Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi VPS Sering RTO

VPS sering RTO tentunya menjadi hal yang sangat menyebalkan bagi para pemilik website. Pasalnya, saat VPS mengalami RTO maka website ataupun aplikasi yang ada di dalam server tersebut menjadi tidak bisa diakses oleh pengguna lainnya.

Sehingga bisa dikatakan bahwa website atau aplikasi tersebut mengalami down akibat respon server yang terlalu lama. Kondisi RTO tentunya sangat merugikan bagi banyak pihak baik itu pengunjung maupun juga pemilik website karena website menjadi tidak bisa diakses.

Mengenal Apa Itu RTO pada VPS

Sebelum membahas secara lebih jauh terkait penyebab dan cara mengatasi VPS sering RTO, terlebih dahulu perlu Anda ketahui apa itu RTO. Tujuannya tentu saja adalah agar Anda bisa semakin memahami apa itu RTO yang terkadang bisa terjadi pada server VPS hosting.

RTO merupakan singkatan dari Request Timed Out atau waktu permintaan sudah habis. Singkatnya, RTO merupakan sebuah kondisi yang menunjukkan bahwa kondisi ping internet ke server tidak berjalan dengan semestinya. Hal ini kemudian mengakibatkan perangkat komputer atau server tidak bisa merespon permintaan (ping) sama sekali.

Dalam pengungkapan yang lebih sederhana, RTO adalah kondisi dimana komputer atau server merespon permintaan dalam waktu yang terlalu lama. Sehingga mengakibatkan galat atau kesalahan koneksi pada jaringan internet dan website.

Perlu Anda ketahui, RTO termasuk jenis galat yang relatif cukup sering terjadi pada dunia koneksi dan jaringan. Sebenarnya, cakupan eror akibat RTO ini cukup luas dan tidak hanya terbatas pada dunia VPS hosting saja. Sehingga Anda tidak perlu khawatir  kalau menemukan masalah RTO pada jenis koneksi atau jaringan selain VPS.

Penyebab dan Cara Mengatasi VPS sering RTO

Seperti server pada umumnya, VPS pun bisa saja mengalami permasalahan atau galat yang cukup mengganggu. Termasuk salah satunya adalah masalah Requet Timed Out (RTO) yang bisa menimpa siapa saja pemilik website.

Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja kemungkinan penyebab VPS sering RTO, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. VPS sering RTO Karena Konflik Firewall

Salah satu penyebab yang bisa mengakibatkan VPS mengalami kondisi RTP adalah karena adanya konflik pada Firewall. Ringkasnya, Firewall merupakan sistem perangkat lunak yang berfungsi untuk mengamankan jaringan ataupun server.

Biasanya, setiap provider hosting sudah menyediakan perangkat Firewall default pada VPS yang mereka sewakan. Jadi ketika Anda melakukan pemasangan Firewall lain, ada kemungkinan bisa mengakibatkan terjadinya konflik antar Firewall.

Imbasnya, bisa saja memunculkan galat dalam bentuk RTO pada jaringan VPS yang Anda miliki. Maka dari itu, sebelum memasang Firewall tidak ada salahnya menanyakan terlebih dahulu pada pihak Provider Hosting. Apakah secara default VPS tersebut sudah terinstal Firewall atau belum karena masing-masing provider bisa saja memiliki kebijakan yang berbeda.

Untuk mengatasi VPS yang sering mengalami RTO karena konflik Firewall maka Anda bisa terlebih dahulu mematikan Firewall bawaan VPS sebelum memasang yang baru. Solusi lainnya adalah tetap menggunakan Firewall bawaan yang sudah terpasang untuk meminimalisir terjadinya RTO akibat Firewall yang mengalami crash.

2. Kapasitas Bandwidth Server yang Cukup Kecil

Kemungkinan lain yang bisa menjadi penyebab mengapa VPS bisa mangalami RTO adalah karena kapasitas bandwidth yang relatif kecil. Ketika menyewa layanan VPS, biasanya Anda akan dibekali dengan mesin virtual yang memiliki kapasitas resource tertentu.

