Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal VPS Open VZ: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Website adalah salah satu hal yang dimanfaatkan banyak orang untuk berbagai macam keperluan. Banyak orang menggunakan situs untuk melakukan penjualan dan lainnya. Apalagi untuk keperluan perusahaan. Pastinya, website harus dapat menarik perhatian banyak orang. Untuk itu, Anda dapat menggunakan layanan yang sesuai. Cobalah untuk mengenal VPS open VZ jauh lebih dulu.

Memang ada beberapa orang yang belum mengenal salah satu jenis VPS yang satu ini. Banyak orang yang hanya tahu keuntungan dari pemakaiannya saja.

Padahal, tersedia banyak jenis yang tepat untuk Anda gunakan. Anda juga dapat menggunakan open VZ sebagai salah satu pilihan yang sesuai dalam mengelola website. Yuk, ketahui informasi lebih lanjut dengan membaca hingga akhir.

Mengenal Open VZ dari Pengertian

Pengertian menjadi salah satu hal yang penting untuk Anda ketahui dalam mengenal VPS yang satu ini. Jadi, Open VZ adalah platform virtualisasi VPS yang mempunyai basis Container. Selain itu, sistem operasi yang digunakan adalah Linux. Jadi, sistem VPS yang satu ini telah memodifikasi kernel Linux. Untuk cara kerjanya adalah membuat komputer server jauh lebih cepat.

Selain itu, komputer server juga dapat menjalankan beberapa jenis virtual machine hanya dengan menggunakan containers ini. Secara teknis, jenis yang satu ini juga tidak menggunakan VT pada CPU. Jadi,  Anda sebagai pengguna dapat menjalankan sistem dalam berbagai macam tipe CPU. Tidak ada kriteria tertentu dalam pemilihan CPU. Anda dapat jalankan dari SPARC atau juga Power PC.

Dalam penggunaan Open Vz, banyak orang masih menyayangkan penawaran yang diberikan. Hal ini dikarenakan belum ada sistem operasi Windows.  Jadi, Anda hanya dapat menjalankan kernel Linux dalam pemakaian. Misalnya, menggunakan ubuntu atau debian dan lain sebagainya. Walaupun begitu, dapat dikatakan bahwa penggunaan VPS ini memberikan banyak keuntungan juga.

Kelebihan Penggunaan Open VZ

Banyak orang menggunakan open VZ pasti karena dapat memberikan keunggulan sendiri juga. Dalam mengenal VPS open VZ, tentu ada yang kurang jika tidak tahu daftar kelebihan yang dapat diberikan juga. Anda tidak akan mengeluarkan biaya apapun untuk berlangganan tanpa mengetahui berbagai macam fitur yang dapat diperoleh. Berikut daftar kelebihan penggunaan:

1.     Lebih hemat

Kelebihan pertama yang akan didapatkan oleh para pengguna adalah jauh lebih hemat biaya. Biaya seringkali menjadi permasalahan semua orang dalam berbagai macam hal. Jika ingin menghemat biaya, Anda pastinya mencari penyedia layanan yang paling pas untuk digunakan. VPS yang satu ini dapat dikatakan sebagai jenis yang paling hemat untuk banyaknya penawaran yang diberikan.

Jika dilakukan perbandingan dengan KVM dan juga XEN, Open VZ dapat menduduki peringkat yang paling worth it. Ada alasan dari balik penawaran harga yang paling murah. Hal ini karena jenis virtualisasi VPS ini dapat digunakan tanpa perlu pembelian lisensi jauh lebih dulu. Jadi, dapat digunakan secara gratis karena perlu pengembangan dan penyebaran open source lebih dulu.

2.     Penggunaan mudah

Hal lainnya yang menjadi kelebihan dalam penggunaan adalah jauh lebih mudah untuk dioperasikan. Anda dapat mengecek kapasitas tersedia kemudian banyaknya penggunaan memori. Bahkan, dapat memeriksa jumlah proses dan juga penggunaan CPU serta lain sebagainya dengan cara sederhana. Dengan begitu, tidak akan membuang banyak waktu Anda untuk memahami langkah penggunaan.

