Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu! Ini Daftar Kelebihan dan Kekurangan VPS

Mempunyai website sudah menjadi hal yang dilakukan oleh banyak orang sekarang ini. Anda juga dapat mengelola bisnis dengan menggunakan situs saja. Hal ini adalah  salah satu alasan besar dari banyaknya pemakaian website.  Dengan begitu, VPS sebagai hosting yang merupakan bagian penting juga harus diketahui. Salah satunya dengan mengecek informasi kelebihan dan kekurangan VPS.

Sebenarnya, untuk menjalankan sebuah situs sendiri, selalu ada hosting yang digunakan. Jadi, semua data yang akan Anda gunakan ini dimasukkan ke dalam hosting.  Tersedia berbagai macam paket untuk dimanfaatkan.

Jadi, VPS adalah bagian dari paket hosting untuk penyimpanan data website dengan berbagai macam fitur lainnya yang tidak dimiliki oleh paket lainnya. Yuk, simak lebih lanjut.

Berikut Daftar Kelebihan dan Kekurangan VPS

Agar tidak salah menggunakan paket hosting dan dapat memperoleh keuntungan. Maka, penting halnya untuk Anda mengetahui daftar keuntungan hingga kerugian yang akan didapatkan. Penggunaan VPS juga memberikan keuntungan yang berbeda dengan paket lainnya.

Semua jenis paket mempunyai keunggulan sendiri. Cek dahulu daftar kelebihan juga kekurangan dari VPS sendiri.

Kelebihan Memakai VPS

Sebelum memutuskan untuk membayar biaya sewa penyedia langganan. Maka, riset harus dilakukan dengan baik. Jika menggunakan langkah seperti ini, Anda tidak harus membuang waktu lagi nantinya. Apalagi mengeluarkan biaya dua kali untuk mengganti server.  Jadi, pikirkan dengan baik dari melihat daftar kelebihan dalam pemakaian VPS ini.

1.     Resource situs lebih baik

Keunggulan pertama dalam pemakaian adalah performa situs yang jauh lebih baik. Berbeda halnya dengan shared hosting dimana Anda menggunakan server secara bersamaan. Dalam layanan yang satu ini jauh lebih rapi karena Anda tidak harus bergabung dengan orang lain. Tidak akan ada resource yang tercampur dengan pemilik website lain seperti ini juga.

Memanfaatkan VPS membuat Anda dapat menggunakan resources berupa RAM atau juga CPU hingga bandwidth dengan mudah. Anda dapat melakukan akses sendiri dalam penggunaan. Dengan begitu, tidak akan ada gangguan dari situs lainnya. Biasanya, jika overload juga akan berdampak kepada Anda. Sekarang sudah tidak ada gangguan karena perawatan sendiri.

2.     Performa meningkat

Tidak jauh beda dengan kelebihan penggunaan sebelumnya, sistem VPS ini juga memberikan kemudahan karena dapat meningkatkan performa situs. Kelebihan dan kekurangan VPS yang satu ini wajib untuk diketahui karena performa adalah hal yang penting. Semua situs dapat berada dalam posisi yang tinggi jika situs muncul dalam laman utama dan digunakan banyak orang.

Bahkan, pengunjung juga merasa jauh lebih nyaman dengan situs yang pergerakannya cepat. Anda sebagai pengguna internet saja akan berganti situs jika salah satu link yang dibuka berjalan lambat. Pesaing yang kuat sangat banyak sehingga Anda harus membuat situs mempunyai kelebihan. Salah satunya adalah pelayanan yang cepat. Situs jarang down sehingga performa jauh lebih baik lagi.

3.     Lebih terjamin

Keamanan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam pemakaian. Tidak semua hosting dapat memberikan kemudahan dan jaminan aman. Ingat halnya kalau VPS ini akan menyimpan berbagai macam file. Selain itu, data yang dimasukkan adalah database perusahaan dan file penting lainnya. Jadi, penting halnya jika hanya Anda yang dapat melakukan akses.

