Anda bisa menggunakan jenis hosting ini untuk aplikasi, email atau sejenis game hosting.

Tipe Dedicated Server Hosting

perlu Anda ketahui, Dedicated Server Hosting ini memiliki dua tipe yang di antaranya Managed Server Hosting dan Unmanaged Server Hosting.  Lebih jelasnya bisa Anda simak di bawah ini.

Managed server hosting 

Pertama ada Dedicated Managed Server Hosting. Di mana dengan jenis hosting ini Anda tidak perlu repot-repot mengelola operasi server sendirian.

Mulai dari proses manajemen, administrasi, pemeliharaan, update, monitoring, pengaturan konfigurasi bahkan pemindaian virus akan ditangani oleh penyedia layanan hosting itu sendiri.

Dengan memilih jenis ini, Anda perlu memiliki akses root penuh mengenai server Anda

Unmanaged server hosting

jika tadi Managed Server Hosting, maka sekarang adalah Unmanaged Server Hosting. Tipe ini merupakan kebalikan dari jenis sebelumnya.

Di mana Anda bebas melakukan pengelolaan server bahkan terkait pengelolaan operasi beserta pemasangan control panel yang sesuai dengan kemauan Anda.

Bisa dikatakan, jenis hoting ini akan sangat cocok jika digunakan oleh perusahaan yang memiliki technical team yang andal dalam pengeoperasian sistem.

Jadi, dari kedua tipe atau jenis hosting di atas, mana yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan Anda?

Kelebihan-kelebihan Dedicated Hosting Server

Agar semakin jelas terkait gambaran Anda mengenai Dedicated Server Hosting, Anda bisa menyimak kelebihan-kelebihannya di bawah ini

1.    Alamat IP dan Akses Penuh Milik Sendiri

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa Dedicated Server ini merupakan jenis hosting yang bisa Anda gunakan secara penuh, yang artinya akses hosting yang anda sewa tersebut hanyalah milik Anda sendiri. sehingga, Anda tidak perlu membaginya dengan pengguna lain.

Dengan ini Anda bisa mengontrolnya secara penuh dan terbilang fleksibel untuk diaktifkan atau dinonaktifkan pada jenis software lain. Bahkan Anda pun bisa mengatur kostumisasi server dalam menunjang website Anda bekerja.

Berbeda dengan jenis shared hosting, alamat IP hosting pun bisa Anda miliki sendiri tanpa membaginya dengan pengguna lain.

2.    Reliabilitas dan Performa Maksimal

sebab tadi, akses hosting sepenuhnya milik Anda sehingga Dengan keseluruhan sumber daya server hosting yang hanya dimiliki oleh Anda sendiri, maka Anda tidak perlu khawatir mengenai performa dan reliabilitasnya seperti konektivitas, uptime, hingga kecepatan website Anda.

tak hanya itu, Anda memiliki kebebasan yang lebih dalam memanfaatkan resource dengan lebih maksimal. Sebab, jenis Dedicated Server Hosting biasa dilengkapi dengan unlimited bandwidth dan disk space.   

3.    Keamanan 

Terkait keamanan, jenis Dedicated Server Hosting Anda tidak perlu lagi cemas. Seperti yang disebutkan di atas, akses hosting ini hanya milik Anda sendiri sehingga tidak perlu mencemaskan masalah keamanan yang diakibatkan website lain.

Dedicated Server Hosting pun dibekali dengan alamat IP yang sangat unik sehingga dapat menjamin privasi keamanan. Tak hanya itu jenis hosting ini dilengkapi dengan fitur proteksi yang berguna untuk melindungi website dari serangan malwares dan adwares.

4.    Customer Support yang Menjanjikan 

Meskipun untuk mendapatkan jenis Dedicated Server Hosting ini membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis hosting lainnya akan tetapi Anda bisa mendapatkan fasilitas yang sangat  sebanding.

Salah satu fasilitas yang menguntungkan ialah jaminan bantuan atau dukungan yang prima dari penawar layanan hosting. Anda akan menjadi pelanggan yang diprioritaskan jika memilih Dedicated Server.

  1. Bisa Cek Via Remote

Hal yang paling menarik lainnya ialah melakukan peninjauan atau pengecekan server yang bisa Anda lakukan secara remote jarak jauh. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda.

Tanpa mendatangi dan mengecek secara langsung pada fisik server Anda bisa mengawasinya dengan secara remote, praktis dan sangat mudah.

6.    Efisiensi Waktu dan Biaya

Kelebihan terakhir yang bisa Anda dapatkan dari Dedicated Server yakni adanya efisiensi waktu dan biaya.

Seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa melakukan cek secara remote dan tentunya ini akan membuat waktu menjadi lebih efisiensi.

Akses dan pemakaian sumber daya hosting yang digunakan secara penuh oleh sendiri membuat Anda tidak perlu membeli server dan mengeluarkan biaya lagi.

Pemeliharaan dan pengelolaan server pun bisa dilakukan dengan sebaik mungkin untuk menghindari permasalahan lain.

Itulah keunggulan-keunggulan yang ada pada Dedicated Server. Dengan mengetahui gambaran-gambaran ini, nda bisa menyakinkan diri terkait apakah Anda akan menyewa jenis hosting ini atau tidak.

Tips Memilih Layanan Dedicated Server yang Tepat

Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan Dedicated Server, maka Anda harus memilihnya dengan berbagai pertimbangan, sebab biaya yang dikeluarkan dalam menggunakan jenis hosting ini tidak sedikit.

Maka dari itu Anda bisa mengikuti tips di bawah ini agar tak salah pilih layanan.

Status Keamanan Penyedia Layanan

Hal pertama yang harus Anda pastikan dalam memilih layanan Dedicated Server ialah status keamanan penyedia layanan. Dalam membuktikan keamanan penyedia layanan ini bisa Anda buktikan dari sertifikat keamanannya, seperti SOC 2 Type II dan sertifikat lainnya.

Tak hanya dari sertifikat, dalam memastikan keamanannya bisa Anda buktikan dari fitur keamanan yang ada pada hosting tersebut, semisalnya fitur SSL-Certificate, Imunify360 Server Security ataupun firewall.

Konektivitas Jaringan yang Andal

Selanjutnya untuk memastikan kualitas Dedicated Server Hosting, Anda bisa memastikan konektivitas jaringan atau sistem yang dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, pastikan juga layanan tersebut dilengkapi fasilitas bandwidth unlimited ataupun fitur  backup link. Hal ini berguna dalam meningkatkan konektivitas jaringan dan menghindari masalah downtime.

Metode Pembayaran yang Fleksibel

Terakhir, dalam memilih layanan hosting Anda harus memilih layanan yang memberikan metode pembayaran yang terbilang fleksibel dan aman serta sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain ketiga  tips di atas, Anda pun harus memilih layanan hosting yang lokasi data centernya di Indonesia.

Dengan beberapa tips dan gambaran kelebihan Dedicated Hosting Server di atas, maka Anda harus bisa memilih jenis hosting  yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.