Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab VPS Lambat dan Solusinya

Salah satu jenis hosting yang kini cukup banyak digunakan oleh para pengembang website adalah Virtual Private Server (VPS). VPS dikenal sebagai hosting yang memiliki banyak fungsi sekaligus yang dapat memberikan keuntungan bagi para penggunanya. Namun begitu, terdapat salah satu masalah yang cukup umum ditemukan pada saat menggunakan VPS, yaitu lambatnya performa VPS. Penyebab VPS lambat sendiri dapat dikarenakan oleh berbagai faktor yang saling terhubung.

Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengatasi permasalahan performa VPS yang melambat, Anda sebagai pengembang harus menerapkan berbagai langkat pencegahan dan penanggulangan. Untuk mengetahui berbagai faktor penyebab performa VPS yang lambat beserta solusinya, berikut adalah penjelasan yang dapat disimak!

Mengenal Apa Itu VPS

Sebelum memasuki bagian pengenalan VPS secara lebih mendalam, penting bagi Anda untuk memahami apa itu VPS terlebih dahulu. Sama seperti namanya, VPS merupakan sebuah hosting yang bersifat privat.

Dengan kata lain, pihak lain tidak dapat menggunakan sumber daya yang sama dengan yang digunakan oleh hosting ini. Karena sifatnya yang privat tersebut, maka VPS dikenal sebagai hosting yang memiliki keamanan dan kestabilan yang terjamin.

Karena keunggulannya dalam hal keamanan dan kestabilan jaringannya tersebut, VPS menjadi salah satu jenis hosting yang memiliki biaya layanan yang tinggi. Walaupun begitu, VPS tetap menjadi hosting yang banyak diminati.

Penyebab VPS Lambat dan Solusinya

Setelah mengetahui gambaran umum tentang apa itu VPS, kini saatnya untuk menyimak informasi terkait penyebab VPS yang melambat. Walaupun hosting jenis ini dikenal sebagai salah satu hosting yang memiliki kestabilan baik, tetapi permasalahan terkait kecepatan VPS masih cukup sering muncul. Setiap VPS berjalan dengan lambat, tentunya terdapat penyebab yang memicunya.

Permasalahan VPS yang lambat memang menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu bagi para penggunanya. Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab VPS lambat, kini saatnya untuk mengetahui berbagai upaya yang bisa menjadi solusi

Untuk mengetahui penyebab dan solusi dari VPS yang lambat, berikut adalah informasi yang wajib Anda simak!

Resource VPS Habis

Penyebab VPS lambat yang pertama adalah resource dari VPS itu sendiri yang habis. Walaupun VPS merupakan jenis hosting yang hanya menggunakan sedikit resource, tetapi terkadang permasalahan ini kerap terjadi. VPS lambat akibat dari resource yang habis cukup kerap ditemui di lapangan.

Beberapa hal yang termasuk resource adalah RAM atau CPU. Ketika memori pada RAM telah habis, maka kinerja VPS akan langsung menjadi terganggu. Akibatnya, VPS akan secara otomatis menjadi lambat atau bahkan tidak bisa digunakan.

Seperti yang diketahui, agar bisa menjalankan hosting untuk website Anda dengan baik, maka dibutuhkan resource yang mencukupi. Resource tersebut berperan sebagai perantara pengaksesan data antara server dengan klien. Oleh karena itu, semua resource harus dipastikan telah tercukupi.

Solusi dari VPS yang lambat akibat dari resourcenya yang habis yaitu menaikkan resource. Apabila website Anda memuat data yang besar, maka resource seperti RAM yang digunakan juga haruslah besar.

Apabila jumlah resource yang digunakan saat ini tidak mampu mencukupi, maka hal yang bisa dilakukan adalah meningkatkan resource pada VPS Anda. Untuk meningkatkan resource, Anda dapat menghubungi pihak provider VPS yang digunakan.

Kendala Koneksi Internet

Selain resource dari VPS yang habis, penyebab VPS lambat lainnya adalah terdapat pada koneksi internet. Koneksi internet yang dimaksud di sini adalah koneksi internet yang menghubungkan PC dengan VPS.

Seperti yang diketahui, koneksi internet adalah salah satu hal yang paling penting dalam kelancaran penggunaan VPS. Apabila koneksi internet terganggu, maka akses PC Anda terhadap server VPS juga menjadi terganggu.

Dengan begitu, transfer file menjadi terkendala. Akibatnya, Anda tidak bisa mengakses website dengan sempurna atau bahkan tidak bisa membukanya sama sekali.

Apabila VPS menjadi lambat akibat dari adanya masalah pada koneksi internet, maka yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya adalah mengecek koneksi internet Anda. Anda dapat mengecek dan memperbaiki koneksi internet yang Anda gunakan untuk mengakses website. Apabila koneksi telah stabil kembali, maka Anda bisa lanjut untuk mengakses VPS.

Login Ganda

Login ganda juga dapat menjadi penyebab VPS lambat. Apabila terdapat 2 login aktif di saat yang bersamaan, tentunya akan mempengaruhi kualitas performa VPS. Hal tersebut karena apabila terjadi login ganda, maka resource dari VPS yang digunakan pun menjadi dua kali lipat. Tentunya hal tersebut cepat membuat resource VPS habis.

Apabila resource tersebut cepat habis, maka dapat mengakibatkan performa yang melambat. Tidak hanya itu, bahkan hal tersebut dapat membuat VPS menjadi tidak berfungsi sebagai mana mestinya atau error.

Untuk menangani adanya login ganda, terdapat beberapa hal yang harus Anda lakukan. Anda dapat membuka Windows Task Manager kemudian klik kanan pada salah satu user yang ingin dilog out. Setelah klik kanan, kemudan pilih Log Off. Apabila telah mengikuti cara tersebut, maka tidak akan ada lagi login ganda.

Halaman Website Penuh Gambar dan Flash

Penyebab VPS lambat yang lainnya yaitu karena halaman website yang hendak dibuka memiliki banyak gambar serta flash. Seperti yang diketahui, semakin banyak gambar dan flash tentu akan semakin banyak memakan resource yang ada.

Hal tersebut dikarenakan koneksi internet yang Anda gunakan akan memproses download data berukuran besar. Akibatnya, proses download bisa menjadi lebih lama.

Selain itu, apabila halaman website yang ingin dibuka penuh dengan gambar dan flash, maka koneksi PC yang digunakan juga menjadi dua kali lipat. Proses download tersebut terdiri dari proses download halaman website ke VPS serta proses download dari VPS ke PC yang Anda gunakan.

Untuk mengatasi masalah VPS lambat akibat dari halaman website yang penuh dengan gambar serta flash, maka Anda harus mengikuti beberapa yang telah terbukti ampuh.

Cara-cara tersebut yaitu, pertama-tama, hal yang harus Anda lakukan adalah membuka browser pada PC yang akan digunakan untuk mengakses website yang diinginkan Setelah itu, bukalah website yang ingin dibuka tersebut. Kemudian, temukan dan salin link download yang ada di website yang telah terbuka tersebut.

Setelah itu, hubungkan website ke VPS serta tempel link yang telah disalin sebelumnya ke browser di VPS. Dengan melakukan cara-cara tersebut, maka proses download website yang dipenuhi gambar dan flash dapat berjalan dengan lancar.

Demikian informasi mengenai penyebab VPS lambat dan berbagai solusinya yang telah terbukti ampuh. Permasalahan lambatnya VPS memang cukup sering terjadi. Oleh karena itu, dengan mengetahui penyebab serta solusinya, maka Anda bisa menjadi lebih tenang dan sigap ketika menjumpai masalah serupa.