Bahkan, Anda juga dapat mengubah pengaturan yang ada dalam open VZ dalam kondisi VPS yang aktif. Jadi, Anda tidak harus melakukan restart container jauh lebih dulu jika sudah melakukan kustomisasi.  Tentunya, tidak usah khawatir karena semua proses penggunaan tidak mengganggu kinerja dari VPS sendiri.

3.     Management resource efektif

Kelebihan lainnya dalam penggunaan adalah tersedianya management resource yang efektif. Open VZ sendiri dapat menampung lebih banyak guest VM. Setelah mengenal VPS open VZ, Anda akan tahu bahwa tersedia banyak layanan yang membuat performa situs meningkat.  Salah satunya dari management resource yang lebih baik. Dengan begitu, dapat membagi berbagai sumber daya.

Karena menggunakan sistem container, sumber daya seperti CPU kemudian RAM dan lain sebagainya dapat dibagi dengan mudah. Selain itu, dapat digunakan untuk menampung guest VM. Namun, proses pembagian ini harus diperhatikan sebaik mungkin juga. Anda tidak boleh asal dalam pembagian karena dapat menyebabkan gangguan pada kinerja VPS.

4.     Efisien

Dari banyaknya penawaran atau fitur yang diberikan kepada para pengguna, open VZ juga memberikan penawaran lainnya. Anda tidak harus melakukan banyak pengaturan rumit dalam menjalankan open VZ.  Hal ini karena layanan ini menggunakan sistem kernel tunggal. Jadi, strukturnya juga sangat sederhana untuk memiliki performa yang lebih stabil lagi.

Bahkan, open VZ dapat mengelola banyak container dalam waktu yang bersamaan dengan mudah. Tetapi, semua efisiensi hingga stabilitas yang ada dalam penggunaan bergantung erat dengan konfigurasi dari layanan VPS sendiri.

5.     Powerful

Kelebihan lainnya dalam layanan ini adalah jauh lebih powerful bila dibandingkan dengan jenis lainnya. Sistem container ini merupakan sistem yang independen. Setiap container yang ada dapat berjalan secara mandiri. Selain itu, tidak terikat dengan satu CPU saja, dapat menggunakan semua jenis CPU yang ada. Anda juga dapat modikasi file konfigurasi apapun tanpa resiko pada container.

Kekurangan Menggunakan Open VZ

Walaupun mempunyai keunggulan dalam berbagai macam hal, bukan berarti tidak ada kekurangan dalam mengenal VPS open VZ. Anda harus tahu bahwa ada kekurangan yang tersedia dalam pemakaian layanan ini. Salah satunya adalah Anda harus lebih berhati-hati dalam penggunaan VPS.  Tidak ada masalah yang besar, hanya saja dapat mempengaruhi kinerja VPS yang lainnya.

Anda tidak dapat menggunakan resource berlebih karena membuat VPS dalam satu host yang sama juga mengalami masalah. Banyak ISP yang akan melakukan suspend untuk VPS yang nakal dalam penggunaan. Selain itu, seperti yang sudah Anda baca dalam bagian pengertian, hanya ada sistem Linux saja. Jadi, Anda tidak dapat menggunakan sistem operasi lain yang dirasa lebih optimal.

Open VZ juga mempunyai kekurangan lainnya dimana tidak semua mode dapat diakses dengan mudah. Masih ada beberapa mode yang ditutup sehingga tidak dapat Anda gunakan. Mode ini sudah dibatasi sedemikian rupa untuk digunakan oleh orang yang paham. Tidak ada dukungan dalam SWAP untuk berbagai macam penggunaan layanan yang ada.

Ini merupakan bagian dari hal dasar yang harus Anda ketahui dalam mengenal VPS open VZ.  Penting halnya untuk mencari informasi secara jelas jauh lebih dulu sebelum mencari penyedia layanan. Anda dapat memperoleh keuntungan dalam penggunaan jika penawaran layanan yang diberikan sudah jelas.