Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VPS Ubuntu Gratis : Dasar VPS, Ubuntu, dan Tipe Ubuntu Gratis

Hal pertama yang Anda bingungkan dalam membuat website adalah soal pilihan paket hostingnya.  Kenapa demikian? Tentu ini dikarenakan banyaknya pilihan paket hosting yang ditawarkan kepada Anda. Dalam ulasan ini Anda akan mengetahui daftar VPS Ubuntu gratis yang bisa Anda gunakan. Dalam tulisan ini juga, akan ada rangkuman tips memilih VPS dan kelebihannya.

Apa itu VPS? Tentu sebelum melangkah pada penjelasan yang lain, Anda perlu tahu penjelasan dasar mengenai VPS. Virtual Private Server atau VPS merupakan server virtual tentang sistem operasi dan perangkat lunak. Adapun dengan server ini, memungkinkan mesin dengan kapasitas besar di bagi-bagi ke beberapa server lainnya.

Untuk setiap virtual mesin akan melayani sistem operasi (OS) dan perangkat lunak secara individu, dengan kecepatan konfigurasi yang maksimal. Kegunaan VPS sendiri adalah untuk keperluan Cloud Computing, Software Bot, menjalankan software robot forex atau trading, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengartikan VPS sebagai metode partisi sumber daya (resource) sebuah server dengan beberapa server virtual.

Agar Anda lebih tahu lagi tentang VPS dan sistem operasi Ubuntu, baca ulasan ini hingga selesai, untuk pemahaman yang menyeluruh!

Mengenal VPS Secara Dasar

Selain diartikan sebagai partisi, Anda juga bisa menyebut VPS sebagai Remote Access Desktop, yang mengendalikan sumber daya dari jarak jauh melalui aplikasi Putty untuk sistem operasi Windows dan Terminal untuk OS Linux. Adapun dasar-dasar dari pengertian VPS ini, bisa Anda pahami sebagai berikut.

 

        Cara kerja VPS seperti server yang terpisah. Dalam hal ini untuk setiap VPS memiliki processe, Users, Files, dan Full Root Acces. VPS juga memiliki IP Address, port number, tables, filtering dan routing secara mandiri. oleh sebab itu, VPS mampu melakukan konfigurasi file untuk sistem dan aplikasi. Yang terakhir, VPS juga dilengkapi system libraries (mengubah menjadi salah satu sistem libraries)

        Untuk setiap VPS dapat diatur. Dimana sistem ini mudah untuk dihapus, add, modify, termasuk file yang berada di dalam root, lalu menginstall software aplikasi secara mandiri (mengkonfigurasi root application software).

        Salah satu VPS, resource server yang diberikan meliputi CPU Core, CPU Usage, RAM, dan Storage (penyimpanan).

        Spesifikasi VPS sendiri beragam, dapat dilihat dari segi hard disk, memori, jenis prosesor, dan pilihan sistem operasinya (Windows, Linux, Ubuntu, dan lain sebagainya). Selain itu VPS juga bisa terhubung selama 24 jam dengan kecepatan maksimal. Hal ini memberi manfaat bagi user untuk mengakses VPS secara mandiri di komputer pribadi.

        Melalui VPS, pengguna tidak perlu lagi mengelola server virtual, karena perusahaan layanan VPS akan melakukannya, serta melakukan update pada OS, RAM, dan lainnya.

Mengenal Ubuntu Dan Kelebihannya

Rilis pertama kali di tahun 2004, Ubuntu menjadi sistem operasi dan pendistribusiannya menggunakan Linux berbasis Debian. Karena dibangun dengan menggunakan infrastruktur Debian yang terdiri dari server, desktop, dan sistem operasi Linux, Ubuntu memberikan layanan secara gratis dan open source bagi pengguna.

Sejak pertama rilis hingga sekarang, Ubuntu banyak digunakan, karena mudah diinstall dan dioperasikan. Adapun lingkungan desktop untuk Ubuntu disebut Unity, sebuah desktop environment yang secara default ada di dalam Ubuntu. Adapun di dalam Unity dilengkapi tool untuk pencarian semua aplikasi dan file pengguna.

Setiap lingkungan dekstop akan terintegrasi dengan aplikasi lain seperti audio player, video player, hingga sosial media. Selain itu dalam Ubuntu, Anda juga bisa menggunakan lingkungan desktop lainnya seperti GNOME, XFCE, MATE, KDE, dan LXDE. Yang tidak kalah penting ada versi spesifik yang bisa terhubung dengan environment tadi, misalnya Lubuntu, Xubuntu, Ubuntu GNOME, Ubuntu MATE, dan Kubuntu.

