Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Uninstall CSF (Config Server Firewall)

Config server firewall merupakan salah satu keamanan yang dipakai untuk VPS atau Cloud Server. Namun, seringkali firewall dari Linux ini, tidak cocok dipakai ketika Anda mengunduh aplikasi baru. Nah, simak cara uninstall csf, di sini ya. 

Perlindungan untuk server web hosting, jadi prioritas utama pemilik bisnis. Salah satu tujuannya yaitu melindungi data penting, diakses pihak tak bertanggung jawab. Akan tetapi, ketika software mulai tidak cocok atau bermasalah. Langkah untuk uninstall

Cara Uninstall CSF di VPS 

Pemasangan firewall berperan penting menjaga data, diakses orang tak bertanggung jawab. Pada bisnis yang baru dirintis, jenis server umum digunakan adalah cloud atau vps

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa storage dengan sistem komputasi awan mudah dilihat orang lain. Sehingga, perlu software keamanan. 

Pada dasarnya, ketika firewall csf diaplikasikan untuk vps, Anda telah melakukan upaya mencegah kerugian. Namun, jika pada kondisi tertentu csf menghambat proses instalasi software lain, maka tidak masalah apabila ingin dihapus.  

Config server firewall memudahkan Anda, mengakses dan mengelola tembok keamanan. Biasanya, csf juga langsung terpasang di beberapa layanan VPS. 

Sebelum melepas instalasi, pastikan memenuhi syarat yaitu memiliki VPS X dan dapat mengakses root ke VPS tersebut. Lebih jelasnya, sebagai berikut: 

1. Masuk ke VPS melalui SSH

Langkah pertama melepas instalasi config firewall yaitu masuk ke VPS melalui SSH. Melansir dari Jago Hosting, berikut cara mengakses VPS. Anda dapat menggunakan terminal di Linux, macOS, dan Windows. 

  1. Open terminal kemudian input ssh ke ip
  2. Masukkan username
  3. Klik opsi masuk, lalu berikan persetujuan pada kolom pop-up
  4. Tekan kata sandi VPS X

Alternatif lain, apabila cara di atas tidak berfungsi bisa menggunakan langkah berikut: 

  1. Buka vnc console dan masuk ke halaman member area
  2. Klik VPS dan pilih opsi vnc console
  3. Selanjutnya, tekan enable atau aktifkan vnc console
  4. Jika setuju tekan Ok atau Yes aktifkan
  5. Tunggu, sampai console melakukan launch

Apabila sudah berhasil masuk ke VPS melalui SSH. Maka langkah selanjutnya, melepas instalasi firewall. Perlu Anda ketahui, lakukan secara saksama agar tak mengalami kendala.

2. Lepas Instalasi CSF

Bagi kalangan yang familiar dengan software dan komputer, melepas instalasi perangkat lunak adalah hal mudah. Sebaliknya, jika Anda tidak begitu paham, maka prosesnya bisa menantang.

Meskipun demikian jangan khawatir, di bawah ini merupakan cara mudah uninstall config server firewall bisa ditiru di rumah. 

  1. Masuk ke VPS melalui ssh
  2. Selanjutnya klik ke bagian direktori, ketikkan perintah # cd /etc/csf
  3. Nantinya Anda akan melihat folder uninstall.sh
  4. Jalankan perintah # sh uninstall.sh
  5. Apabila berhasil, selanjutnya hanya perlu menunggu proses hapus selesai

Namun, jika terjadi kesalahan periksa bagian direktori dan ketikkan ulang perintah. Pastikan sudah sesuai, baik dari tulisan maupun spasi. 

Cara Install Ulang Config Server Firewall

Sudah tahu cara kerja VPS? Server akan mengirimkan gambar atau data sesuai request pengguna internet. Segala informasi yang dibutuhkan ini tersimpan di dalam server virtual. 

Meskipun mengklaim memberikan keamanan lebih tinggi daripada share server. Namun, Anda dapat mempertimbangkan mengunduh csf. Menurut Antmedia Host, ini 5 cara simpelnya. 