Kapasitas resource tersebut mulai dari CPU, RAM, space, dan bahkan juga bandwidth. Jika resource tersebut terlalu kecil maka bisa saja memunculkan kondisi RTO secara tiba-tiba ketika Anda mengakses situs di server tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya Anda bisa menyewa layanan VPS yang menyediakan kapasitas bandwidth lebih besar. Terlebih kalau website yang Anda miliki mulai tumbuh dan mempunyai trafik kunjungan yang tinggi. Maka meningkatkan resource VPS adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan.

3. Server VPS Terkena Serangan DDoS

Penyebab lain yang bisa mengakibatkan VPS sering RTO adalah kemungkinan terjadinya serangan DDoS pada server tersebut. Ringkasnya, DDoS merupakan rangkaian serangan virtual berupa pengiriman visitor dalam bentuk bot dalam jumlah besar dan dilakukan secara bersamaan pada suatu server.

Ketika situs atau server yang Anda miliki terkena serangan DDoS maka server tersebut akan merespon cukup banyak request dari komputer klien. Imbasnya, server VPS tersebut harus melakukan banyak sekali respon permintaan dalam waktu yang bersamaan.

Apabila serangan DDoS tersebut terlalu besar dan tidak segera ditangani maka bisa mengakibatkan terjadinya galat server yang salah satunya adalah RTO. Permintaan request yang terlalu berlebihan bisa mengakibatkan kinerja sever menjadi lambat dan rentan mengalami down.

Untuk mengatasi permasalahan ini, sebenarnya Anda bisa memasang proteksi terhadap ancaman serangan DDoS pada server. Sekarang ini sudah ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melindungi server dari ancaman DDoS. Anda bisa menanyakan pada masing-masing provider hosting terkait fitur keamanan anti DDoS tersebut.

4. Terjadinya Gangguan Jaringan

Terkadang, permasalahan VPS yang mengalami RTO tidak selalu disebabkan oleh permasalahan yang serius.  Bisa saja kondisi RTO tersebut diakibatkan oleh permasalahan yang terbilang sepele seperti sedang terjadi ganggungan jaringan internet di lingkungan Anda.

Gangguan jaringan bisa membuat VPS tidak bisa diakses sehingga memunculkan galat berupa RTO. Maka dari itu, jika Anda mengalami kondisi VPS yang RTO maka tidak ada salahnya terlebih dahulu mengecek jaringan yang dimiliki.

Pastikan kalau jaringan yang dimiliki tersebut berada dalam kondisi yang baik-baik saja. Jika koneksi jaringan tersebut mengalami masalah atau penurunan, Anda bisa menunggu terlebih dahulu hingga jaringan tersebut kembali normal untuk mengecek kembali VPS Anda.

Kalau memang masalah RTO tersebut diakibatkan oleh koneksi jaringan yang sedang mengalami gangguan, biasanya akan pulih sendiri seiring normalnya jaringan tersebut. Jadi untuk kelancaran dan kenyamanan mengakses VPS, pastikan jika koneksi jaringan dalam kondisi yang stabil.

5. Terjadi Masalah Pada Hardware Server Fisik

Meskipun agak jarang terjadi, namun bisa saja VPS yang RTO tersebut diakibatkan oleh adanya masalah pada perangkat keras di server fisik. Ketika suatu server fisik mengalami permasalahan tertentu maka bisa saja memunculkan banyak eror atau galat.

Mulai dari VPS yang tidak bisa diakses, kinerja VPS yang lambat, dan bahkan bisa juga memunculkan galat RTO. Penyebab terjadinya masalah eksternal pada hardware ini tentu saja cukup banyak dan tidak bisa dipastikan. Pasalnya, server fisik suatu layanan hosting akan disimpan di data center tertentu yang terpusat dan tidak sembarang orang boleh mengaksesnya.

Kalau Anda mencurigai bahwa kondisi VPS yang terlalu sering RTO tersebut terjadi akibat adanya masalah pada server fisik, sebaiknya segera hubungi provider hosting yang bersangkutan. Anda bisa bertanya  dan berkonsultasi mengenai permasalahan yang terjadi agar bisa ditemukan solusinya.

Itulah pembahasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah VPS sering RTO. Kini dengan adanya ulasan tersebut, Anda tidak perlu merasa bingung lagi kalau mengalami kondisi RTO pada server VPS yang digunakan.