Secara umum, Ubuntu bisa digunakan secara gratis. Hal ini dikarenakan  pemasukan komersial dari Canonical, sehingga sistem operasi Ubuntu terus mengalami perkembangan.

Adapun VPS Ubuntu gratis, juga termasuk dari dana ini, agar Ubuntu terus melakukan pengembangan setiap enam bulan sekali,  mengurus sistem keamanan, dan menjadi host server bagi komunitas online Ubuntu.

Pengguna Ubuntu juga dapat menikmati kelebihan utama seperti : (1) gratis dan open source, (2) sangat mudah digunakan serta aman, (3) support yang kuat, (4) mudah dikustomisasi, (5) pengguna dapat melakukan apa saja di Ubuntu.

Daftar Ubuntu Gratis

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, bahwa Ubuntu dirilis dengan variasi debian sehingga memiliki kelebihan bagi pengguna, contohnya mudah digunakan, cepat, dan gratis untuk di download. Adapun Ubuntu juga memiliki paket stabil, sehingga jarang terjadi trouble. Walaupun ada masalah, tentu Anda bisa segera mencari solusi, karena banyak komunitas yang memberi masukan kepada Anda.

Untuk menggunakannya, Anda perlu menyiapkan kebutuhan dasar seperti akun layanan hosting, jenis VPS, dan perangkat desktop sebagai registrasi VPS. Menyediakan versi yang beragam untuk penggunaan VPS, dan bisa Anda gunakan secara gratis, ulasan ini hanya membahas tipe VPS Ubuntu Gratis dengan tipe 20.04, 18.04, dan 16.04. Untuk penjelasan yang menyeluruh sebagai berikut.

1.    Ubuntu Versi LTS 20.04


Dirilis pada tanggal 23  April 2020, versi Ubuntu ini tidak banyak mengalami perubahan dengan versi sebelumnya. Hanya saja letak perbedaan ini bisa Anda kenali di bagian Theme ‘Yaru’, yang menjadi tema bawaan Ubuntu secara default. Ada pula maskot si ‘Fossa’ yang menjadi wallpaper bawaan Ubuntu.

 

Untuk mengetahui perubahan ini, berikut letak perbedaan Ubuntu Versi 20.04 yang perlu Anda perhatikan, (1) GNOME 3.36 dan termasuk lock-screen baru, (2) Linux Kernel 5.4, (3) Upgrade instalasi pendukung ZFS, (4) Wallpaper yang diperbarui, (5) ukuran iso image yang kecil, (6) terdapat eksistensi Thunderbird, (7) mendukung multi-monitor di GDM, dan (8) meningkatkan permainan pada game.

 

2.    Ubuntu Versi 18.04 LTS


Versi 18.04 LTS menjadi sistem operasi (OS) yang proporsional untuk membangun server Anda. VPS Ubuntu ini memiliki kebaruan dengan menggunakan GNOME Shell desktop. Ada pula keunggulan lainnya, misalnya ada beberapa install-an aplikasi built in versi baru, aplikasi To Do, support Thunderbolt 3, dan tertanam Wayland untuk menjadi default display server.

 

Ubuntu versi ini juga telah dikonfigurasi menggunakan Netplan. Untuk konfigurasi terbaru ada di /etc/netplan/01-netcfg.yaml. Sedangkan versi yang lama ada di /etc/network.interface, dan tidak bisa digunakan lagi.

 

3.    Ubuntu Versi 16.04


Jika Anda menggunakan Ubuntu gratis versi 16.04, ada beberapa konfigurasi yang perlu ditetapkan. Langkah ini bisa meningkatkan keamanan server Anda secara maksimal. Selain itu, dengan konfigurasi ini akan mempermudah dalam melaksanakan paket instalasi ke server.

 

Untuk langkah konfigurasi ini meliputi (1) tahapan Root Log-In, (2)  tahapan update dan upgrade server, (3) tahapan membuat user baru, (4) tahapan menambahkan public key authentication, (5) tahap mematikan password authentication, (6) tahap test log in, (7) tahap konfigurasi firewall dengan UFW.

Berikut menjadi penjelasan panjang tentang VPS Ubuntu gratis. Setelah membaca ulasan ini, Anda bisa mengetahui dasar-dasar pengertian VPS, sekaligus memahami sistem operasi (OS) Ubuntu. Untuk melakukan konfigurasi di setiap tipe Ubuntu, Anda akan dimudahkan, karena banyak komunitas yang membantu Anda.