Dengan penggunaan VPS, pengendalian dilakukan oleh Anda atau jasa yang disewa. Namun, semua kendali ada di tangan Anda sehingga tidak harus khawatir akan ada pengguna lain. Tidak ada orang yang dapat melakukan akses database pada server Anda.  Tidak perlu khawatir karena sudah tersedia sistem backup sehingga tidak akan data yang hilang.

4.     Skalabilitas yang baik

Anda harus tahu kalau VPS dapat digunakan dengan mudah karena adanya skalabilitas yang baik juga. Nantinya, situs akan terus mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya bisnis atau perusahaan Anda. Dengan begitu, data yang dibutuhkan akan jauh lebih banyak lagi. Jadi, Anda akan membutuhkan skala yang jauh lebih besar daripada penggunaan VPS saja.

Dengan menggunakan layanan hosting ini jauh lebih dulu, Anda dapat melakukan upgrade pada layanan yang ada. VPS dapat langsung diupgrade. Peningkatan skala CPU kemudian ruang penyimpanan hingga bandwidth juga jauh lebih cepat. Jadi, Anda dapat menaikkan skala website dalam pemakaian sehingga dapat mengimbangi resource Anda juga.

5.     Kontrol penuh

Jika menggunakan VPS, Anda bisa saja mendapatkan kontrol penuh dalam sistem yang ada. Anda memang mempunyai akses ke dalam SSH sendiri walaupun ada dalam satu server fisik. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, Anda dapat melakukan modifikasi mulai dari sistem operasi kemudian berbagai file hingga memanfaatkan aplikasi yang diberikan.

Kekurangan Layanan VPS

Dalam mengetahui kelebihan dan kekurangan VPS, Anda juga harus tahu daftar kekurangan yang dimiliki. Walaupun mempunyai berbagai macam kelebihan yang membuat VPS tampak sempurna. Tentu saja, layanan ini juga mempunyai kekurangan sendiri.  Berikut daftar kekurangan sebelum menggunakan layanan, perhatikan hingga akhir.

        Kemampuan bidang teknik

Sebenarnya, kemampuan yang satu ini adalah dasar dalam menjalankan bisnis. Anda harus tahu langkah yang tepat dengan mempelajari hal ini lebih dulu. Pastinya, jauh lebih membuang waktu untuk Anda yang ingin fokus dalam bisnis. Namun, memang ada beberapa penyedia layanan yang menyediakan sistem kelola langsung oleh penyedia. Maka, Anda hanya perlu duduk santai.

Namun, ada banyak yang mencari pengelola sendiri sehingga Anda akan kerepotan dalam pekerjaan. Sebuah kesalahan dapat merusak semua sistem yang ada dalam penggunaan hosting.  Dengan begitu, untuk menghindari kerusakan yang mungkin terjadi. Maka, banyak orang yang kembali mencari orang atau tim khusus yang sesuai dan paham dengan program.

        Masalah harga

Salah satu kekurangan lainnya yang besar untuk para pengguna adalah berbagai macam paket dengan harga yang jauh lebih tinggi. Menghemat biaya adalah hal yang penting untuk bisnis banyak orang. Namun, VPS bukanlah layanan website yang gratis. Ada berbagai macam fitur tersedia dengan menggunakan hosting VPS.  Dengan begitu, harga yang diberikan juga pasti jauh lebih mahal.

Apalagi jika Anda tidak mempunyai kemampuan apapun dalam bidang teknik. Maka, biaya yang diperlukan juga menjadi jauh lebih besar lagi. Anda harus menggunakan layanan yang sesuai dari teknisi. Hampir tidak mungkin untuk mencari teknisi yang bersedia dibayar dengan harga murah. Namun, harga tetap lebih tinggi dan memang wajar dari penggunaan juga fasilitas yang ada.

Demikian daftar kelebihan dan kekurangan VPS untuk Anda manfaatkan dalam membuat situs. Anda harus memilih tipe layanan yang sesuai dan memuaskan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan anggaran yang ada dalam melakukan  pembelian.