Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian VPS, Fungsi hingga Kelebihan dan Kekurangannya!

Ketika Anda berlangganan layanan shared hosting namun tidak dapat menunjang kegiatan website bahkan sekalipun menggunakan paket shared hosting termahal, Anda bisa beralih menggunakan VPS. Apa itu VPS? Anda bisa mempelajarinya pada artikel di bawah ini terkait pengertian VPS dan seluk-beluknya.

Inilah Pengertian VPS

Mengenai pengertian dari VPS; pada dasarnya VPS merupakan singkatan dari istilah Virtual Private Server merupakan sebuah server yang menggunakan teknologi virtualisasi dalam membagi hardware server fisik dan dijadikan beberapa server virtual yang dihosting pada infrastruktur fisik yang sama.

VPS disebut juga sebagai salah satu layanan yang banyak digunakan dalam meng-online-kan website.

Dengan teknologi virtualisasinya, VPS menyediakan resource dedicated personal pada server sekalipun digunakan lebih dari satu pengguna. Dengan penggunaan yang lebih dari satu pengguna, maka pengguna dapat mengelola konfigurasi dan resource di dalamnya secara penuh.

VPS Hosting disebut juga sebagai jenis VPS yang lebih aman dan stabil jika dibandingkan dengan jenis Shared Hosting.  

Dengan  menggunakan Shared hosting, Anda tidak  bisa menggunakan ruang server yang bersifat dedicated. Sedangkan menggunakan VPS Hosting, resource yang didalamnya hanya  diakses oleh satu pengguna.

Biasanya orang yang menyewa jenis VPS Hosting adalah mereka yang memiliki trafik website yang tinggi dan melebihi batas syarat shared hosting serta belum memerlukan resource dari server dedicated. 

Ada beberapa paket hosting VPS yang biasa ditawarkan, maka Anda bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Berikut 5 Fungsi dari VPS

Setelah mempelajari pengertian VPS di atas, Anda pun harus tahu bagaimana fungsi dari VPS.  Simak penjelasannya di bawah ini terkait 5 fungsi VPS.

1.      Server Website (Web Hosting)

Fungsi pertama dari VPS adalah sebagai Server Website atau website hosting. Banyak pengguna yang menggunakan VPS ini untuk server website dalam membangun dan memelihara website.

Seiring perkembangan lalu lintas yang besar pada sebuah website tentu dibutuhkan sumber daya yang besar yakni dengan memilih menggunakan hosting VPS.

Dibandingkan dengan sebuah website yang lalu lintasnya masih rendah mereka tetap bisa memilih menggunakan jenis shared hosting.

Sebab tadi, VPS hosting memiliki sumber daya yang lebih besar dibandingkan dengan jenis shared hostinger.

2.      Server Remote Desktop 

Kedua, VPS hosting digunakan oleh para pengguna sebagai mesin dalam mengelola bisnisnya, yakni sebagai server remote desktop atau menerapkan bot dalam server.  Dimana bot ini dapat menjalankan perintah yang disematkan pada jangka waktu tertentu.

Ingat ketika Bitcoin menjadi hal  yang paling trending? Pengguna dari Bitcoin ini memanfaatkan VPS dalam menambang bitcoin. Akan tetapi, seluruh penyedia melarang penggunaan VPS untuk tujuan tersebut karena dapat membebankan posisi server yang tinggi dan lebih lama.

Dengan menggunakan PVS para pengguna layanan bisa menjadi lebih tenang dalam mengelola bisnisnya.

3.      Server File Hosting 

VPS biasa digunakan dalam Menyimpan file pribadi sehingga bisa melakukan akses dari mana saja melalui internet.

beberapa arsip hosting tertentu hanya bisa digunakan oleh layanan VPS dan tidak dipergunakan untuk menggunakan layanan hosting karena memuat suatu server dan menghambat aktivitas pengguna lainnya.

VPS memiliki kapasitas penyimpanan yang sesuai  dengan paket yang digunakan oleh pengguna dalam berlangganan. Oleh sebab itu semakin mahalnya biaya berlangganan maka akan semakin besar ruang penyimpanannya.