  1. Pasang config server firewall yang dibutuhkan
  2. Masuk ke bagian direktori /usr/local/src
  3. Jalankan perintah cd /usr/arc/
  4. Atau klik wget https://download.configserver.com/csf.tgs
  5. 5Ekstrak berkas yang diunduh
  6. Lakukan run atau jalankan perintah berupa (tar xfz csf.tgz cd csf sh install.sh)
  7. Jika perintah sesuai, akan muncul notifikasi bahwa instalasi berhasil dilakukan

Pemasangan perangkat lunak cukup mudah, tetapi jika mengalami kegagalan bisa lakukan ulang. Pastikan perintah tidak salah diketik atau kekurangan variabel. 

Fungsi dan Fitur Config Server Firewall

Perangkat lunak dari Linux ini, memiliki sejumlah fungsi krusial bagi pemilih situs. Paling utama, dapat mendeteksi adanya ancaman dari pihak lain. Misalnya upaya masuk ke server yang bersifat privat. 

Anda akan mendapatkan notifikasi, bahwa ada tindakan login yang meminta akses super user. Di sisi lain, config bisa meminimalisir kesalahan pada email server. 

Hal menarik dari config firewall, ada pada fitur yang variatif. Seperti log tracking, process, block reporting, dan port flood protection. Jadi website makin aman dari berbagai ancaman penyebab kerugian. 

Tips Konfigurasi CSF Simpel dan Cepat

Apabila Anda sudah tahu cara mudah memasang vps, kini pahami langkah konfigurasi csf. Setelah dipasang, perlu dilakukan beberapa tindakan, agar software berfungsi sempurna. 

  1. Masuk ke akun web hosting menggunakan domain
  2. Ketikkan nama pengguna dan kata sandi
  3. Pilih menu Config Server Security Firewall
  4. Kemudian, scroll menurun dan klik opsi cfc Config Server Security Firewall
  5. Tekan firewall configuration 
  6. Input port ssh terbaru

Langkah berikutnya adalah menyimpan perintah yang telah Anda ketik dan jalankan. Jangan sampai lupa, agar tak perlu mengulang lagi. 

Daftar CSF Command

Memahami kebutuhan pengguna software keamanan, CSF menyediakan beberapa perintah yang patut Anda tahu. Tujuannya untuk digunakan ketika ingin instal, konfigurasi, hingga uninstall. Cek daftarnya di sini. 

  1. Mengaktifkan firewall tekan csf-e
  2. Sedangkan untuk menonaktifkan tekan csf-x
  3. Csf-d Ip untuk melakukan pemblokiran alamat IP
  4. Sementara csf-dr ip digunakan untuk membuka blokiran sementara
  5. Memuat ulang firewall menggunakan csf-r
  6. Menghapus blok Ip sementara -tf dan -df untuk permanen
  7. Csf -g IP lalu tambahkan grep “IP” /var/log/lfd.log untuk mengetahui apakan alamat IP Anda diblokir atau tidak. 

Informasi seputar shortcut command csf, bisa diakses melalui situs resmi. Walaupun, Anda memiliki tenaga ahli untuk mengelola CSF, tetapi penting bagi pemilik situs mengetahui dasar teknik mengenai software firewall.

Pengaturan CSF untuk Menghindari SYNFLOOD

Satu tak kalah penting, wajib pemilik situs waspadai yaitu SYN Flood. Belum familiar? Serangan berupa denial access service ini menyebabkan server gagal memenuhi request dari lalu lintas atau traffic asli. Tujuan utamanya membuat server sibuk. 

Salah satu upaya untuk mencegah server terganggu oleh permintaan palsu, bisa dengan csf. Catat deretan cara berikut. 

  1. Masuk ke web hosting manager
  2. Lalu pilih configserver Security & Firewall
  3. Enable opsi SYN 
  4. Scroll ke bagian bawah port flood setting
  5. Lakukan adjustment seperti pilih opsi ON, lalu ketikkan 50/s, dan khusus synflood burst menjadi 75
  6. Klik kolom ubah alias change
  7. Muat ulang program dan lakukan uji coba

Serangan Syn Flood dapat menyebabkan, situs jadi berat dan server mengalami kehabisan sumber daya. Tentu jika dibiarkan, bisa berdampak pada performa menurun dan biaya website meningkat. 

Demi menghindari risiko, Anda dapat meningkatkan perlindungan melalui software keamanan sesuai. Apabila dibutuhkan, maka tidak masalah jika harus memakai perlindungan berlapis. 

Itulah sederet cara uninstall CSF alias config server firewall. Anda dapat melakukan instalasi ulang hingga konfigurasi, menggunakan langkah di atas. Semoga artikel seputar config server ini membantu.