4.      Mesin Percobaan 

Fungsi lain dari VPS yakni sebagai mesin percobaan.di mana para developer yang membuat inovasi terbaru dalam membuat program bisa menggunakan VPS sebagai pengujian sistemnya.

Selain itu, dengan menggunakan VPS segala jenis cacat program dapat diperbaiki dengan segera mungkin. Para developer sangat terbantu dengan adanya VPS hostinger.

5.      Backup Server Pertama

Fungsi terakhir  yang dimiliki oleh VPS hosting yakni sebagai backup server pertama. Di mana dengan VPS Anda bisa menjaga data-data dari adanya kehilangan atau bahkan pencurian data.

VPS akan menambah server cadangan dalam menjaga data server terbaru untuk tetap up to date, sehingga jika server utamanya mengalami masalah pengguna bisa menggunakan server cadangan dalam melakukan restore di waktu tertentu.

Nah itulah fungsi-fungsi dari penggunaan VPS  hosting yang bisa Anda peroleh dan manfaatkan untuk membangun website terbaik.

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Setelah mengetahui fungsi-fungsi yang ada pada VPS Anda jangan tergiur terburu-buru dalam mendapatkannya, lebih baik jika Anda mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang ada pada PVS sehingga Anda bisa memutuskan apakah VPS sesuai kebutuhan atau tidak.

Kelebihan VPS

VPS memiliki kelebihan yang di antaranya sebagai berikut:

        VPS merupakan server hosting yang cepat dan dapat diandalkan dibandingkan shared hosting

        Adanya jaminan resource server semisal memori, processing power sehingga fluktuasi dalam resource dapat berkurang atau tidak ada.

        Masalah website dan traffic pada user lain tidak dapat mempengaruhi situs website milik Anda.

        Mendapatkan akses superuser atau root ke server

        Privasi yang lebih terjamin sehingga file dan database tersimpan dan tersembunyi dari pengguna lain.

        Layanan yang mudah di-scale atau mudah di-upgrade terkait resource server  seperti RAM, Bandwith, CPU, dan lainnya.

Kekurangan VPS

Setidaknya terdapat 3 poin yang menjadi kekurangan VPS di antaranya sebagai berikut ini:

        Harga layanan VPS hosting memiliki nilai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

        Didorong untuk memiliki pemahaman terkait teknis atau pengelolaan server sehingga Anda bisa melakukan pengaturan atau kelola server dengan lebih baik.

        Pengaturan server yang dilakukan secara salah bisa berdampak tinggi terhadap keamanannya.

Dengan penggambaran terkait kelebihan dan kekurangan ini, Anda bisa mempertimbangkan secara matang, apakah VPS idhostinger ini memang sangat dibutuhkan oleh website Anda atau tidak.

Kapan Menggunakan VPS?

Para pengguna biasanya memilih untuk menggunakan VPS hosting di mana saat website mereka mulai berkembang, bahkan jika telah melampau batas shared hosting. Di saat nilai paket yang paling mahal dari shared hosting tidak bisa diakomodasi untuk website Anda, Anda bisa mulai untuk memilih menggunakan VPS.  

VPS hosting memberikan dua layanan terbaik untuk website yang Anda kelola yakni Shared hosting dan Dedicated Hosting.

Tapi, Ada juga hal-hal yang mengharuskan Anda untuk menggunakan VPS Hosting sejak awal, yakni ketika Anda memilih untuk membuat website e-commerce atau toko online.

Metode pembayaran e-commerce yang lebih aman, nyaman serta cepat hanya bisa menggunakan VPS ini.

Keuntungannya dalam proses pembayaran VPS dapat meminimalisir risiko bocor keamanan dan adanya kemampuan mengidentifikasi si pencuri. Keamanan website Anda akan lebih terjamin dengan menggunakan VPS hosting.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu kan kapan menggunakan VPS Hosting untuk website terbaik Anda?

Demikian gambaran penjelasan terkait pengertian VPS, fungsi, kelebihan dan kekurangan  VPS hingga waktu penggunaannya. Semoga bermanfaat!